Sukses

Pelni Catat 4.787 Pemudik Sudah Daftar Arus Balik Mudik Lebaran

PT Pelni (Persero) telah mempersiapkan pelayanan arus balik pelayaran mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut

Liputan6.com, Jakarta PT Pelayaran Nasional Indonesia - PT PELNI (Persero) telah mempersiapkan pelayanan arus balik pelayaran mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut. Pelayaran arus balik akan dimulai dari Surabaya pada Senin (9/5) dengan KM Ciremai dan selanjutnya KM Dobonsolo pada Rabu (11/5).

Direktur Utama PT PELNI (Persero) Tri Andayani, mengatakan hingga kini tercatat sebanyak 4.787 pemudik dan 2.195 unit kendaraan motor telah mendaftar untuk arus balik.

"Untuk melihat kuota yang tersedia, calon peserta program mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut dapat mengakses website mudikgratis.dephub.go.id. secara berkala. KM Dobonsolo dan KM Ciremai mampu mengangkut hingga 2.500 pemudik dan 1.250 unit motor," kata Tri Andayani, Sabtu (30/4/2022).

Dia menjelaskan, KM Ciremai dan KM Dobonsolo merupakan kapal dengan tipe 3 in 1. Kapal tersebut tidak hanya dapat mengangkut penumpang saja, tetapi juga dapat mengangkut muatan barang dan kendaraan.

Di masa angkutan lebaran 2022, KM Ciremai melayari rute Tanjung Priok - Semarang - Surabaya - Makassar - BauBau - Sorong (PP). Sementara KM Dobonsolo melayari rute Tanjung Priok - Semarang - Surabaya - Makassar - BauBau - Ambon - Sorong - Serui - Jayapura (PP).

 

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

KM Ciremai

Adapun sebelumnya, PELNI telah memberangkatkan KM Ciremai untuk mengangkut pemudik dan kendaraan sepeda motor dalam program mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut. Kapal bertolak dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, pada Jumat (29/4), untuk selanjutnya menuju Semarang dan Surabaya.

Keberangkatan KM Ciremai dihadiri oleh Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi didampingi oleh Direktur Utama PT PELNI (Persero) Tri Andayani beserta jajaran direksi PELNI dan pemangku kepentingan kepelabuhanan lainnya.

KM Ciremai adalah kapal kedua yang diberangkatkan dalam program ini. Sebelumnya, KM Dobonsolo telah diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjung Priok pada Selasa (26/4). Hadir melepas keberangkatan KM Dobonsolo Menteri BUMN RI Erick Thohir didampingi jajaran Direksi PELNI beserta pemangku kepentingan di kepelabuhanan lainnya.

Tri Andayani atau akrab disapa Anda menjelaskan untuk arus mudik, kedua kapal tersebut telah mengangkut sebanyak 2.098 pemudik dan 919 unit kendaraan sepeda motor.

"PELNI menghaturkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh Kementerian Perhubungan sehingga dapat berkontribusi dalam program mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut tahun 2022. PELNI siap dan akan terus mendukung program-program pemerintah lainnya,” pungkasnya.

 

3 dari 4 halaman

Sambut Mudik Lebaran, Pelni Tambah Operasional Kapal Rute Jawa-Kalimantan

PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) menyiapkan strategi menyambut mudik lebaran 2022. Pelni memperkirakan puncak arus mudik terjadi pada 17 April hingga 18 Mei 2022. Beberapa armada disiapkan terutama untuk daerah padat pemudik seperti Kalimantan menuju Jawa.

"Kalimantan menuju Semarang dan Surabaya ini diperkirakan mengalami lonjakan. Penambahan frekuensi di ruas yang padat mutlak dilakukan supaya lonjakan pemudik dapat diatasi,” ujar Direktur Usaha Angkutan Penumpang Pelni Yahya Kuncoro, Jakarta, Senin (18/4/2022).

Yahya mengatakan proyeksi puncak masa mudik itu menjadi acuan pihaknya menjamin mudik terlaksana aman dan nyaman. Sehingga persiapan bisa dilakukan dengan matang dan terorganisasi untuk melayani masyarakat.

“Berikutnya, memastikan kesiapan armada karena safety first baik dari sisi alat dan penumpang,” jelasnya.

Adapun PT Pelni bakal mengerahkan 26 kapal penumpang dan 24 kapal perintis. Seluruh kapal bakal dipastikan dalam kondisi prima. Tidak hanya itu, Pelni juga memastikan protokol kesehatan terlaksana di kapal sesuai arahan Satgas Penanganan Covid-19.

“Sedangkan keselamatan penumpang kita lakukan dengan menjalankan protokol kesehatan yang mengacu pada Satgas Covid-19,” jelas Yahya.

PT Pelni juga membentuk posko internal dan bersama Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Posko itu disiagakan 24 jam dalam sehari dan tujuh hari seminggu. “Supaya mitigasi risiko segera kita atasi ketika ada masalah di lapangan yang perlu diputuskan,” tandas Yahya.

Reporter: Anggun P Situmorang

Sumber: Merdeka.com

4 dari 4 halaman

Kemenhub Buka Pendaftaran Mudik Gratis via Kapal Laut, Simak Syaratnya

Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut kembali mengadakan mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut untuk periode Lebaran Idul Fitri 2022. Hal ini sebagai upaya untuk mengurangi kepadatan pemudik dengan sepeda motor karena rawan terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Capt Mugen Sartoto mengatakan, program mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut juga sebagai bentuk pengenalan kepada pemudik yang belum pernah menggunakan transportasi laut dan dapat menjadi alternatif moda transportasi perjalanannya. Setelah 2 (dua) tahun sebelumnya saat Pandemi Covid 19 terjadi Indonesia saat itu meniadakan mudik.

"Pada tahun ini diprediksi akan terjadi penambahan jumlah pemudik seperti tahun sebelum pandemi," ujarnya di Jakarta, Senin (18/4/2022).

Pendaftaran dan registrasi mudik motor gratis kapal laut ini dibuka tanggal 18 April 2022 dan ditutup tanggal 24 April 2022. Pendaftaran melalui online yang dapat diakses melalui website : http://mudikgratis.dephub.go.id/.

“Sedangkan pendaftaran offline dan verifikasi data dapat dilakukan di Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok dan kantor pusat Kementerian Perhubungan pada tanggal yang ditetapkan," ungkap Capt Mugen.

Ada 2 (dua) armada kapal yang digunakan untuk mudik gratis ini yaitu KM Dobonsolo dan KM Ciremai yang keduanya dioperasikan PT. Pelni. Kedua kapal tersebut merupakan kapal 3 in 1, kapal yang dapat mengangkut orang, barang dan kendaraan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.