Sukses

Layanan Pencairan Insentif Kartu Prakerja Libur selama Lebaran, Simak Jadwalnya!

Pelayanan di sejumlah instansi mungkin akan diliburkan terlebih dahulu selama beberapa hari. Termasuk salah satunya layanan yang terdapat di Program Kartu Prakerja.

Liputan6.com, Jakarta - Mendekati libur Lebaran 2022, pelayanan di sejumlah instansi mungkin akan diliburkan terlebih dahulu selama beberapa hari. Termasuk salah satunya layanan yang terdapat di Program Kartu Prakerja.

“Menjelang libur panjang nasional, ada info penting untuk sobi-sobi perihal status layanan PMO Kartu Prakerja ya!” demikian informasi dikutip dari akun Instagram @prakerja.go.id, Kamis (28/4/2022).

Lantas apa saja layanan Prakerja yang akan diliburkan selama Lebaran?

Salah satunya proses penyaluran insentif Prakerja, kemungkinan akan tetap berjalan hingga hari ini Kamis, 28 April 2022. Setelah itu, akan terjeda karena libur Lebaran. Nantinya pencairan insentif akan dilanjutkan kembali pada 9 Mei 2022 mendatang.

“Pencairan insentif yang sudah dijadwalkan akan tetap berjalan seperti biasa hingga terakhir tanggal 28 April 2022 dan selebihnya akan dilanjutkan sesuai dengan regulasi dan informasi yang diumumkan,” begitu penjelasannya.

Sementara untuk layanan contact center Prakerja masih beroperasi normal dan tetap berjalan seperti biasanya. Namun, dikecualikan untuk tanggal 2 Mei 2022, layanan akan beroperasi mulai 09.00 s.d. 20.00 WIB.

Kemudian untuk penerima Prakerja yang ingin membeli pelatihan, prosesnya pun masih bisa dilakukan kapanpun. Tentunya peserta bisa membeli pelatihan Prakerja di platform digital yang sudah bekerja sama dengan program Kartu Prakerja ini, seperti Kemnaker, Karir.mu, Pijar Mahir, Pintaria, Bukalapak, atau Tokopedia.

Sebagai catatan, bagi penerima yang masih memiliki saldo pelatihan diharapkan bisa menggunakannya dengan sebaik mungkin. Jangan sampai menyia-nyiakan kesempatan pelatihan karena tidak membeli pelatihan.

“Untuk sobi-sobi yang masih memiliki saldo pelatihan, jangan lupa untuk menggunakan saldo tersebut agar kepesertaan tidak dicabut,” demikian informasinya.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 27 Resmi Ditutup!

Setelah dibuka sejak Rabu, 20 April 2022, Program Kartu Prakerja gelombang 27 akhirnya resmi ditutup. Peserta Kartu Prakerja yang sudah mendaftar diminta segera menyelesaikan prosesnya.

Ini diumumkan Manajemen Kartu Prakerja melalui akun instagram resminya @prakerja.go.id. "Sobat-sobat yang sudah menyelesaikan proses pendaftaran dan masih belum bergabung, harap segera klik "Gabung gelombang" ya!Untuk yang masih terkendala, jangan kuatir karena masih ada kesempatan di gelombang berikutnya.Share ke sobi-sobi lainnya ya!#SiapDariSekarang," jelas manajemen, seperti dikutip Senin (25/4/2022).

Untuk diketahui, program Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja/buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja, dan/atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.

Adapun besar bantuan Kartu Prakerja di tahun ini masih sama seperti periode sebelumnya, yakni Rp 3.550.000. Dengan rincian biaya pelatihan Rp 1 juta, insentif Rp 2,4 juta, dan juga insentif survei Rp 150 ribu.

Ada beberapa syarat dan ketentuan bagi mereka yang boleh mendaftar program Kartu Prakerja adalah:

1. Warga Negara Indonesia (WNI) berusia 18 tahun ke atas.

2. Tidak sedang menempuh pendidikan formal.

3. Sedang mencari kerja, pekerja, atau buruh yang terkena PHK, pekerja atau buruh yang membutuhkan peningkatan keterampilan dan kompetensi kerja, pekerja atau buruh yang dirumahkan, dan pelaku UMKM.

4. Bukan penerima bantuan sosial (bansos) lainnya selama pandemi Covid-19.

5. Bukan pejabat negara, pimpinan atau anggota DPRD, ASN, prajurit TNI, anggota Polri, kepala desa/perangkat desa, dan direksi/komisaris/dewan pengawas BUMN/BUMD.

6. Maksimal 2 Nomor Induk Kependudukan (NIK) DAN 1 Kartu Keluarga (KK) yang menjadi penerima Kartu Prakerja.

Sementara, dokumen yang harus disiapkan untuk mendaftar kartu prakerja, antara lain Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK). Serta harus memiliki nomor telepon aktif.

Jadi tidak semua masyarakat bisa ikut mendaftar program Kartu Prakerja. Lantas, kategori kelompok mana saja yang tidak diperbolehkan mendaftar?

1. Pejabat Negara

2. Pimpinan dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah

3. Aparatur Sipil Negara

4. Prajurit Tentara Nasional Indonesia

5. Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia

6. Kepala Desa dan perangkat desa

7. Direksi, Komisaris, dan Dewan Pengawas pada badan usaha milik negara atau badan usaha milik daerah.

 

3 dari 3 halaman

Cara Cek Kelolosan

Nantinya, bagi masyarakat yang sudah mendaftar Kartu Prakerja Gelombang 27 ini, siap-siap untuk mengecek kelolosannya melalui 2 cara yaitu lewat akun dashboard dan SMS atau pesan singkat atau e-mail.

Cek di Akun Dashboard

Mengutip informasi dari website prakerja.go.id, peserta bisa mengecek status kelulusan di akun dashboard masing-masing.

“Pada tanggal pengumuman seleksi Gelombang, login ke akun kamu, lalu cek dashboad kamu,” demikian penjelasannya.

Lebih lanjut, berikut ini langkah-langkah cek kelulusan Kartu Prakerja melaluin dashboard akun.

1. Cek status penerimaan melalui dashboard Prakerja pada lama prakerja.go.id

2. Apabila terdapat keterangan “pendaftaran sedang dalam evaluasi”, itu berarti proses seleksi sedang berlangsung

3. Saat pengumuman, peserta yang lolos akan mendapatkan notifikasi untuk menonton tiga video tentang pengenalan Kartu Prakerja

4. Peserta yang lolos menonton ketiga video tersebut dan tidak diperkenankan untuk menutup video jika belum selesai atau mempercepat laju video

5. Setelah menonton video selesai, peserta baru bisa melihat Nomor Kartu Prakerja

Sementara itu, bila tidak lolos Kartu Prakerja Gelombang 25, peserta akan mendapatkan notifikasi di dashboard dengan keterangan “Kamu Belum Berhasil”.

Cek Pesan Singkat atau SMS

Selain melalui dashboard akun, peserta juga bisa cek kelulusann melalui SMS atau pesan singkat dan e-mail.

“Jika lolos seleksi Gelombang kamu juga akan menerima notifikasi kelolosan melalui SMS dan email,” demikian informasinya.

Karena itu, pastikan nomor dan e-mail masih aktif dan sesuai dengan pada saat pendaftaran agar bisa mengecek kelulusan Prakerja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.