Sukses

Erick Thohir Pastikan Fasilitas Transportasi Siap Hadapi Arus Balik Lebaran 2022

Puncak arus balik diprediksi terjadi pada 6-8 Mei 2022. Erick Thohir kembali meminta masyarakat pulang lebih awal atau setelah masa puncak arus balik 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memastikan kelancaran arus balik mudik Lebaran 2022. Salah satunya di sektor penyeberangan. Erick Thohir bersama dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri Koordinator Bidang Pengembangan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy. Ketiganya menyecek pelabuhan Lampung dan Banten.

Dengan tingginya antusias masyarakat saat mudik, Erick ingin menyiapkan sarana maksimal menyambut arus balik.

"Sesuai arahan Presiden @jokowi untuk menambah dermaga, hari ini (4 Mei 2022) kami ke lokasi untuk memastikan Pelabuhan Panjang bisa menjadi alternatif menuju Pulau Jawa," katanya, mengutip unggahan Instagram @erickthohir, Kamis (5/5/2022).

Pasca pengecekan yang dilakukan di pelabuhan tersebut dan berbagai penunjangnya, Erick memastikan kesiapan fasilitas itu. Apalagi, pada puncak arus balik, sektor penyeberangan ini diprediksi mengalami penambahan beban.

"InsyaAllah fasilitas transportasi publik dan infrastruktur yang terus kami tingkatkan, semakin memudahkan masyarakat," kata dia.

Mengacu data Kementerian Perhubungan, puncak arus balik diprediksi terjadi pada 6-8 Mei 2022. Erick kembali meminta masyarakat pulang lebih awal atau setelah masa puncak arus balik 2022.

"Perkiraan @kemenhub151, puncak arus balik akan terjadi pada 6-8 Mei. Untuk menghindari kepadatan, masyarakat dengan kendaraan pribadi diimbau kembali lebih awal, atau setelah puncak arus balik," paparnya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pertumbuhan Infrastruktur

Sebelumnya, Erick Thohir mengungkapkan dampak pembangunan infrastruktur oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

Hal ini ia sampaikan dalam paparan dan peninjauan rencana persiapan arus balik mudik dari Sumatera di Pelabuhan Bakaheuni, Lampung, Rabu (4/5/2022).

Dalam kesempatan itu, Erick Thohir juga hadir bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy.

"Ada data-data yang menarik, yang mana terbukti pembangunan infrastruktur yang dibangun Bapak Presiden menghasilkan pertumbuhan yang luar biasa," ujar Erick, dikutip dari keterangan tertulis, Rabu (4/5/2022).

Berdasarkan data Kementerian Perhubungan (Kemenhub), ucap Erick, terjadi kenaikan signifikan dalam pergerakan angkutan lebaran pada tahun ini.

Erick menyebut jumlah truk logistik pada lebaran 2022 periode H-10 hingga H-1 mencapai 22.588 unit atau naik 116 persen dibandingkan periode yang sama pada 2019 yang sebesar 10.477 unit.

 

3 dari 4 halaman

Pertumbuhan Ekonomi

Ia menilai, lonjakan logistik menjadi penanda bahwa perekonomian Indonesia mulai bangkit pascapandemi covid-19.

"Ditambah lagi dengan kenaikan roda empat sampai 27 persen (dari 88.626 unit pada 2019 menjadi 112.139 unit pada 2022). Ini membuktikan ekonomi masyarakat meningkat," ungkap Erick.

Ia pun mendukung penuh rencana Kemenhub dan sesuai arahan Menko PMK terkait rencana pemetaan ulang operasional jalur Pelabuhan Merak-Bakauheni ke depan.

 

4 dari 4 halaman

Kerjasama BUMN-Polri

Erick menuturkan, Kementerian BUMN akan bekerja sama dengan Polri dan pemerintah daerah menindaklanjuti arahan Menko PMK terkait operasional jalur Pelabuhan Merak-Bakauheni.

"Kementerian BUMN akan menggambarkan ulang bersama Polri dan pemda, apakah Merak ini akan tetap kita lakukan sebagai pelabuhan penyeberangan hanya mobil dan motor, apakah berikut logistik tapi logistik dipindahkan ke titik lain. Hal ini jadi pertimbangan nanti kita hitung ulang supaya kita bisa meningkatkan kualitas untuk masyarakat," tambahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.