Sukses

Harga Emas Stabil, tapi Makin Jauh dari Level USD 2.000

Harga emas di pasar spot stabil di USD 1.863,16 per ounce

Liputan6.com, Jakarta Harga emas bergerak mendatar pada perdagangan Selasa (Rabu waktu Jakarta), setelah mencapai level terendah lebih dari dua bulan.

Hal ini karena investor bersiap untuk kenaikan suku bunga AS yang lebih agresif, yang telah mendorong dolar dan imbal hasil Treasury dan mengangkat biaya peluang memegang emas.

Dikutio dari CNBC, Rabu (4/5/2022), harga emas di pasar spot stabil di USD 1.863,16 per ounce pada 7:44 am ET, setelah menyentuh level terendah sejak 16 Februari di USD 1.849,90 sebelumnya.

Sedangkan harga emas berjangka AS turun 0,2 persen pada USD 1.860,50 per ounce.

“Fokus pasar sangat melekat pada pengetatan kebijakan moneter oleh bank sentral utama, terutama Federal Reserve,” kata Ricardo Evangelista, Analis Senior di ActivTrades.

“Kami telah melihat hasil pada Treasury 10-tahun naik di atas 3 persen dan ini sangat menghukum untuk aset yang tidak menghasilkan seperti emas," lanjut dia.

Investor memperkirakan The Fed akan menaikkan suku bunga sebesar 50 basis poin pada akhir pertemuan dua hari pada hari Rabu, untuk mengendalikan inflasi yang melonjak. Sementara komentar Ketua Jerome Powell akan dipindai untuk sinyal lebih lanjut tentang kenaikan suku bunga.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Level Harga Emas

Patokan imbal hasil Treasury AS 10-tahun melayang mendekati 3 persen, level psikologis utama, sementara dolar bertahan di dekat tertinggi 20-tahun, membuat emas yang dihargai dengan greenback kurang menarik bagi pembeli luar negeri.

 “Melihat emas menembus di bawah target support yang terakhir terlihat pada pertengahan Februari 2022 dan terlihat untuk menguji level berikutnya karena fundamental terlihat sejajar dengan bullion bears,” kata analis DailyFX Warren Venketas dalam sebuah catatan.

“Dolar tetap disukai dengan ekonomi AS yang mampu menahan pengetatan agresif seperti itu terlepas dari faktor eksternal yang membuat emas terekspos pada penurunan yang panjang.”

Sementara emas masih dianggap sebagai lindung nilai inflasi, suku bunga AS yang lebih tinggi dan imbal hasil obligasi mengangkat biaya peluang memegang emas batangan dengan imbal hasil nol.

Di tempat lain, harga perak naik tipis 0,3 persen pada USD 22,69 per ounce, harga platinum menguat 1,4 persen menjadi USD 948,30, dan paladium naik 2 persen menjadi USD 2.262,57. 

3 dari 4 halaman

Prediksi Harga Emas Pekan Ini

 Harga emas dunia disebut-sebut lebih murah imbas dari kebijakan Federal Reserve (The Fed) tentang suku bunga. Para analis melihat bank sentral Amerika Serikat mengabaikan penurunan tajam dalam data PDB Q1 AS dan tetap terpaku pada memerangi inflasi.

Analis menyebut harga emas dunia turu 1,7 persen di akhir April, meski sebelumnya sempat mengalami kenaikan tipis. Emas berjangka June Comex bahkan terakhir diperdagangkan pada posisi USD 1.912,20, atau naik USD21.

"April adalah bulan yang mengerikan untuk emas. Banyak pedagang terkejut dengan pergerakan kuat lainnya yang lebih tinggi dalam dolar AS. Penguatan Greenback didorong oleh arus safe-haven di tengah kekhawatiran tentang perlambatan ekonomi di seluruh Eropa, strategi nol-COVID China, dan ekspektasi kenaikan harga emas. perbedaan suku bunga yang agak lebar antara dolar dan mitra dagang utamanya karena sikap agresif The Fed," analis pasar senior OANDA Edward Moya mengatakan mengutip Kitco News, Senin (2/5/2022).

Federal Reserve, yang dijadwalkan untuk membuat keputusan suku bunga pada hari Rabu, telah mengunci diri ke dalam siklus kenaikan suku bunga yang agresif untuk tiga pertemuan berikutnya.

"Pasar memiliki harga kenaikan suku bunga sekitar 250 basis poin selama 12 bulan ke depan," kata Moya.

Ketua Fed Jerome Powell akan tetap fokus pada inflasi, yang sulit dikendalikan, terutama mengingat jenis tekanan harga yang dilihat AS, kata kepala ekonom CIBC World Markets Avery Shenfeld.

"Beberapa menunjuk pada fakta bahwa The Fed tidak pernah mencapai perlambatan inflasi yang tajam seperti yang bertujuan untuk menimbulkan tanpa menyebabkan resesi," kata Shenfeld.

Ia menyampaikan itu sebenarnya bukan kekhawatiran utama pihaknya, karena Ia belum pernah benar-benar menghadapi inflasi jenis ini di masa lalu.

Masalahnya adalah ketika lonjakan harga tahun ini telah membuat masalah inflasi terlihat lebih buruk, penurunan tahun depan akan membuat CPI mengecilkan tren sebenarnya.

"Menurunkan inflasi akan lebih mudah daripada mempertahankannya kecuali kita memperlambat laju perekrutan dan mencegah pengetatan lebih lanjut di pasar tenaga kerja," tuturnya.

4 dari 4 halaman

Suku Bunga The Fed Bakal Naik

Dua hal utama yang diantisipasi pasar untuk dilihat minggu ini adalah kenaikan suku bunga 50 basis poin dan dimulainya pengetatan kuantitatif.

"Kami ragu bahwa penurunan tahunan 1,4 persen yang tak terduga dalam PDB kuartal pertama akan menghentikan The Fed dari menaikkan suku bunga kebijakannya sebesar 50bp minggu depan atau meluncurkan pengetatan kuantitatif. The Fed akan menekankan kekuatan berkelanjutan dari pertumbuhan lapangan kerja, dampak sementara," kata kepala ekonom Capital Economics Amerika Utara Paul Ashworth.

"Gelombang Omicron, dan peningkatan tingkat pertumbuhan penjualan akhir kepada pembeli domestik swasta, yang bisa dibilang merupakan ukuran yang lebih baik dari permintaan pokok. Tetapi intinya adalah bahwa dengan inflasi yang merajalela, mereka tidak punya pilihan ; kebijakan perlu diperketat dengan cepat terlepas dari biayanya terhadap ekonomi riil," terangnya.

Ia mengungkap risalah dari pertemuan FOMC terakhir menunjukkan bahwa para peserta umumnya sepakat bahwa batas bulanan sekitar USD60 miliar untuk sekuritas Treasury dan sekitar USD35 miliar untuk agensi MBS kemungkinan akan sesuai.

Ahli strategi di ING mengatakan mereka memperkirakan Fed akan memulai dengan USD 50 miliar. "Diizinkan untuk kabur setiap bulan sebelum mendapatkan hingga USD 95 miliar pada bulan September," ujarnya.

Ke depan, bagaimanapun, The Fed sinilai tidak mungkin menjadi lebih agresif dan berbicara tentang kenaikan suku bunga 75 basis poin, kata kepala ekonom internasional ING James Knightley, mengutip angka PDB yang lemah.

"Untuk saat ini, kasus dasar kami tetap bahwa Fed akan menindaklanjuti kenaikan 50bp minggu depan dengan kenaikan 50bp pada bulan Juni dan Juli sebelum beralih ke 25bp karena pengetatan kuantitatif semakin cepat. Kami melihat tingkat dana Fed memuncak pada 3% pada awal 2023. ," Knightley menjelaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.