Sukses

Erick Thohir Pantau Arus Balik Mudik Lebaran Bareng Menko PMK dan Menhub

Erick Thohir kembali Pantau arus mudik lebaran bersama Menhub dan Menko PMK

Liputan6.com, Jakarta Menteri BUMN Erick Thohir bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy kembali memantau arus mudik dan arus balik di hari lebaran ketiga, Rabu (4/5/2022).

Momen tersebut dibagikan Erick Thohir melalui Instagram story-nya @erickthohir menggunakan helikopter. Terlihat Erick mengenakan kemeja hitam dan menggunakan masker senada.

Selanjutnya, ada Menhub dan Menko PMK yang kompak mengenakan kemeja putih dengan gaya andalan bapak-bapak yaitu gaya angkat jempol tangan.

Sebelumnya, pada Sabtu 30 April 2022, Erick Thohir melakukan pemantauan udara arus mudik di ruas tol Cikopo KM 72. Untuk memastikan kelengkapan fasilitas bagi pemudik.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Erick juga meneruskan pemantauan menuju Km 29 eks Cikarang Utama.

Berdasarkan hasil pantauannya, Erick mengatakan kepadatan terjadi saat kendaraan memasuki area luar Jakarta, baik di jalan tol maupun ruas tol menuju Pelabuhan Merak.

Disisi lain, Erick juga menghimbau kepada para pemudik agar memperhatikan kesehatan dan keamanan, serta meminta pemudik untuk proaktif mengikuti jalur-jalur yang telah ditetapkan oleh Pemerintah.

“Tetapi untuk masyarakat sendiri kita harapkan, kita bicara soal Mudik Sehat Mudik Aman. Tentu apa yang kita lakukan tidak mungkin maksimal jika masyarakat itu tidak proaktif. Artinya, masyarakat harus mengikuti jalur-jalur atau strategi yang sudah disepakati. Oleh berbagai lintas baik Kementerian, Pemerintah Daerah, dan Kapolri.  Penting sekali proaktifnya berjalan dengan baik,” ungkapnya.

Misalnya, ketika menyetir kendaraan sesuai dengan jalur yang sudah ditetapkan bukan menyerobot kanan kiri, apalagi pada saat keputusan satu arah diberlakukan.

 

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kurangi Macet, Erick Thohir Beri Alternatif Arus Balik Mudik Lebaran

Menteri BUMN Erick Thohir melakukan pengecekan sejumlah ruas tol saat H-2 Lebaran. Ia menemukan sejumlah ruas jalan ketika keluar Jakarta mengalami kepadatan.

Ia pun mengingatkan para warga yang mudik lebaran untuk memilih alternatif lain selain kendaraan mobil. Ini bisa digunakan untuk kembali ke Jakarta atau kota besar lainnya.

Artinya, Erick berharap dengan begitu bisa mengurai kepadatan yang terjadi di sejumlah ruas tol.

"Beberapa alternatif seperti kereta, bisa digunakan untuk kembali ke Jakarta atau kota-kota besar lainnya," katanya melalui akun Instagram @erickthohir, ditulis Minggu (1/5/2022).

Dalam pantauannya itu, Menteri Erick didampingi Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati. Serta didampingi oleh Direktur Utama Jasa Raharja Achmad Rivan.

Ia melakukan pemantauan melalui udara dengan menggunakan helikopter. Ia menyusuri ruas tol Jakarta hingga masuk ke ruas tol Cikopo-Palimanan.

Ia mengamini ada kepadatan selepas pemudik keluar dari wilayah DKI Jakarta.

"Dua hari menuju Hari Raya Idul Fitri. Sesuai prediksi, kepadatan terjadi di beberapa ruas tol utama ke luar dari Jakarta," terangnya.

Dalam lawatannya itu, Ia juga memberikan apresiasi kepada pada petugas yang berjaga di pos pemantauan lebaran 2022.

"Hari ini, selain mementau lewat udara bersama @kemenhub dan @jasaraharja, kami juga memberikan apresiasi para petugas di Pos Terpadu Cikopo KM 72," tuturnya.

"Para pemudik, hati-hati di jalan," imbuh Erick.

3 dari 3 halaman

Jangan Istirahat di Bahu Jalan

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir didampingi Direktur Utama Jasa Raharja Rivan Achmad Purwantono dan Juru bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati meninjau secara langsung arus kendaraan di di ruas tol Cikopo - Palimanan (Cipali) pada perayaan mudik Lebaran Idulfitri 2022, Sabtu (30/4).

Dalam kesempatan itu, Menteri Erick menyampaikan terjadi kemacetan sejak memasuki gerbang tol Cikopo. Menurutnya, kemacetan yang terjadi cukup terlihat jelas dari pantauan udara yang dilakukannya.

"Jadi kalau kita lihat, saya rasa kemacetannya sangat terlihat dan pasti lelah," ujar Menteri Erick kepada wartawan di Cikopo Purwakarta, Sabtu (30/4).

Erick pun meminta kepada seluruh pemudik untuk tidak beristirahat di sembarang tempat saat mengalami kelelahan. Hal ini demi memastikan keselamatan bersama antar pengguna jalan.

Sebab, lanjut Erick, beristirahat di sembarang tempat dapat membahayakan keselamatan diri sendiri maupun pengguna jalan lainnya. Dia pun mengimbau pemudik untuk beristirahat di rest area maupun posko-posko mudik yang telah disediakan.

"Jadi tentu saya pesan kepada pemudik kalau capek berhenti di pos-pos yang disediakan atau rest area. Jangan sampai nanti tidak aman, dan para pemudik juga semua lain harus melakukan bersama. Karena ayo kita harus sayang keluarga," tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.