Menhub: BUMN Sepakat Tambah 400 Angkutan Mudik Gratis Lebaran 2022

Oleh Arief Rahman Hakim pada 28 Apr 2022, 18:50 WIB
Diperbarui 28 Apr 2022, 18:50 WIB
Menhub Budi Karya mengatakan bahwa program mudik gratis dibutuhkan masyarakat menyambut Lebaran 2022. Ia memandang masyarakat terbantu dengan adanya bantuan tersebut.
Perbesar
Menhub Budi Karya mengatakan bahwa program mudik gratis dibutuhkan masyarakat menyambut Lebaran 2022. Ia memandang masyarakat terbantu dengan adanya bantuan tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyebut ada sejumlah BUMN yang siap menambah kuota mudik gratis. Hal ini sebagai tindak lanjut dari permintaannya.

Menhub Budi menyebut mudik gratis ini dibutuhkan masyarakat menyambut lebaran 2022 kali ini. Ia memandang masyarakat terbantu dengan adanya bantuan tersebut.

Hal ini disampaikannya pasca melepas keberangkatan 20 ribu lebih peserta mudik gratis Kemenhub dari terminal Jatijajar, Depok. Ada sebanyak 686 bis yang diberangkatkan.

"Tadi waktu di depok saya anjurkan stakeholder yang lain, Kementerian/lembaga, perusahaan melakukan tambahan mudik gratis, dalam perjalanan saya telepon beberapa bumn kita dapat tambahan 400 bis," katanya kepada wartawan, Kamis (28/7/2022).

Ia bersyukur, dalam waktu singkat, ia mendapatkan kabar menggembirakan dengan adanya tambahan 400 bis mudik gratis ini. Dalam mengkoordinasikannya, Menhub Budi meminta Jasa Raharja yang melakukannya.

"Alhamdulillah bisa dilaksanakan, saya minta pak Dirut Jasa Raharja mengkoordinir karena BUMN," katanya.

Ia berharap dengan adanya turut serta dari perusahaan pelat merah ini, perusahaan swasta pun bisa ikut melakukannya.

"Langkah bumn ini supaya diikuti kemen lembaga lain, swasta dan lainnya," kata dia.

Keuntungan

Ia juga menyampaikan, masyarakat senang dengan adanya layanan mudik gratis ini. Bahkan, Menhub Budi punya hitungan tersendiri yang menguntungkan jika masyarakat menggunakan mudik gratis yang difasilitasi.

"Karena tadi kan lihat di Depok mereka senang banget, saya itung kalau 5 orang kali Rp 300 Ribu (ongkos angkutan) sudah Rp 1,5 juta, bolak-balik Rp 3 juta bisa dipakai jajan di daerah," katanya.

Ia menyebut, perusahaan bisa memanfaatkan dana Corporate Social Responsibilities (CSR) dalam menyediakan layanan gratis.

"Ini CSR produktif membantu mengurangi kemacetan. Kalau ada 400 bis dikali 50, 20 ribu orang. Kalau itu naik motor ada 10.000 motor bergerak, paling enggak anak buahnya (perusahaan) sendiri," ujarnya.

 

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini


Delapan BUMN

Menhub Budi Karya mengatakan bahwa program mudik gratis dibutuhkan masyarakat menyambut Lebaran 2022. Ia memandang masyarakat terbantu dengan adanya bantuan tersebut.
Perbesar
Menhub Budi menyebut mudik gratis ini dibutuhkan masyarakat menyambut lebaran 2022 kali ini. Ia memandang masyarakat terbantu dengan adanya bantuan tersebut.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Jaaa Raharja Rivan Achmad Purwantono menyampaikan ada 5 perusahaan pelat merah yang sudah setuju. Artinya, akan ada tambahan armada mudik lebaran 2022 gratis.

"Diharapkan masih ada tambahan mudik gratis, tadi baru 5 BUMN sepakat, ada 3 berikutnya. Mudah-mudahan terus bertambah," katanya.

Ia menyebutkan sebelumnya perusahaan pelat merah sudah mengirimkan bantuan ratusan bis mudik gratis.

"Alhamdulillah kemarin periode pertama BUMN telah lepas kredit mudik gratis 542 bis, kapasitas 24.000 (orang) dan 99 kereta api total 15.000 (orang)," katanya.

 


Minta Tambah Kuota Mudik Gratis

Menhub Budi Karya Sumadi Tinjau Command Center Mudik 2022
Perbesar
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta kementerian / lembaga, perusahaan BUMN, dan swasta untuk menambah kuota mudik gratis.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta kementerian / lembaga, perusahaan BUMN, dan swasta untuk menambah kuota mudik gratis. Alasannya, guna membantu masyarakat dan menekan tingkat kendaraan di jalanan.

Ia menyampaikan, guna melaksanakan hal itu masih ada waktu yang bisa dimanfaatkan. Ia menyebut, tiga hari kedepan masih bisa jadi waktu yang tepat melaksanakan mudik gratis.

"Saya imbau kita, polisi, Jasa Raharja, BUMN, sudah melakukan (mudik gratis), kepada perusahaan, masih ada tiga hari ini, tolong berikan CSR-nta kepada semya karyawannya diberikan fasilitas mudik gratis," katanya di Terminal Jati Jajar, Depok, Kamis (28/4/2022).

Hal ini diminta Menhub Budi karena ja mengaku menerima testimoni dari peserta mudik gratis. Diantaranya mengaku bahagia dan terbantu.

"Saya komunikasikan kepada pemilik perusahaan bahwa begitu gembiranya mereka diberikan kesempatan mudik gratis ini, karena dari Depok langsung ke kampungnya, ada wonosobo, Wonosari dan lainnya," kata dia.

"Kalau itu terjadi itu bisa meringankan (beban) saudara kita untuk pulang mudik dan meringankan lalulintas agar tidak penuh," ujarnya.

Menhub menyampaikan, misalnya, ada tambahan 10 bus dari perusahaan dikalikan 200 perusahaan sudab bisa mencapai 2000 bus.

"Tentunya bus ini ada jumlahnya dan harganya tidak mahal," kata dia.

 


Mudik Gratis BUMN

Menteri BUMN Erick Thohir mengerahkan 26 perusahaan pelat merah berangkatkan 40 ribu pemudik. Erick melepas langsung keberangkatan dari Gelora Bung Karno, Jakarta.
Perbesar
Sementara itu Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melalui 26 perusahaan pelat merah memberangkatkan 40.000 pemudik secara gratis dalam program Mudik Aman Mudik Sehat Bersama BUMN 2022. Menteri BUMN Erick Thohir langsung melepas keberangkatan perdana dari Gelora Bung Karno, Jakarta. "Kami bergotong-royong bersama 26 BUMN, dan saya yakini semua 41 BUMN juga mendorong mudik bareng ini. Kita sekarang menyiapkan fasilitas bagi 40.000 pemudik dengan kereta api dan bus," ujar Erick dalam keterangannya, Rabu (27/4). Erick menyampaikan, program Mudik Gratis Bersama BUMN ini merupakan bagian dari kontribusi perusahaan negara untuk menekan jumlah pemudik dengan kendaraan roda dua atau sepeda motor. Hal ini sebagaimana imbauan dari Presiden Jokowi. "Program Mudik Aman Mudik Sehat Bersama BUMN 2022 merupakan bentuk mudik yang aman karena mengalihkan puluhan ribu pengguna kendaraan, terutama sepeda motor dari jalan raya ke moda transportasi umum seperti bus dan kereta api yang terkoordinir," ucapnya.
Infografis Peta Jalur Mudik Lebaran 2022 Rawan Bencana di Pulau Jawa. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis Peta Jalur Mudik Lebaran 2022 Rawan Bencana di Pulau Jawa. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya