Skema One Way Kelar, Begini Kondisi Lalin Tol Jakarta-Cikampek

Oleh Natasha Khairunisa Amani pada 09 Mei 2022, 16:00 WIB
Diperbarui 09 Mei 2022, 16:48 WIB
Penutupan Jalan Tol Dalam Kota ke Tol Cikampek
Perbesar
Petugas memasang barikade di Tol Dalam Kota yang mengarah ke Tol Cikampek di Jakarta, Jumat (6/5/2022). Polda Metro Jaya memberlakukan penutupan akses menuju Tol Jakarta-Cikampek dari arah Tol Dalam Kota dan Tol Priok guna mengantisipasi terjadinya kepadatan lalu lintas pada arus balik Lebaran 2022. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - Pelaksanaan rekayasa lalu lintas melalui sistem satu arah atau one way, salah satunya di tol Jakarta-Cikampek, berakhir pada Senin hari ini (9/5). 

Situasi arus lalu lintas dilaporkan telah kembali normal usai pelaksanaan one way di Tol Jakarta Cikampek. Hal itu juga diungkapkan Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Firman Shantyabudi.

"Analisa dan evaluasi dari hasil pengamatan melalui peta digital dan CCTV serta laporan dari anggota di lapangan bahwa arus lalin telah berkurang dan pada posisi normal harian," kata Irjen Firman Shantyabudi, dalam keterangan tertulisnya soal penghentian rekayasa lalin, dikutip Senin (9/5/2022).

Kabag Penum Divisi Humas Polri, Kombes Gatot Repli Handoko menyebut, pada pukul 07.00 WIB arus lalu lintas di ruas tol Kalikangkung KM 414 sampai KM 47 tol Cikampek Arah Jakarta dan Jawa ramai lancar.

"Arus lalu lintas ramai lancar," terangnya.

Dilansir dari laman jasamarga.com, PT Jasa Marga (Persero) Tbk menyampaikan, berdasarkan diskresi Kepolisian pihaknya telah menutup rekayasa lalu lintas one way periode arus balik Hari Raya Idul Fitri di Jalan Tol Trans Jawa dari Semarang sampai Jakarta pada pukul 02.30 WIB.

Sebelum ditutup, one way diberlakukan mulai dari Km 414  Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang sampai Km 72 Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta.

Selain one way, Jasa Marga juga menutup contraflow Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta yang sebelumnya diberlakukan di Km 72 sampai Km 28 Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta.

Jasa Marga mengungkapkan jumlah kendaraan/jam tertinggi di gerbang tol utama dari Semarang menuju arah Jabotabek yang dioperasikan Jasa Marga, di antaranya sebagai berikut:

- Gerbang Tol Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang mencapai 5.068 kendaraan/jam. 

- Gerbang Tol Cikampek Utama & GT Kalihurip Utama mencapai 9.090 kendaraan/jam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Rekayasa Lalu Lintas Selesai Sejak Semalam

Penutupan Jalan Tol Dalam Kota ke Tol Cikampek
Perbesar
Petugas memasang barikade di Tol Dalam Kota yang mengarah ke Tol Cikampek di Jakarta, Jumat (6/5/2022). Polda Metro Jaya memberlakukan penutupan akses menuju Tol Jakarta-Cikampek dari arah Tol Dalam Kota dan Tol Priok guna mengantisipasi terjadinya kepadatan lalu lintas pada arus balik Lebaran 2022. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Firman juga mengungkapkan, pemudik yang kembali ke Jakarta melalui ruas jalan tol semakin berkurang jumlahnya.

Oleh karena itu, pada hari ini Senin 9 Mei 2022 pukul 00.30 WIB, pelaksanaan rekayasa lalu lintas Lebaran 2022 dinyatakan selesai.

Pihaknya kemudikan melakukan proses normalisasi pada pukul 00.30 WIB sampai 02.30 WIB guna memastikan jalur dan rest area dalam keadaan aman.

"Setelah itu tepat pukul 02.30 bahwa pelaksanaan one way dinyatakan selesai dan arus dibuka untuk kedua arah," terangnya.

Sementara itu, Kabag Penum Divisi Humas Polri, Kombes Gatot Repli Handoko melaporkan pada pukul 07.00 WIB arus lalu lintas di ruas tol Kalikangkung KM 414 sampai KM 47 tol Cikampek Arah Jakarta dan Jawa ramai lancar.

"Arus lalu lintas ramai lancar," tandas dia.


Polri Akan Lakukan Evaluasi

FOTO: Puncak Arus Balik Via Tol Tembus 137 Ribu Kendaraan
Perbesar
Arus kendaraan arah Jakarta saat melintas di Tol Jagorawi, Bogor, Jawa Barat, Minggu (2/1/2022). Sebanyak 137 ribu kendaraan masuk dari GT Cikampek Utama, GT Kalihurip Utama (arah Timur), GT Cikupa (arah Barat), dan GT Ciawi (arah Selatan). (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Firman pun mengucapkan terima kasih atas partisipasi masyarakat selama arus mudik dan balik. 

Menurutnya, peran aktif masyarakat membuat sukses pelaksanaan arus mudik dan arus balik Lebaran 2022.

"Sebagai indikator bahwa suksesnya operasi ini juga adalah karena peran serta seluruh masyarakat yang terus memberikan masukan kepada kami selama melayani kegiatan operasi ini," tutur Firman.

Menurut Firman, selama operasi ini, pihaknya berupaya bekerja maksimal. Selain itu, Polri akan terus melakukan evaluasi jika ada hal yang kurang terkait pelaksanaan pengamanan mudik lebaran tahun ini.

"Alhamdulillah seluruhnya bisa kita selesaikan dengan baik. Tentunya masih ada catatan-catatan yang akan kita jadikan bahan evaluasi ke depan," tutur dia.

Infografis Jadwal Ganjil Genap dan One Way Arus Mudik Lebaran 2022
Perbesar
Infografis Jadwal Ganjil Genap dan One Way Arus Mudik Lebaran 2022.
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya