Jumlah Penerbangan Internasional di Bandara Soetta Naik Pasca Lebaran

Oleh Tira Santia pada 08 Mei 2022, 19:16 WIB
Diperbarui 08 Mei 2022, 19:16 WIB
Pekan Terakhir Jelang Lebaran, Bandara Soetta Mulai Dipadati Pemudik
Perbesar
Sejumlah calon penumpang membawa barang mereka di Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng, Banten, Jakarta (9/6). Dengan rincian keberangkatan 84.945 domestik dan 129 internasional. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta Kepala Kantor Pelayanan Utama (KPU) Bea Cukai Bandara Soekarno Hatta (Soetta), Finari Manan, menyampaikan, dalam kurun waktu 5 hari yakni 3-8 Mei 2022 terjadi peningkatan penerbangan hingga 55 penerbangan, dibanding biasanya yang hanya mencapai 30 penerbangan.

“Melaporkan juga untuk kedatangan internasional, di mana dalam waktu 5 hari ini terjadi kenaikan flight yang biasanya 30 sampai 44 flight, hari ini sampai dengan 55 flight,” kata Finari dalam konferensi pers, Menteri Perhubungan Cek Arus Balik di Bandara Soetta, Minggu (8/5/2022).

Artinya, kedatangan dari para penumpang yang kemungkinan keberangkatannya karena umrah ataupun berlibur, sudah bisa ditangani dengan baik oleh pihak Kantor Pelayanan Utama (KPU) Bea Cukai Bandara Soekarno Hatta.

Hal ini merupakan sinergi yang baik antara pimpinan-pimpinan di Bandara soekarno-hatta dan tentunya dengan dukungan penuh dari Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, yang sangat intensif memberikan support kepada pihak KPU Bea Cukai Bandara Soetta, dari mulai sebelum arus mudik ini sampai saat ini.

“Kami sampaikan juga bahwa setiap hari kami melakukan evaluasi, terhadap penumpang penumpang yang datang di kedatangan Bandara Soekarno ini, terutama ketika terjadi penumpukan kami langsung melakukan evaluasi dan murai penumpukan tersebut. Jadi kedatangan ini ada di terminal 3 dan terminal 2,” ujarnya.

Sejauh ini kondisi penerbangan dan kedatangan penumpang ramai lancar dan dapat terkendali dengan baik.

“Ini tentunya lagi kerjasama dan Sinergi yang baik antara komunitas bandara soekarno-hatta,” imbuh Menhub.

 

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini


Kedatangan Penumpang

Menhub Budi Karya Tinjau Bandara Soetta
Perbesar
Menhub Budi Karya Tinjau Bandara Soetta

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, berdasarkan data yang diperoleh Kementerian Perhubungan tercatat ada kedatangan kurang lebih 570 pendaratan, dan kalau dirinci di terminal 2 ini ada kurang lebih 3.500 orang per jam.

“Itu jumlah yang besar oleh karenanya saya menugaskan semua stakeholder untuk melakukan kegiatan-kegiatan dengan profesional, dengan persiapan yang baik Kalau perlu dilakukan satu penambahan-penambahan,” kata Menhub.

Memang arus balik mudik pasca lebaran saat ini sudah tinggi. Oleh karena itu, Menhub menyarankan agar pemudik menunda dahulu untuk kembali. Hal tersebut dilakukan dalam rangka mencegah penumpukan pemudik yang menggunakan transportasi udara.

“Kalaupun hari ini sudah tinggi, bagi pemudik yang masih di daerah tunggu lah tidak hari ini besok atau lusa atau bahkan lusa itu adalah lebaran ketupat di daerah. Tentu ada satu makna, satu sisi bisa menikmati lebaran ketupat tapi di sisi lain juga membantu tidak ada suatu peningkatan jumlah penumpang yang balik ke sini, dan ini membuat mereka yang mudik lebih nyaman untuk detailnya,” pungkas Menhub. 


Arus Balik Lebaran, 3.500 Penumpang Tiba di Terminal 2 Bandara Soetta

Mudik Natal dan Tahun Baru, Bandara Soetta Siapkan 478 Pesawat Ekstra
Perbesar
Iluistrasi mudik.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan kunjungan kerja ke Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta guna meninjau arus balik Idul Fitri tahun 2022, didampingi Dirjen Perhubungan Udara, Direktur Utama Airnav, Direktur Utama Angkasa Pura II, Kepala Bea Cukai, Minggu (8/5/2022).

Menhub mengatakan, berdasarkan data yang diperoleh Kementerian Perhubungan tercatat ada kedatangan kurang lebih 570 pendaratan, dan kalau dirinci di terminal 2 Bandara Soekarno Hatta ini ada kurang lebih 3.500 orang per jam.

“Itu jumlah yang besar oleh karenanya saya menugaskan semua stakeholder untuk melakukan kegiatan-kegiatan dengan profesional, dengan persiapan yang baik Kalau perlu dilakukan satu penambahan-penambahan,” kata Menhub.

Memang arus balik mudik pasca lebaran saat ini sudah tinggi. Oleh karena itu, Menhub menyarankan agar pemudik menunda dahulu untuk kembali. Hal tersebut dilakukan dalam rangka mencegah penumpukan pemudik yang menggunakan transportasi udara.

“Kalaupun hari ini sudah tinggi, bagi pemudik yang masih di daerah tunggu lah tidak hari ini besok atau lusa atau bahkan lusa itu adalah lebaran ketupat di daerah. Tentu ada satu makna, satu sisi bisa menikmati lebaran ketupat tapi di sisi lain juga membantu tidak ada suatu peningkatan jumlah penumpang yang balik ke sini, dan ini membuat mereka yang mudik lebih nyaman untuk detailnya,” jelas Menhub.

 


Prediksi Jumlah Penumpang

FOTO: Suasana Bandara Soetta Pasca Larangan Mudik Dicabut
Perbesar
Suasana Bandara Soetta Pasca Larangan Mudik Dicabut

Dalam kesempatan yang sama Dirjen Perhubungan Udara Novie Riyanto, menyampaikan, hingga hari ini 8 Mei 2022 diprediksi secara keseluruhan jumlah penumpang mencapai 150 ribu.

“Sesuai prediksi dan juga hitung-hitungan yang sudah dilakukan tanggal 8 ini adalah fix Ya untuk transportasi udara di mana hari ini penumpang secara keseluruhan di soekarno-hatta ini mencapai kurang lebih bisa mencapai 150 ribu penumpang dan penerbangan atau Movement dari penerbangan itu kurang lebih 1.135,” ujar Dirjen Perhubungan Udara.

Lantaran arus balik mudik di Bandara sudah mulai ramai kembali, maka pihaknya tidak hanya fokus terhadap penumpang, melainkan juga memperhatikan pelayanan bagasi penumpang.

“Kemarin dikeluhkan ada beberapa pelayanan Bekasi yang terlambat, hari ini kita bisa lebih baik lagi dalam arti kita memperbaiki pelayanan dengan menambah peralatan sistem yang sudah ada kita tambahkan 50 persen yang tadinya jumlahnya 8 di terminal 2 ini menjadi 12,” ujar Novie.

Dirjen Novie berharap seluruh pihak terkait dapat melayani dengan sebaik-baiknya terhadap penumpang. Dimana kedatangan penumpang saat ini di Bandara Soekarno Hatta terminal 2 mencapai 3.000 hingga 3.500 penumpang per jam.

“Hitung-hitungannya adalah kalau misalnya 1 orang membawa dua atau tiga bagasi setiap jamnya kita bisa melayani sekitar 1.000 bagasi, dan ini sudah disiapkan melalui dengan penambahan orang oleh ground handling oleh airlines dibantu dengan Angkasa pura dan juga penambahan peralatan-peralatan yang ada di di bawah,” pungkas Novie.  

Infografis Aturan Perjalanan Mudik Lebaran 2022 dari Satgas Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Aturan Perjalanan Mudik Lebaran 2022 dari Satgas Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya