Sukses

Waspada Penipuan Catut Nama Rekrutmen Bersama BUMN 2022, Kenali Cirinya!

Kementerian BUMN mewanti-wanti masyarakat waspada terhadap penipuan dengan modus rekrutmen khususnya pada Rekrutmen Bersama BUMN 2022.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mewanti-wanti masyarakat waspada terhadap penipuan dengan modus rekrutmen. Diketahui, beberapa waktu lalu BUMN membuka lowongan dalam jumlah besar lewat Rekrutmen Bersama BUMN 2022.

"Kementerian BUMN kembali mengingatkan masyarakat untuk waspada terhadap modus penipuan dan hoax yang mengatasnamakan Kementerian BUMN, Forum Human Capital Indonesia (FHCI), atau BUMN terkait proses rekrutmen," tulis keterangan resmi yang diterima Liputan6.com Rabu (27/4/2022).

Keterangan itu menegaskan seluruh tahapan proses rekrutmen peserta yang dilakukan oleh Kementerian BUMN, FHCI maupun BUMN bebas biaya dan dijalankan secara profesional. Kemudian transparan dan akuntabel, dengan mengedepankan nilai AKHLAK.

Beberapa ciri penipuan yang dilakukan dengan modus rekrutmen diantaranya;

Pertama, penggunaan surat dengan logo pada kop surat. Seluruh informasi proses rekrutmen yang diselenggarakan Kementerian BUMN, FHCI dan BUMN, termasuk program Rekrutmen Bersama BUMN 2022, hanya diunggah dan tersedia melalui kanal-kanal resmi seperti situs dan media sosial Kementerian BUMN, BUMN-BUMN terkait, dan FHCI.

"Hasil pengumuman yang beredar dalam bentuk surat yang menggunakan logo pada kop surat adalah penipuan," seperti tertulis.

Kedua, tanda tangan yang mengatasnamakan manajer/direksi BUMN Pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab dapat menggunakan nama dan membubuhkan tanda tangan mengatasnamakan manajer/direksi BUMN.

"Karena itu, pastikan cek kembali kebenaran informasi terkait rekrutmen BUMN yang diperoleh dalam bentuk apapun dengan mengunjungi kanal resmi perusahaan yang bersangkutan," tulisnya.

Ketiga, pelamar diminta membayar sejumlah biaya. Seluruh tahapan proses rekrutmen yang dilakukan BUMN bebas biaya. Jika pelamar dihubungi dan diminta melakukan transfer dana, hal ini dipastikan penipuan.

"Jika masyarakat menemukan atau mengalami salah satu hal di atas, jangan ragu untuk melaporkan kepada Panitia Rekrutmen BUMN melalui kanal-kanal resmi Kementerian BUMN, FHCI, dan BUMN-BUMN terkait," seperti dikutip.

Untuk program Rekrutmen Bersama BUMN 2022, pelaporan terkait dengan modus penipuan dan hoax dapat disampaikan melalui kanal resmi yaitu email rekrutbersama@fhcibumn.id, dan telegram Panitia Rekrutmen Bersama FHCI BUMN_bot.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Proses Rekrutmen

Perlu diingat, seluruh kegiatan seleksi online termasuk pengumuman tiap tahapan seleksi akan diumumkan melalui situs resmi Rekrutmen Bersama BUMN. Registrasi online dan seleksi administrasi rekrutmen ini akan dilakukan pada 14 hingga 25 April 2022.

Sementara pengumuman tahap pertama untuk registrasi online dan seleksi administrasi akan dilakukan pada 9 hingga 11 Mei 2022. Setelahnya, pelaksanaan Tes Kemampuan Dasar (TKD) dan Core Values BUMN diselenggarakan pada 17 hingga 27 Mei 2022

Pengumuman untuk tahap kedua dilakukan pada 8 hingga 10 Juni 2022. Tahap ketiga untuk Tes Kemampuan Bidang, wawancara dan MCU akan dilakukan sesuai dengan ketentuan masing-masing BUMN.

Adapun proses tahap ketiga dari Rekrutmen Bersama BUMN 2022 ini akan berlangsung dari 12 hingga 25 Juni 2022. Lalu pengumuman final calon pegawai BUMN dilakukan pada 4 Juli 2022.

 

3 dari 4 halaman

Diresmikan Erick Thohir

Rekrutmen Bersama BUMN 2022 telah secara resmi dibuka oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. Program ini membuka lebih dari 2.700 lowongan kerja dengan lebih dari 40 BUMN Grup yang bergabung.

Dalam pembukaan, Erick Thohir menyatakan perekrutan ini merupakan salah satu bentuk transformasi BUMN pada bidang human capital. Lewat rekrutmen ini, ia ingin memastikan, BUMN bisa menarik talenta terbaik bangsa di bidangnya masing-masing.

Rekrutmen Bersama BUMN ini terbuka untuk semua pelamar dengan strata pendidikan D1 hingga S2. BUMN juga membukan program ini untuk calon pelamar disabilitas dan putra/putri Kawasan Timur Indonesia.

Registrasi online dan seleksi administrasi rekrutmen BUMN ini akan dilakukan pada 14 hingga 25 April 2022.

Untuk mendaftar, pelamar wajib memiliki alamat email pribadi dan nomor telepon seluler yang masih aktif untuk bisa mengikuti proses seleksi. Dalam proses pendaftaran, pelamar dilarang menggunakan alamat email milik orang lain atau kantor.

Calon pelamar Rekrutmen Bersama BUMN perlu menyiapkan beberapa dokumen, seperti foto profil, KTP, Ijazah/Surat Keterangan Lulus, Transkrip Nilai, SKCK, Dokumen lainnya (Sertifikat Pelatihan), dan Surat Rekomendasi.

 

4 dari 4 halaman

Pendaftaran

Pendaftaran rekrutmen ini hanya dapat dilakukan secara online lewat laman https://rekrutmenbersama.fhcibumn.id. Ada sembilan ketentuan umum yang perlu diketahui calon pelamar program Rekrutmen Bersama BUMN. Berikut informasinya :

• Setiap pelamar hanya diperbolehkan mendaftar maksimal 3 posisi di BUMN berbeda

• Seluruh tahapan rekrutmen tidak dipungut biaya apapun. Apabila ada pihak yang meminta biaya/ menjanjikan sesuatu/ menawarkan bantuan atas proses rekrutmen dapat melapor ke Forum Human Capital Indonesia (FHCI).

• Pendaftaran hanya dapat dilakukan secara online melalui https://rekrutmenbersama.fhcibumn.id. FHCI tidak menerima lamaran melalui media pengiriman lainnya.

• Seluruh kegiatan seleksi online dan pengumuman tiap tahapan seleksi diumumkan melalui https://rekrutmenbersama.fhcibumn.id

• Seluruh biaya akomodasi dan transportasi selama proses rekrutmen dan seleksi menjadi tanggungan pelamar.

• Seluruh Pelamar diwajibkan mengajukan lamaran dengan melakukan registrasi online melalui https://rekrutmenbersama.fhcibumn.id

• FHCI berhak sepenuhnya menetapkan daftar kandidat yang dinilai memenuhi kualifikasi pada setiap tahapan seleksi.

• Hasil keputusan FHCI bersifat final, mengikat, dan tidak dapat diganggu gugat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.