Sukses

Stabilkan Harga, Berdikari Sebar Daging Sapi Rp 115 Ribu per Kg ke Pasar

Berdikari memasok daging sapi beku asal Brasil dengan kisaran harga jual dimasyarakat Rp 115 ribu-Rp 140 ribu per kg untuk daging sapi.

Liputan6.com, Jakarta Jelang Hari Raya Idul Fitri 2022, Berdikari-ID FOOD secara rutin telah memasok lebih dari 36 ton per bulan daging sapi bekerja sama dengan mitra penjualan di modern market seperti toko daging Best-meat, Prima fresh mart, dan LotteMart, pasar basah, e-commerce dan jaringan Gerai Daging Berdikari. 

Hal ini untuk memasok daging sapi beku asal Brasil dengan kisaran harga jual dimasyarakat Rp 115 ribu-Rp 140 ribu per kg untuk daging sapi.

Direktur Utama PT Berdikari Harry Warganegara, menjelaskan, upaya rutin tersebut diantaranya mobilisasi sapi bakalan lokal dari peternak-peternak di wilayah Jawa Tengah, Jawa Timur hingga Sumbawa dan Nusa Tenggara Barat yang telah dilakukan dari awal tahun 2022 pada kuartal 1.

Selain itu pada awal April kemarin Berdikari juga telah datangkan sapi bakalan dari negara Australia. Dari mobilisasi tersebut, saat ini sapi hidup siap potong ini tersedia sebanyak 1.481 ekor dan ini akan terus berdatangan melalui Berdikari, sesuai arahan dari Badan Pangan Nasional - RI untuk mobilisasi hingga 5000 ekor sapi lokal dan luar.

“Selain mobilisasi sapi hidup, Berdikari juga telah menerima penugasan khusus 20.000 MT daging beku dari negara Brazil setiap tahunnya sejak 2020. Khusus untuk menjamin ketersedian stok daging sapi menghadapi HBKN (Hari Besar Keagamaan Nasional) ini, direncanakan untuk datang 5000 MT pada akhir Mei dan awal Juni 2022,” kata Harry, Sabtu (30/4/2022).

Langkah taktis tersebut merupakan lanjutan arahan Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi untuk menjaga ketersediaan dan stabilisasi harga daging menghadapi HBKN 2022. Sehingga masyarakat punya alternatif untuk membeli daging, ada daging sapi segar, daging sapi beku dan daging kerbau beku.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jamin Ketersediaan

Sedangkan untuk menjamin akses ketersediaan dan harga yang terjangkau, saat ini Berdikari melalui mitra penjualan di modern market, pasar basah, e-commerce dan jaringan Gerai Daging Berdikari.

Terpantau harga stabil di kisaran mulai dari Rp 110.000 saat dilakukan kunjungan langsung ke sentra daging mitra reseller daging Berdikari perorangan, Jaringan LotteMart, Toko Daging Best Meat dan Prima Food di beberapa titik lokasi di Jakarta, hari Selasa 26 April 2022.

Agenda kunjungan Manajemen Berdikari tersebut juga dihadiri bersama oleh Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetiyo Adi, Asisten Deputi Bidang Pangan & Pupuk Kementerian BUMN RI Zuryati Simbolon, Direktur Utama PT Berdikari Harry Warganegara, dan jajaran Komisaris Berdikari. Dalam kesempatan ini, rombongan mengunjungi mitra penjual dan reseller UMKM Gerai Daging Berdikari di daerah Kramat jaya dan Utan Kayu, DKI Jakarta pada selasa 26 april 2022.

Demikian, "Untuk memastikan distribusi daging sapi serta olahannya dapat merata dengan harga yang terjangkau oleh masyarakat, Berdikari bekerjasama dengan mitra penjualan dan jaringan Gerai Daging Berdikari,” pungkas Harry. 

3 dari 4 halaman

Badan Pangan Jamin Stok Daging Sapi Aman, Harga Maksimal Rp 150 Ribu per kg

Sebelumnya, Badan Pangan Nasional atau National Food Agency (NFA) memastikan stok dan harga daging sapi aman dan stabil menjelang lebaran Idul Fitri 1443 H. Harganya kini berkisar Rp 115.000-150.000 per kilogram.

Hal tersebut disampaikam Kepala NFA Arief Prasetyo Adi pada saat meninjau sentra daging di beberapa titik lokasi di Jakarta. Itu dilakukan bersama Kementerian BUMN Keasdepan Industri Pangan dan Pupuk, PT Berdikari Member of ID FOOD.

“Jelang Lebaran, dari pantauan harga daging sapi segar secara nasional stabil di kisaran Rp 115.000-Rp 150.000 per kilogram, bahkan rata-rata harga daging segar di tingkat konsumen secara nasional stabil di harga Rp.134.863 per Kg, per 26 April 2022," katanya, ditulis Rabu (27/4/2022).

Arief menambahkan Badan Pangan Nasional telah melakukan strategi untuk menyikapi stabilisasi harga daging. Caranya dengan menyediakan pilihan alternatif seperti daging sapi beku dan daging kerbau beku yang masih relatif stabil juga harganya yakni kisaran 80.000 - 95.000 per kilogram.

“Jadi masyarakat punya alternatif untuk membeli daging, ada daging sapi segar, daging sapi beku dan daging kerbau beku,” terangnya.

Menurutnya, sebagai upaya menjaga ketersediaan dan stabilisasi harga daging menghadapi HBKN 2022 ini, Badan Pangan Nasional bersama Kementerian BUMN dan PT Berdikari Member of ID FOOD memastikan stok daging dan harga daging dengan meninjau secara langsung sentra daging di beberapa lokasi Jakarta lantaran DKI Jakarta merupakan wilayah konsumsi daging tertinggi di Indonesia.

“Kita pantau terus untuk memastikan stok daging ada dan harga juga stabil. Pemantauan harga daging secara langsung ini dapat dilakukan rutin bersama BUMN Pangan agar masyarakat terpenuhi kebutuhannya," katanya.

4 dari 4 halaman

Rapat Koordinasi Khusus

Pada kesempatan yang sama, ia juga membahas bersama Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan Indonesia, Mahfud Md pada Rakorsus terkait stabilitas harga pasar dalam rangka menyambut Idul Fitri 1443 H.

Menko Polhukam Mahfud Md mengatakan terkait stabilisasi harga pasar Ia telah mendapatkan perkembangan terkini mengenai perencanaan dan pengelolaan pangan dari Badan Pangan Nasional.

Sementara itu, Direktur Utama PT Berdikari member of ID FOOD, Harry Warganegara menambahkanbahwa pihaknya tengah memperkuat jaringan distribusi daging dengan memperluas pasokan untuk men-supply daging sapi.

Diantaranya Jaringan LotteMart, Toko Daging Best Meat dan Prima Fresh Mart, hingga Mitra reseller daging Perorangan serta sentra - sentra Gerai Daging Berdikari.

"Untuk memastikan distribusi daging sapi serta olahannya dapat merata dan harga yang terjangkau oleh masyarakat, Berdikari yang menerima penugasan daging sapi Brazil dari pemerintah sebanyak 20.000 MT di 2022, memperluas jaringan distribusi daging sapi bekerja sama dengan mitra penjualan di modern market, pasar basah , e-commarce dan jaringan Gerai Daging Berdikari,” ungkap Harry.

  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.