Sukses

Arus Balik Mudik Padat, Tol MBZ Arah Cikampek Tutup Sementara

PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC) melakukan penutupan ruas jalan tol layang Sheikh Mohamed Bin Zayed (Tol MBZ) pada Jumat (6/5/2022) sejak pukul 07.30 WIB

Liputan6.com, Jakarta Hadapi arus balik mudik Lebaran 2022, PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC) melakukan penutupan ruas jalan tol layang Sheikh Mohamed Bin Zayed (Tol MBZ) pada Jumat (6/5/2022) sejak pukul 07.30 WIB.

Sistem buka tutup ini dilakukan pada akses masuk menuju Tol MBZ secara situasional, sebagai dampak adanya kepadatan lalu lintas off ramp di Km 48 arah Cikampek.

"Selama penutupan ruas tol layang Jakarta-Cikampek berlangsung, pengguna jalan yang akan menuju arah Cikampek dapat melalui ruas tol Jakarta-Cikampek eksisting hingga kepadatan di ruas Tol MBZ kembali normal," ujar GM Operasi dan Pemeliharaan PT JJC Nur Safitri RM, Jumat (6/5/2022).

PT JJC bersama pihak Kepolisian sementara menutup akses masuk menuju ruas tol MBZ, yakni akses masuk dari Kalimalang Tol JORR E Km 46+200, Akses Jatiasih Tol JORR E Km 45+200 dan Akses Tol Jakarta-Cikampek Km 10 Arah Cikampek.

"Itu dilakukan karena adanya kepadatan lalu lintas pada pertemuan off ramp ruas tol MBZ dan ruas jalan tol Jakarta- Cikampek eksisting pada Km 48," terang Nur Safitri.

Dia lantas menghimbau pengguna jalan agar tetap berhati-hati dan jaga jarak aman dalam berkendara, patuhi rambu lalulintas dan arahan petugas dilapangan serta pastikan kondisi kendaraan layak jalan.

"Hubungi One Call Center 24 jam di nomor 14080 dan aplikasi Travoy 3.0 untuk pengguna iOS dan Android jika butuh bantuan dan informasi seputar jalan tol milik Jasa Marga Group," pungkasnya.Attachments area

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jasa Marga: Buka Tutup Jalan Layang Tol MBZ Diterapkan Secara Situasional

Petugas Jasa Marga siap menerapkan buka tutup akses Jalan Layang Tol Mohamed Bin Zayed (MBZ) dari Jatiasih, Kalimalang dan Jatibening secara situasional untuk mengatasi kepadatan arus lalu lintas di jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Marketing and Communication Department Head Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Division Tody Satria dalam keterangan di Karawang, Selasa (3/5/2022) mengatakan untuk akses masuk ke Jalan Layang Tol MBZ dari Jatiasih, Kalimalang dan Jatibening malam ini telah dibuka setelah sempat ditutup.

Pihak Jasa Marga atas diskresi kepolisian selanjutnya akan melakukan buka tutup akses jalan Tol Layang MBZ sesuai dengan situasi dan kondisi lalu lintas.

Sementara itu, pada Selasa malam, contra flow di KM 36 Jalan Tol Jakarta-Cikampek hingga KM 86 Jalan Tol Cipali telah lakukan penutupan atau dihentikan.

Hal tersebut dilakukan seiring dengan mencairnya arus lalu lintas di jalan Tol Jakarta-Cikampek pada hari kedua lebaran pada malam hari.

3 dari 3 halaman

Mengikuti Arahan Petugas

Tody Satria menyampaikan, pihaknya terus mengimbau agar pengemudi selalu berhati-hati dalam berkendara, mematuhi rambu-rambu dan mengikuti arahan petugas di lapangan.

Ia juga menyatakan informasi lalu lintas jalan tol Jasa Marga Group dapat diakses melalui One Call Center 24 jam di nomor 14080 dan aplikasi Travoy untuk pengguna iOS dan Android.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.