Sukses

Erick Thohir Lepas Mudik Gratis BUMN: Sesama Pemudik Harus Rukun

Mudik gratis BUMN mulai berangkat hari ini dari halaman Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta. Pelepasannya dilakukan langsung oleh Menteri BUMN Erick Thohir.

Liputan6.com, Jakarta Mudik gratis BUMN mulai berangkat hari ini dari halaman Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta. Pelepasannya dilakukan langsung oleh Menteri BUMN Erick Thohir.

Erick Thohir mencatat, total peserta program Mudik Aman Mudik Sehat Bersama BUMN 2022 mencapai 12.450 orang. Adapun jumlah bus yang disediakan mencapai 249 unit.

Dalam pelepasan mudik gratis itu, Menteri Erick berpesan kepada para pemudik untuk saling menolong selama perjalanan dan rukun.

"Sesama tetangga (pemudik) ga boleh berantem ya, saling menghargai, saling menolong ya. Semoga sehat-sehat ya," kata Erick Thohir di GBK, Rabu (27/4/2022).

Tidak hanya itu, dia juga meminta secara langsung kepada para sopir bus untuk tidak mengemudi secara ugal-ugalan di jalan, baik jalan tol atau provinsi. Hal ini demi menjamin keselamatan pemudik, pengemudi, dan sesama pengguna jalan lainnya.

"Nggak usah ngebut, nggak usah motong-motong. Kasihan penumpang," ujar 

Selain meminta pengemudi untuk tidak melakukan aksi kebut-kebutan, Menteri Erick juga meminta pengemudi untuk tak sungkan beristirahat di rest area terdekat apabila merasa mengantuk atau kelelahan. Hal ini untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

"Kalau ngantuk (istirahat) ya. Kasih tahu, kalau capek ke penumpang," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lepas Mudik Motor Gratis dari Pelabuhan Tanjung Priok, Ini Pesan Erick Thohir

Menteri BUMN Erick Thohir melepas keberangkatan pemudik motor gratis dengan kapal laut dari Pelabuhan Tanjung Priok. Total ada 1.109 penumpang, dengan 470 orang diantaranya peserta mudik motor gratis.

Rincian lainnya, 416 orang peserta biasa dan 216 unit sepeda motor tujuan Semarang dan Surabaya. Kapal laut itu diberangkatkan pada pukul 13.30 WIB dari dermaga terminal penumpang pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Diketahui, Erick menyapa sejumlah penumpang lebih dulu. Kemudian, ia melepas keberangkatannya secara simbolis dengan membacakan pantun.

Pada masa periode lebaran tahun ini kapal KM Dobonsolo diberikan tugas layanan tambahan dengan memuat peserta mudik motor gratis tujuan semarang dan surabaya.

"Saya merasakan kebahagiaan para pemudik siang tadi di atas KM Dobonsolo," katanya melalui akun Instagram @erickthohir, Selasa (26/4/2022).

"Dua tahun tak dapat bertemu keluarga, Insya Allah Idul Fitri tahun ini dapat melepas rindu," imbuhnya.

 

3 dari 4 halaman

Jaga Prokes

Ia juga berpesan kepada para penumpang untuk menjag protokol kesehatan. Harapannya bisa menjaga keamanan dan kesehatan selama perjalanan mudik.

"Pesan saya, selalu jaga protokol kesehatan agar mudik dapat berjalan aman dan nyaman," kata dia.

Ia juga menitipkan kenyamanan para penumpang kepada kru KM Dobonsolo yang bertugas.

"Untuk seluruh kru KM Dobonsolo yang tetap bertugas selama masa Lebaran ini, saya titip para pemudik, layani dengan sepenuh hati. Hati-hati di jalan," tutur Erick.

4 dari 4 halaman

Arahan Jokowi

Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Arif Toha yang dalam hal ini mewakili Plt Dirjen Perhubungan Laut saat mendampingi Menteri BUMN mengatakan bahwa setelah 2 (dua) tahun dilakukan pembatasan mudik.

Maka tahun ini sesuai arahan Presiden RI, masyarakat diperbolehkan untuk melakukan perjalanan mudik dengan semua moda transportasi, tanpa harus melakukan tes PCR atau Antigen, asalkan sudah menjalani vaksin dosis lengkap dan booster.

"Mudik kali ini peran masyarakat menjadi faktor penting dalam mewujudkan perjalanan mudik yang aman dan sehat sehingga diperlukan tanggung jawab dan partisipasi pemudik untuk memastikan mereka sehat dan telah melakukan vaksinasi serta disiplin menerapkan protokol kesehatan karena pandemi belum sepenuhnya selesai," ujarnya.

Pada tahun ini diprediksi akan terjadi penambahan jumlah pemudik seperti tahun sebelum pandemi. Berdasarkan hasil survey Badan Litbang Perhubungan diprediksi sebanyak 85,5 juta orang akan melakukan perjalanan mudik lebaran 2022, dan sebanyak 1.400.000 penumpang diprediksi akan bepergian menggunakan transportasi laut atau naik sebanyak 234 persen dari tahun 2021.

"Hal ini sangat dimaklumi setelah selama dua tahun terakhir ini dilakukan pembatasan perjalanan selama libur Lebaran," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.