Sukses

KAI Logistik Berangkatkan Angkutan Motor Gratis Perdana, Angkut 153 Kendaraan

KAI Logistik hari ini memberangkatkan perdana angkutan motor gratis yang diselenggarakan Pemerintah RI melalui Ditjen Perkeretaapian.

Liputan6.com, Jakarta KAI Logistik hari ini memberangkatkan perdana angkutan motor gratis yang diselenggarakan Pemerintah RI melalui Ditjen Perkeretaapian.

Pendaftaran telah dibuka sejak 20 April 2022 baik melalui online di http://bit.ly/motis2022 maupun pendaftaran secara langsung di stasiun-stasiun yang melayani Motis.

Rangkaian KA Angkutan Motis diberangkatkan secara perdana di stasiun Jakarta Gudang. Pelepasan secara langsung dilakukan oleh Direktur Jenderal Perkeretaapian, Zulfikri didampingi Direktur lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api, M. Risal Wasal, Direktur Niaga KAI, Hadis Surya Palapa, EVP Daop 1 Jakarta, Suryawan Putra Hia serta Direktur Utama KAI Logistik, TLN Ahmad Malik Syah.

Direktur Utama KAI Logistik TLN Ahmad Malik Syah mengungkapkan, pada keberangkatan perdana angkutan Motis 2022, sejumlah total 153 unit sepeda motor akan diberangkatkan melalui dua rangkaian kereta api yaitu lintas utara dan lintas selatan.

"Perjalanan akan menempuh waktu sekitar 8-9 jam,” katanya, Selasa (26/4/2022).

Sejak pendaftaran dibuka, data yang terhimpun pada 25 April 2022 pukul 16.00 WIB, jumlah pendaftar Motis tercatat sebanyak 2.524 peserta untuk periode arus mudik maupun arus balik dengan jumlah peserta yang menggunakan moda KA sebanyak 2.238.

Dengan demikian masih tersedia sejumlah 6.756 kuota Motis yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Loket Khusus

Guna mengakomodasi antusiasme calon peserta motis yang belum memiliki tiket mudik, disediakan loket khusus pembelian tiket Kereta Api di stasiun yang melayani Motis dengan rute Pasar Senen – Semarang Tawang dan Pasar Senen – Purwosari dengan sisa kuota sejumlah 12.441 tempat duduk.

“Puncak pengiriman tercatat akan terjadi pada tanggal 29 April 2022 yang merupakan hari pertama dimulainya cuti bersama dengan jumlah 417 pendaftar diikuti tanggal 27 dan 30 untuk arus mudik. Sementara arus balik telah menunjukkan tren peningkatan pendaftaran dan akan terjadi puncak pengiriman mulai 7 – 9 Mei 2022. Jumlah pendaftaran diprediksi akan terus meningkat hingga batas maksimal kuota selama pendaftaran masih terbuka,” tutup pria yang kerap disapa Malik.

Selama proses pengiriman, peserta Motis dapat melakukan pelacakan mandiri melalui aplikasi KAI Access atau portal kalogistics.co.id dengan memasukkan nomor pengiriman/Bukti Tanda Terima (BTT).

Peserta Motis juga akan menerima SMS Notifikasi kedatangan motor untuk dapat segera diambil di stasiun tujuan dengan batas pengambilan 1x24 jam. Peserta cukup menunjukkan dokumen asli berupa KTP, STNK dan BTT kepada petugas.

3 dari 4 halaman

Masih Ada 6.756 Kuota Mudik Motor Gratis, Siapa Minat?

Kementerian Perhubungan memberangkatkan kereta api angkutan mudik motor gratis perdana dari Stasiun Jakarta Gudang, Selasa (26/4/2022). Tahun ini, disediakan 9.280 angkutan Motis.

“Per Senin (25/04), pendaftar program MOTIS sudah mencapai 2.524 peserta dan masih tersedia 6.756 kuota angkutan MOTIS yang masih dapat dipesan,” ujar Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Zulfikri, dalam keterangan resmi, Selasa (26/4/2022).

Program MOTIS kembali dilaksanakan tahun ini oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan guna mengakomodasi antusiasme masyarakat dalam melaksanakan mudik lebaran setelah dua tahun tidak melaksanakan mudik.

Di samping itu, program ini kembali dilaksanakan untuk meningkatkan keselamatan dan kenyamanan pemudik, khususnya bagi para pengguna kendaraan roda dua. Ia menyebut, sejak pertama kali diselenggarakan, program MOTIS mencatat pertumbuhan tren pelayanan yang cukup baik.

“Pada penyelenggaraan terakhir di tahun 2019, program ini berhasil mengangkut 19.141 motor untuk 3 lintas pelayanan, naik drastis dari angka 827 motor yang terangkut pada awal penyelenggaraan di tahun 2013,” jelas Zulfikri.

Dalam seremoni pemberangkatan ini Direktur Jenderal Perkeretaapian Zulfikri didampingi oleh Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Risal Wasal. Kegiatan ini dihadiri pula oleh Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan Direktur Utama PT Kereta Api Logistik beserta jajaran.

Zulfikri mengajak masyarakat untuk dapat memanfaatkan kuota yang masih tersedia dan tidak memaksakan diri menggunakan kendaraan roda dua untuk perjalanan jarak jauh.

4 dari 4 halaman

Layani Lintas Utara dan Selatan

Zulfikri menambahkan, tahun ini program MOTIS akan melayani lintas Utara dan lintas Selatan dengan 11 stasiun pelayanan yaitu Stasiun Jakarta Gudang, Stasiun Cirebon Prujakan, Stasiun Purwokerto, Stasiun Kroya, Stasiun Kutoarjo, Stasiun Lempuyangan, Stasiun Klaten, Stasiun Purwosari, Stasiun Tegal, Stasiun Pekalongan, dan Stasiun Semarang Tawang.

Dengan ketersediaan kuota MOTIS yang masih banyak, Zulfikri mengajak masyarakat agar segera mendaftarkan diri untuk melaksanakan mudik lebih cepat dengan memanfaatkan angkutan MOTIS ini.

“Terlebih terdapat 13.800 tempat duduk yang sudah disediakan khusus untuk peserta angkutan MOTIS dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat yang sudah kehabisan tiket reguler,” tambahnya. Adapun kuota kursi yang tersedia bagi peserta MOTIS mencakup kereta api relasi Pasar Senen - Semarang Tawang (pp), dan Pasar Senen - Purwosari (pp).

Di akhir sambutannya, Zulfikri menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan angkutan MOTIS. “Bagi para penumpang dan peserta MOTIS, kami sampaikan selamat jalan dan semoga selamat sampai tujuan,” pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.