Sukses

Citilink Tambah Rute Surabaya-Sumenep dan Balikpapan-Tarakan, Cek Jadwalnya

Maskapai penerbangan Citilink menambah rute penerbangan di dua daerah, yaitu Surabaya-Sumenep PP dan Balikpapan-Tarakan PP.

Liputan6.com, Jakarta Maskapai penerbangan Citilink menambah rute penerbangan di dua daerah, yaitu Surabaya-Sumenep PP dan Balikpapan-Tarakan PP.

Penerbangan perdana keduanya dilakukan pada Jumat 29 April 2022. Direktur Utama Citilink Dewa Kadek Rai menyebut ini jadi peningkatan konektivitas.

“Penerbangan rute baru ini merupakan bentuk komitmen Citilink dalam meningkatkan aksesibilitas transportasi khususnya transportasi udara sehingga masyarakat dapat melakukan perjalanan dengan waktu yang lebih singkat dan efisien,” katanya mengutip keterangan resmi, Jumat (29/4/2022).

Dewa menambahkan momen pembukaan rute ini bertepatan dengan peak season Lebaran 2022. Ini diharapkan mampu mengakomodasi kebutuhan masyarakat yang hendak melakukan perjalanan mudik untuk merayakan Lebaran di kampung halaman masing-masing.

Penerbangan rute Surabaya – Sumenep pp. akan beroperasi setiap hari Jumat dan Minggu. Sedangkan rute Balikpapan – Tarakan pp. akan beroperasi setiap hari Senin, Rabu, Jumat dan Minggu. Keduanya akan menggunakan pesawat jenis ATR 72-600.

"Citilink senantiasa menerapkan protokol kesehatan yang ketat di seluruh lini operasional penerbangannya, baik dari pre-, in-, hingga post-flight dengan mengacu pada ketentuan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah untuk dapat memastikan seluruh penerbangan berjalan secara optimal sehingga masyarakat dapat melakukan perjalanan mudik secara aman dan sehat," papar Dewa.

 

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jadwal Penerbangan

Informasi, jadwal penerbangan untuk rute Surabaya - Sumenep dengan nomor penerbangan QG 1504 diestimasikan berangkat pukul 09.45 dan tiba 10.35 waktu setempat.

Sementara untuk rute Sumenep - Surabaya dengan nomor penerbangan QG 1505 diestimasikan berangkat pukul 11.00 dan tiba pukul 11.45 waktu setempat.

Kemudian untuk rute Balikpapan - Tarakan dengan nomor penerbangan QG 1400 diestimasikan berangkat pukul 11.00 dan tiba pukul 12.35 waktu setempat.

Serta, penerbangan rute Tarakan - Balikpapan dengan nomor penerbangan QG 1401 diestimasikan berangkat pukul 13.00 dan tiba pukul 14.45 waktu setempat.

 

 

 

3 dari 3 halaman

Perintah Jokowi

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi untuk membuka akses penerbangan baru dari Bandara Trunojoyo, Sumenep, Madura. Ini disampaikannya saat meresmikan bandara tersebut pasca rampungnya pembangunan.

Jokowi menilai, momentum menjelang Idul Fitri bisa dimanfaatkan untuk membuka rute penerbangan baru tersebut. Bahkan ia menaksir tingkat okupansi tempat duduknya akan terpenuhi.

"Saya minta ini karena sudah hampir, ini menjelang Hari Raya Idul Fitri, saya minta Pak Menteri Perhubungan agar diusahakan ada penerbangan yang dari Surabaya ke Sumenep maupun dari Jakarta ke Sumenep. Untuk kita coba apakah penuh atau tidak penuh penumpangnya, menurut saya insyaaAllah penuh," tuturnya dalam peresmian bandara Trunojoyo, Rabu (20/4/2022).

Di samping itu, Jokowi juga meminta kepada pemerintah daerah dan jajarannya untuk bisa menjaga kondisi bandara ini. Serta, bisa dimanfaatkan untuk mendorong tingkat perekonomian masyarakat di sekitar madura.

"Dan saya minta agar bandara ini dimanfaatkan dan dijaga sebaik-baiknya, dimanfaatkan untuk meningkatkan daya saing daerah, menggerakkan perekonomian masyarkat agar membuat masyarakat lebih sejahtera," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.