Antisipasi Arus Balik Lebaran di Bakauheni, Truk Dialihkan ke Pelabuhan Panjang

Oleh Liputan6.com pada 04 Mei 2022, 16:00 WIB
Diperbarui 04 Mei 2022, 16:00 WIB
Menko PMK Muhadjir Effendy
Perbesar
Menko PMK Muhadjir Effendy

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah bersama unsur terkait telah menyiapkan upaya antisipasi lonjakan pergerakan kendaraan dan penumpang angkutan penyeberangan dari Sumatera ke Jawa. Upaya ini diharapkan dapat mengendalikan pergerakan arus balik lebaran tahun ini.

Pemerintah menyiapkan Pelabuhan Panjang di Lampung untuk menampung khusus kendaraan logistik dan penumpang, menuju ke Pelabuhan Ciwandan, Banten pada arus balik.

Cara ini dilakukan melancarkan pergerakan kendaraan (bus, mobil, sepeda motor) dan penumpang dari Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni menuju ke Merak.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, berdasarkan hasil evaluasi arus mudik, perlu ada alternatif pelabuhan tambahan di luar Bakauheni untuk memperlancar arus pergerakan kendaraan.

“Upaya ini dilakukan agar masyarakat yang kembali menyeberang dari Sumatera ke Jawa dapat terlayani dengan lebih baik,” kata dia di Lampung, Rabu (4/5).

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi menjelaskan, di Pelabuhan Panjang akan disiapkan sebanyak 8 (delapan) kapal besar. Kapal-kapal tersebut akan digunakan untuk mengangkut angkutan logistik menuju ke berbagai daerah.

“Kendaraan besar seperti truk logistik akan dialihkan ke sini,” kata Budi.

 

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini


Maksimalkan Pelabuhan

Menteri BUMN Erick Thohir
Perbesar
Menteri BUMN Erick Thohir

Menteri BUMN, Erick Thohir mengungkapkan, akan mendukung kelancaran arus balik dengan memaksimalkan pelabuhan dan kapal yang ada di bawah pengelolaan operator transportasi BUMN.

Kakorlantas Firman mengatakan, pihaknya akan mengerahkan personil untuk mengarahkan kendaraan besar ke Pelabuhan Panjang dan kendaraan kecil ke Pelabuhan Bakauheni.

Agar tidak terjadi kepadatan di hari puncak arus balik yang diprediksi terjadi pada 6-8 Mei 2022, pemerintah mengimbau masyarakat untuk kembali lebih awal sebelum tanggal 6 Mei atau setelah tanggal 8 Mei.

Pemerintah juga mengimbau masyarakat yang akan menyeberang telah membeli tiket jauh-jauh hari secara daring, agar keberangkatan dapat dilakukan sesuai jadwal. Sehingga tidak terjadi penumpukan yang diakibatkan baru membeli tiket saat tiba di pelabuhan (go show).

"Hal inilah yang menyebabkan terjadinya kepadatan di Pelabuhan Merak pada saat arus mudik," katanya.

Kemudian, masyarakat diimbau tidak saling menyerobot dan patuhi petunjuk dari petugas di lapangan. Selain itu, pastikan protokol kesehatan juga tetap dilaksanakan dengan baik.


Erick Thohir Pantau Arus Balik Mudik Lebaran Bareng Menko PMK dan Menhub

Menteri BUMN Erick Thohir
Perbesar
Menteri BUMN Erick Thohir

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy kembali memantau arus mudik dan arus balik di hari lebaran ketiga, Rabu (4/5/2022).

Momen tersebut dibagikan Erick Thohir melalui Instagram story-nya @erickthohir menggunakan helikopter. Terlihat Erick mengenakan kemeja hitam dan menggunakan masker senada.

Selanjutnya, ada Menhub dan Menko PMK yang kompak mengenakan kemeja putih dengan gaya andalan bapak-bapak yaitu gaya angkat jempol tangan.

Sebelumnya, pada Sabtu 30 April 2022, Erick Thohir melakukan pemantauan udara arus mudik di ruas tol Cikopo KM 72. Untuk memastikan kelengkapan fasilitas bagi pemudik.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Erick juga meneruskan pemantauan menuju Km 29 eks Cikarang Utama.

Berdasarkan hasil pantauannya, Erick mengatakan kepadatan terjadi saat kendaraan memasuki area luar Jakarta, baik di jalan tol maupun ruas tol menuju Pelabuhan Merak.

Disisi lain, Erick juga menghimbau kepada para pemudik agar memperhatikan kesehatan dan keamanan, serta meminta pemudik untuk proaktif mengikuti jalur-jalur yang telah ditetapkan oleh Pemerintah.

“Tetapi untuk masyarakat sendiri kita harapkan, kita bicara soal Mudik Sehat Mudik Aman. Tentu apa yang kita lakukan tidak mungkin maksimal jika masyarakat itu tidak proaktif. Artinya, masyarakat harus mengikuti jalur-jalur atau strategi yang sudah disepakati. Oleh berbagai lintas baik Kementerian, Pemerintah Daerah, dan Kapolri.  Penting sekali proaktifnya berjalan dengan baik,” ungkapnya.

Misalnya, ketika menyetir kendaraan sesuai dengan jalur yang sudah ditetapkan bukan menyerobot kanan kiri, apalagi pada saat keputusan satu arah diberlakukan.

 


Kurangi Macet, Erick Thohir Beri Alternatif Arus Balik Mudik Lebaran

Menteri BUMN Erick Thohir. Dok Kementerian BUMN
Perbesar
Menteri BUMN Erick Thohir. Dok Kementerian BUMN

Menteri BUMN Erick Thohir melakukan pengecekan sejumlah ruas tol saat H-2 Lebaran. Ia menemukan sejumlah ruas jalan ketika keluar Jakarta mengalami kepadatan.

Ia pun mengingatkan para warga yang mudik lebaran untuk memilih alternatif lain selain kendaraan mobil. Ini bisa digunakan untuk kembali ke Jakarta atau kota besar lainnya.

Artinya, Erick berharap dengan begitu bisa mengurai kepadatan yang terjadi di sejumlah ruas tol.

"Beberapa alternatif seperti kereta, bisa digunakan untuk kembali ke Jakarta atau kota-kota besar lainnya," katanya melalui akun Instagram @erickthohir, ditulis Minggu (1/5/2022).

Dalam pantauannya itu, Menteri Erick didampingi Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati. Serta didampingi oleh Direktur Utama Jasa Raharja Achmad Rivan.

Ia melakukan pemantauan melalui udara dengan menggunakan helikopter. Ia menyusuri ruas tol Jakarta hingga masuk ke ruas tol Cikopo-Palimanan.

Ia mengamini ada kepadatan selepas pemudik keluar dari wilayah DKI Jakarta.

"Dua hari menuju Hari Raya Idul Fitri. Sesuai prediksi, kepadatan terjadi di beberapa ruas tol utama ke luar dari Jakarta," terangnya.

Dalam lawatannya itu, Ia juga memberikan apresiasi kepada pada petugas yang berjaga di pos pemantauan lebaran 2022.

"Hari ini, selain mementau lewat udara bersama @kemenhub dan @jasaraharja, kami juga memberikan apresiasi para petugas di Pos Terpadu Cikopo KM 72," tuturnya.

"Para pemudik, hati-hati di jalan," imbuh Erick. 

Infografis Jadwal Ganjil Genap dan One Way Arus Balik Lebaran 2022
Perbesar
Infografis Jadwal Ganjil Genap dan One Way Arus Balik Lebaran 2022
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya