Sukses

651 Ribu Kendaraan Lintasi Tol Bandara Soetta per H-3 Idul Fitri

sebanyak 651,739 kendaraan atau meningkat 10,58 persen dibanding volume lalu lintas transaksi new normal (November 2021) kendaraan transaksi meninggalkan Jakarta melalui Bandara Soekarno-Hatta.

Liputan6.com, Jakarta Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional mencatat total sebanyak 651,739 kendaraan atau meningkat 10,58 persen dibanding volume lalu lintas transaksi new normal (November 2021) kendaraan transaksi yang meninggalkan Jakarta melalui Bandara Soekarno-Hatta.

Marketing and Communication Department Head Jasa Marga Metropolitan Tollroad Plaza Tol Cililitan, Jakarta, Irra Susiyanti, mengatakan data tersebut terhitung H-10 sampai dengan H-3 Hari Raya Idul Fitri 1443 H pada periode 22 sampai dengan 29 April 2022.

Adapun lalu lintas terdistribusi melalui dua Gerbang Tol (GT) dengan rincian sebagai berikut:

1. GT Cengkareng Jalan Tol Prof. Dr.Ir. Soedijatmo

Peningkatan volume lalu lintas transaksi di GT Cengkareng sebanyak 11,52 persen atau terealisasi  511,498 kendaraan dibanding dari lalu lintas new normal sebanyak 458,661 kendaraan.

2. GT Benda Utama 2 Jalan Tol Kunciran-Cengkareng

Peningkatan volume lalu lintas transaksi di GT Benda Utama 2 sebesar 7,31 persen atau terealisasi   140,241 kendaraan dari volume lalu lintas transaksi new normal sebanyak 130,683 kendaraan.

Sementara itu, Jasamarga Metropolitan Tollroad mencatat pula sebanyak 259,823 kendaraan keluar dari Bandung menuju wilayah Rancaekek, Garut dan sekitarnya melalui Gerbang Tol (GT) Cileunyi. Volume lalu lintas transaksi tersebut meningkat 10,21 persen dari lalin new normal yaitu sebanyak  235,756 kendaraan.

 

 

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Volume Lalu Lintas

Sedangkan volume lalu lintas transaksi dari arah sebaliknya atau yang menuju ke Bandung melalui GT Cileunyi tercatat  231,439  kendaraan atau meningkat 4,02 persen dibanding lalu lintas new normal sebanyak 222,489  kendaraan.

Jasa Marga mengimbau kepada masyarakat agar mempersiapkan diri sebelum melakukan perjalanan dengan memastikan kondisi kendaraan siap jalan, kondisi pengemudi yang prima, memperhatikan kecukupan BBM dan saldo e-toll untuk kenyamanan perjalanan, serta memperhatikan jadwal-jadwal rekayasa lalu lintas dan mengikuti arahan petugas di lapangan.

“Jasa Marga juga mengimbau kepada pengguna jalan hanya menggunakan 1 e-toll yang sama untuk pembayaran di jalan tol dengan sistem transaksi tertutup, seperti Ruas Tol Cipularang dan Padaleunyi serta Jalan Tol JORR II, 1 e-toll untuk bertransaksi ketika tapping di gerbang tol masuk dan menggunakan e-toll yang sama juga untuk tapping di gerbang tol keluar,” pungkasnya. 

3 dari 4 halaman

Tol Cipali Macet, Erick Thohir Minta Pemudik Tak Beristirahat di Sembarang Tempat

Sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir didampingi Direktur Utama Jasa Raharja Rivan Achmad Purwantono dan Juru bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati meninjau secara langsung arus kendaraan di di ruas tol Cikopo - Palimanan (Cipali) pada perayaan mudik Lebaran Idulfitri 2022, Sabtu (30/4).

Dalam kesempatan itu, Menteri Erick menyampaikan terjadi kemacetan sejak memasuki gerbang tol Cikopo. Menurutnya, kemacetan yang terjadi cukup terlihat jelas dari pantauan udara yang dilakukannya.

"Jadi kalau kita lihat, saya rasa kemacetannya sangat terlihat dan pasti lelah," ujar Menteri Erick kepada wartawan di Cikopo Purwakarta, Sabtu (30/4).

Erick pun meminta kepada seluruh pemudik untuk tidak beristirahat di sembarang tempat saat mengalami kelelahan. Hal ini demi memastikan keselamatan bersama antar pengguna jalan.

Sebab, lanjut Erick, beristirahat di sembarang tempat dapat membahayakan keselamatan diri sendiri maupun pengguna jalan lainnya. Dia pun mengimbau pemudik untuk beristirahat di rest area maupun posko-posko mudik yang telah disediakan.

"Jadi tentu saya pesan kepada pemudik kalau capek berhenti di pos-pos yang disediakan atau rest area. Jangan sampai nanti tidak aman, dan para pemudik juga semua lain harus melakukan bersama. Karena ayo kita harus sayang keluarga," tutupnya.

4 dari 4 halaman

Pesan Erick Thohir ke Pemudik: Hati-Hati di Jalan, Enggak Usah Ngebut!

Menteri BUMN Erick Thohir berpesan kepada para pemudik agar berhati-hati. Ia pun mengutip salah satu judul lagu milik musisi tanah Air yaitu Tulus. Menurutnya, lagu tersebut sesuai dengan situasi mudik lebaran 2022.

“Perjalaaanan membawamu… Siapa yang bacanya pakai nada? Hebat nih @tulusm membuat lagu yang sesuai tema minggu ini: mudik. Ingat kata Tulus, hati-hati di jalan. Jangan lupa berdoa, taati protokol kesehatan, dan patuhi aturan lalu lintas bagi pengemudi,” tulis Erick Thohir di akun Instagram pribadinya @erickthohir, Sabtu (30/4/2022).

Sebelumnya, Erick Thohir memberangkatkan Mudik gratis BUMN pada Rabu (27/4/2022) di halaman Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta.

Erick Thohir mencatat, total peserta program Mudik Aman Mudik Sehat Bersama BUMN 2022 mencapai 12.450 orang. Adapun jumlah bus yang disediakan mencapai 249 unit.

Dalam pelepasan mudik gratis itu, Menteri Erick berpesan kepada para pemudik untuk saling menolong selama perjalanan dan rukun.

Tidak hanya itu, dia juga meminta secara langsung kepada para sopir bus untuk tidak mengemudi secara ugal-ugalan di jalan, baik jalan tol atau provinsi. Hal ini demi menjamin keselamatan pemudik, pengemudi, dan sesama pengguna jalan lainnya.

"Nggak usah ngebut, nggak usah motong-motong. Kasihan penumpang," ujar dia. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.