Sukses

Top 3: Imbauan Menhub ke Pemudik Menuju Pelabuhan Merak

Artikel mengenai imbauan Menhub kepada pemudik yang menuju Merak ini menjadi salah satu artikel yang banyak dibaca.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, pada Sabtu (30/4/2022), meninjau langsung Pelabuhan milik Pelindo yang berada di Ciwandan, Banten.

Dermaga ini akan dioperasikan sebagai dermaga tambahan untuk mengurai kemacetan yang terjadi di Pelabuhan Merak.

Lebih lanjut, kata Menhub,  Kapolres menganjurkan para pemudik yang masih di Jakarta atau di tempat lain menunda berapa Jam keberangkatan.

Sebab kapasitas di Pelabuhan Ciwandan, Merak, dan Indah Kiat akan terus bertambah, anjuran tersebut tentunya  untuk mempermudah penyeberangan yang dilakukan.

Artikel mengenai imbauan Menhub kepada pemudik yang menuju Merak ini menjadi salah satu artikel yang banyak dibaca. Selain itu masih ada beberapa artikel lain yang layak untuk disimak.

Lengkapnya, berikut ini tiga artikel terpopuler di kanal bisnis Liputan6.com pada Minggu 1 Mei 2022:

1. Menhub Imbau Pemudik Menuju Pelabuhan Merak Tunda Keberangkatan Beberapa Jam

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, menambah 1 pelabuhan yakni Pelabuhan Ciwandan Banten, dalam rangka untuk mengurai kemacetan mudik lebaran 2022 di jalur penyeberangan Pelabuhan Merak menuju Lampung.

“Saat ini saya Pelabuhan Ciwandan Banten yang merupakan tambahan pelabuhan yang akan digunakan dalam kegiatan lintasan dari Banten menuju ke Lampung,” kata Menhub Budi saat melakukan tinjauan langsung di Pelabuhan Indah Kiat, Banten, Sabtu (30/4/2022).

Penambahan tersebut dilakukan, lantaran terjadi peningkatan kendaraan yang hendak menyebrang dari Banten ke Lampung. Oleh karena itu, berdasarkan keputusan Bersama dengan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, untuk menambah 2 Dermaga.

Baca artikel selengkapnya di sini

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Pertama Sejak Pandemi, Bandara Soetta Layani 1.000 Penerbangan di Mudik Lebaran 2022

Pelaksanaan Angkutan Mudik Lebaran 2022 di seluruh bandara PT Angkasa Pura II berjalan lancar. AP II dan stakeholder memastikan bahwa aspek keamanan, keselamatan, pelayanan dan protokol kesehatan menjadi fokus utama dalam menyambut pemudik di seluruh bandara perseroan.

Sejalan dengan hal ini, pergerakan penumpang di seluruh bandara AP II pada Angkutan Lebaran 2022 saat arus mudik H-10 hingga H-4 (22 - 28 April) mencapai 1,08 juta orang dan dapat terlayani dengan baik. Pada periode tersebut, pergerakan pesawat mencapai 9.416 penerbangan.

Khusus di Bandara Soekarno-Hatta yang merupakan bandara terbesar di Indonesia, pergerakan penumpang pada H-10 hingga H-4 tercatat sebanyak 778.529 orang dengan 6.467 penerbangan. 

Baca artikel selengkapnya di sini

3 dari 3 halaman

3. Urai Kemacetan Merak, Menhub Siapkan Pelabuhan Tambahan di Ciwandan dan Indah Kiat

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, hari ini, Sabtu (30/4/2022), meninjau langsung Pelabuhan milik Pelindo yang berada di Ciwandan, Banten. Dermaga ini akan dioperasikan sebagai dermaga tambahan untuk mengurai kemacetan yang terjadi di Pelabuhan Penyeberangan Merak.

Menhub memimpin langsung proses pengoperasian dermaga Ciwandan, mulai penyiapan pelabuhan sampai dengan kedatangan kapal di dermaga tersebut.

“Kami akan siapkan 9 kapal untuk dioperasikan, yang akan melayani dari dermaga Ciwandan ke Pelabuhan Bakauheni mulai hari ini,” jelas Menhub.

Baca artikel selengkapnya di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.