Sukses

Erick Thohir Bagi Tugas dengan Menhub Pantau Arus Mudik Lebaran 2022

Menteri Badan Usaha Milik (BUMN) Erick Thohir melakukan pemantauan udara arus mudik di ruas tol Cikopo KM 72.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Badan Usaha Milik (BUMN) Erick Thohir melakukan pemantauan udara arus mudik Lebaran di ruas tol Cikopo KM 72. Untuk memastikan kelengkapan fasilitas bagi pemudik, Sabtu (30/4/2022).

“Maksud dan tujuan saya hadir mengecek ke lapangan awalnya pak Menhub tapi kita bagi tugas, karena pak Menhub sedang meninjau Merak dan saya  terus melanjutkan pengecekan di jalan tol Cikopo, Karawang, Jababeka dan nanti Kereta Api,” kata Erick Thohir.

Erick menegaskan,  pengecekan ini bukan berarti pihaknya melakukan sidak atau marah-marah. Tapi justru pihaknya ingin memberikan pesan moral kepada para petugas di lapangan yang telah bekerja 24 jam dalam mensukseskan mudik lebaran tahun ini.

“Saya sangat apresiasi di kala masyarakat justru libur. Itu bagian dinamika dan memang tugas dari pejabat publik, memang pada saat ini  kita harus melayani masyarakat,”ujarnya.

Disisi lain, Erick juga menghimbau kepada para pemudik agar memperhatikan kesehatan dan keamanan, serta meminta pemudik untuk proaktif mengikuti jalur-jalur yang telah ditetapkan oleh Pemerintah.

“Tetapi untuk masyarakat sendiri kita harapkan, kita bicara soal Mudik Sehat Mudik Aman. Tentu apa yang kita lakukan tidak mungkin maksimal jika masyarakat itu tidak proaktif. Artinya, masyarakat harus mengikuti jalur-jalur atau strategi yang sudah disepakati. Oleh berbagai lintas baik Kementerian, Pemerintah Daerah, dan Kapolri.  Penting sekali proaktifnya berjalan dengan baik,” ungkapnya.

 

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Etika Berkendara

Misalnya, ketika menyetir kendaraan sesuai dengan jalur yang sudah ditetapkan bukan menyerobot kanan kiri, apalagi pada saat keputusan satu arah diberlakukan.

“Memang kemarin satu arah sempat menjadi polemik ketika terlalu lama menutup. Tapi itu tidak lain bukan karena kita tidak apresiasi masyarakat yang akan kembali, hari ini saja ekspektasi kendaraan 4 ribu sekarang 6 ribu per jamnya, artinya ada lonjakan yang sangat luar biasa,” ujarnya.

Bahkan melalui angkutan Kereta Api dan pesawat terbang pun mengalami peningkatan yang signifikan. Untuk pesawat terbang peningkatannya sampai 180 persen dari sebelumnya 60 persen.

“Yang tadinya pesawat terbang masih di 60 persen sekarang laporannya sudah 180 persen di luar hari biasa. Ini Boom ledakan mudik karena sudah 2 tahun,” pungkasnya. 

3 dari 4 halaman

Pesan Erick Thohir ke Pemudik: Hati-Hati di Jalan, Enggak Usah Ngebut!

Menteri BUMN Erick Thohir berpesan kepada para pemudik agar berhati-hati. Ia pun mengutip salah satu judul lagu milik musisi tanah Air yaitu Tulus. Menurutnya, lagu tersebut sesuai dengan situasi mudik lebaran 2022.

“Perjalaaanan membawamu… Siapa yang bacanya pakai nada? Hebat nih @tulusm membuat lagu yang sesuai tema minggu ini: mudik. Ingat kata Tulus, hati-hati di jalan. Jangan lupa berdoa, taati protokol kesehatan, dan patuhi aturan lalu lintas bagi pengemudi,” tulis Erick Thohir di akun Instagram pribadinya @erickthohir, Sabtu (30/4/2022).

Sebelumnya, Erick Thohir memberangkatkan Mudik gratis BUMN pada Rabu (27/4/2022) di halaman Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta.

Erick Thohir mencatat, total peserta program Mudik Aman Mudik Sehat Bersama BUMN 2022 mencapai 12.450 orang. Adapun jumlah bus yang disediakan mencapai 249 unit.

Dalam pelepasan mudik gratis itu, Menteri Erick berpesan kepada para pemudik untuk saling menolong selama perjalanan dan rukun.

Tidak hanya itu, dia juga meminta secara langsung kepada para sopir bus untuk tidak mengemudi secara ugal-ugalan di jalan, baik jalan tol atau provinsi. Hal ini demi menjamin keselamatan pemudik, pengemudi, dan sesama pengguna jalan lainnya.

"Nggak usah ngebut, nggak usah motong-motong. Kasihan penumpang," ujar dia.

4 dari 4 halaman

Diminta Tak Ngebut

Selain meminta pengemudi untuk tidak melakukan aksi kebut-kebutan, Menteri Erick juga meminta pengemudi untuk tak sungkan beristirahat di rest area terdekat apabila merasa mengantuk atau kelelahan. Hal ini untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

"Kalau ngantuk (istirahat) ya. Kasih tahu, kalau capek ke penumpang," ujarnya.

Tak berhenti disitu, Erick Thohir juga melepas keberangkatan pemudik motor gratis dengan kapal laut dari Pelabuhan Tanjung Priok. Total ada 1.109 penumpang, dengan 470 orang diantaranya peserta mudik motor gratis.

Rincian lainnya, 416 orang peserta biasa dan 216 unit sepeda motor tujuan Semarang dan Surabaya. Kapal laut itu diberangkatkan pada pukul 13.30 WIB dari dermaga terminal penumpang pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.