Menkominfo Apresiasi Telkom dalam Menjaga Kualitas Layanan Jelang Lebaran

Oleh Muhammad Fachri Darmawan pada 29 Apr 2022, 16:35 WIB
Diperbarui 29 Apr 2022, 16:35 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate dan Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah.
Perbesar
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate didampingi Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah melakukan peninjauan ke Kantor Wilayah Telkom Cirebon guna mengecek kesiapan infrastruktur, layanan, dan tim operasional agar tetap prima jelang lebaran, Jumat (29/04).

Liputan6.com, Cirebon PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) terus memastikan kesiapan infrastruktur, layanan, dan tim operasional untuk mengamankan kualitas layanan telekomunikasi agar tetap prima saat momen Lebaran nanti. Telkom berkomitmen kuat dalam memastikan kualitas layanan terbaik bagi pelanggan dan masyarakat di area yang berpotensi dengan peningkatan trafik telekomunikasi yang tinggi, seperti area mudik, bandara, pelabuhan, rumah ibadah, rumah sakit fasilitas telekomunikasi kesehatan dan Covid-19, serta perumahan atau residence.

Dalam mengecek kesiapan infrastruktur dan layanan, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate didampingi Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Ismail dan Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Usman Kansong melakukan kunjungan sekaligus peninjauan ke Kantor Wilayah Telkom Cirebon, Jumat (29/04).

Dalam kunjungannya, Menkominfo mendengarkan paparan terkait kesiapan layanan TelkomGroup jelang lebaran. Untuk mengantisipasi lonjakan trafik telekomunikasi, Telkom telah melakukan penambahan kapasitas sebanyak 728 site Telkomsel di sepanjang jalur mudik, peningkatan bandwidth untuk Ramadan dan Idul Fitri, serta pengamanan di 1.177 Point of Interest (POI) atau area yang menjadi pusat peningkatan trafik seperti alun-alun, jalur mudik, area layanan masyarakat (public services), tempat wisata, jalan tol dan lainnya.

Untuk area di sepanjang jalur Pantura, terdapat 12 titik penting yang menjadi fokus pengamanan TelkomGroup, antara lain gerbang tol Palimanan dan 11 rest area yang berada di jalur tersebut. Telkom secara kontinyu melakukan pengawasan infrastruktur kabel backbone termasuk material suku cadang dan tim operasional.

Telkom pun memastikan digitalisasi pada seluruh SPBU Pertamina yang berada di titik jalur mudik untuk mendapatkan kualitas layanan terbaik sehingga dapat melayani masyarakat dengan lebih mudah dan nyaman selama masa mudik.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengapresiasi kesiapan infrastruktur dan layanan TelkomGroup dalam menghadapi Ramadan dan dul Fitri tahun ini.

“Mudik kali ini adalah momen pertama setelah dua tahun hibernasi sehingga harus ditandai dengan penuh kegembiraan. Ini adalah moment of truth di mana masyarakat mengharapkan layanan yang prima dari kita. Apresiasi terbesar untuk Telkom yang mampu mengantisipasi lebaran dengan baik melalui ketersediaan infrastruktur, layanan, dan personil. Dukungan Telkom ini membuktikan bahwa kita adalah tulang punggung digital Indonesia. Marilah kita sama-sama saling berkoordinasi agar perjalanan mudik dan balik berjalan dengan baik," ujarnya.


Telkom Bantu Kelancaran Arus Mudik

Persiapan Layanan Komunikasi Telkom Jelang Lebaran.
Perbesar
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate bersama Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Ismail, dan DirekturJenderal Informasi dan Komunikasi Publik Usman Kansong menyimak paparan dari Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah terkait kesiapan layanan TelkomGroup jelang lebaran, Jumat (29/04).

Bagi Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah, Lebaran tahun ini merupakan momen yang sangat spesial bagi masyarakat Indonesia. Untuk pertama kalinya masyarakat bisa melakukan tradisi mudik setelah dua tahun pandemi.

"Untuk itu, kami berkomitmen untuk memastikan berbagai layanan TelkomGroup tetap prima menemani para pemudik dan masyarakat di saat lebaran. Telkom juga telah menyiagakan 88 Posko TelkomGroup Siaga RAFI yang beroperasi secara nasional hingga regional dan daerah dengan total personil lebih dari 19 ribu orang yang standby 24x7 untuk memastikan kenyamanan masyarakat dalam menggunakan berbagai layanan digital," katanya.

Telkom pun turut serta di Posko Terpadu bersama Kepolisian dan Dinas Perhubungan untuk mendukung kelancaran arus mudik dan balik masyarakat. Pengamanan dilakukan dengan koordinasi secara terintegrasi mulai dari site langsung hingga pengawalan terpusat. Baik infrastruktur maupun layanan ditinjau melalui sistem monitoring yang menggunakan teknologi Robotic Procesing Automation, Artificial Intelligence, serta Machine Learning.

“Selamat mudik bagi seluruh masyarakat. Semoga mudik tahun ini dapat berjalan lancar dan masyarakat dapat berkumpul bersama keluarga di kampung halaman. Kami akan terus mengutaman kenyamanan dan pengalaman terbaik bagi pelanggan dalam menggunakan layanan TelkomGroup di saat lebaran,” tutup Ririek.

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya