Sukses

Konsumsi Turun, Pasokan Gas Bumi saat Lebaran Dijamin Lancar Jaya

Badan Pengatur Kegiatan Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) memastikan kelancaran pasikan gas bumi selama libur Idul Fitri, meski akan terjadi penurunan konsumsi pada periode tersebut.

Liputan6.com, Jakarta Badan Pengatur Kegiatan Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) memastikan kelancaran pasikan gas bumi selama libur Idul Fitri, meski akan terjadi penurunan konsumsi pada periode tersebut.

Komite BPH Migas, Wahyudi Anas mengatakan, dalam rangka memastikan kesiapan Satuan Tugas Ramadhan dan Idul Fitri (Satgas RAFI 2022) menjaga layanan penyaluran gas bumi, BPH Migas meninjau wilayah Sales Operation Regional III PT PGN Tbk Wilayah Jawa Timur, Jawa Tengah, Bali, Nusa Tenggara (SOR III).

“Kunjungan difokuskan langsung dengan sektor yang bersentuhan langsung dengan kebutuhan gas bumi di kelompok masyarakat. Kita tinjau dari sisi hulu, kebutuhan gas selama Libur Lebaran (RAFI 2022),” ujar Wahyudi, (29/04/2022).

Untuk memastikan penyediaan bahan bakar dan gas bumi untuk rumah tangga, pelanggan kecil maupun SPBG di Jawa Timur.

Komite BPH Migas Abdul Halim menambahkan, dari tinjauan tersebut dipastikan kebutuhan gas dapat terpenuhi, ada beberapa industri yang libur lebaran sehingga alokasi untuk pelanggan kecil, rumah tangga dan BBG sehingga semua terjamin aman dan tidak ada pengurangan.

“Kami tadi mengunjungi dan memastikan bahwa layanan gas terlayani dengan baik. Meski saat ini Jawa Timur mengalami gangguan pasokan atau shortage dari sisi hulu, sektor rumah tangga tetap terjamin keamanan gasnya,” imbuh Abdul.

 

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penyaluran Gas Bumi PGN

Saat ini, penyaluran gas bumi PGN di wilayah SOR III dilakukan untuk melayani kebutuhan 151.027 pelanggan dengan total volume 126 BBTUD. Adapun sebagian besar pelanggan PGN merupakan pelanggan Rumah Tangga sebanyak 150.450 pelanggan; 576 merupakan segmen Komersial dan Industri serta terdapat 1 SPBG.

Operasional di Jawa Timur untuk sector jargas, pelanggan kecil dan BBG menjadi prioritas. Dikarenakan sektor tersebut bersentuhan langsung dengan masyarakat. Tekanan operasi pada jaringan pipa yang dibutuhkan cukup rendah, sehingga dipastikan kondisi ini semua akan terjamin.

General Manager SOR 3 PGN Edi Armawiria menjelaskan bahwa kebutuhan gas pelanggan industri dalam periode sekitar H-7 lebaran memang cenderung menurun, namun demikian PGN tetap menjaga stabilitas dan reliability penyaluran gas sehingga seluruh pelanggan tetap dapat terpenuhi kebutuhan gasnya.

Selama periode penurunan konsumsi saat lebaran, PGN terus berupa menjaga kehandalan baik dengan melakukan optimasi pola operasi di jaringan distribusi dan transmisi maupun upaya perkuatan infrastruktur salah satunya adalah membangunan pipa jumperline Tambak Lorok – Tambak Rejo, hal ini membawa dampak positip dimana pasokan dan pasar Jawa Timur – Jawa Tengah dapat diintegrasikan.

“Kami memastikan bahwa kegiatan operasional gas bumi berjalan aman selama libur idul fitri dan pelanggan dapat terlayani dengan baik,” ujar Edi.

 

3 dari 3 halaman

Satgas RAFI 2022

Satgas RAFI 2022 bertugas melakukan monitoring dan pengendalian tekanan jaringan transmisi maupun distribusi, patroli jaringan dan infrastruktur secara periodik.

“Tim Satgas RAFI melakukan collect reporting yang secara reguler dilaporkan ke Holding Pertamina sebanyak dua kali sehari untuk memudahkan Holding mendapatkan data. Begitu ke BPH Migas, KESDM, dan stakeholder pemerintah lainnya,” jelas Edi.

Secara keseluruhan, Posko Satgas RAFI Subholding Gas 2022 bekerja 24 jam tersebar di 23 titik di Sumatera, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan, dan Sorong.

Apabila pelanggan maupun masyarakat mendapatkan informasi lebih lanjut atau menyampaikan hal-hal emergency terkait layanan gas bumi, dapat menghubungi Call Center Pertamina 135, email satgas.pusat@pertamina.com, PGN Contact Center 1500645, chat WA 08151 1500 645, atau aplikasi MyPertamina.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.