BRI Berangkatkan Mudik 100 Pengguna Aktif BRImo Naik Kereta Eksekutif

Oleh Arief Rahman Hakim pada 26 Apr 2022, 13:20 WIB
Diperbarui 26 Apr 2022, 13:20 WIB
Bank Rakyat Indonesia (BRI) bakal memberangkatkan 100 orang terpilih untuk mudik lebaran 2022
Perbesar
Bank Rakyat Indonesia (BRI) bakal memberangkatkan 100 orang terpilih untuk mudik lebaran 2022.

Liputan6.com, Jakarta Bank Rakyat Indonesia (BRI) bakal memberangkatkan 100 orang terpilih untuk mudik lebaran 2022. Seluruhnya akan mudik menggunakan kereta api kelas eksekutif secara gratis.

Sebanyak 100 peserta terpilih merupakan pengguna aktif BRI Mobile (BRImo), agen LPG dengan BRImo, dan mitra merchant BRImo. Seluruhnya akan berangkat dari Stasiun Gambir Jakarta dengan tujuan akhir Stasiun Solo Balapan.

Direktur Konsumer BRI Handayani menyampaikan mudik gratis kali ini merupakan bentuk kerja sama antara BRImo dengan Kereta Api Indonesia. ia menyebut kereta api dipilih karena ingin memberikan pengalaman tanpa hambatan bagi pemudik.

“Ini program yang luar biasa untuk program mudik asik bareng BRImo ini, BRImo sediakan dua gerbong kereta api, kita akan memberangkatkan 100 orang penumpang tujuannya Jakarta-Solo Balapan melalui beberapa kota, Cirebon, Purwokerto, Yogyakarta, dan Solo Balapan,” katanya dalam konferensi pers di Stasiun Gambir, Selasa (26/4/2022).

Terkait kriteria, mudik gratis ini diberikan kepada pengguna aktif layanan BRImo. Ia menyebut registrasi program ini telah dibuka sejak pekan lalu dan telah terisi sepenuhnya.

“Ini khusus diberikan ke penumpang yang aktif menggunakan BRImo, baik itu merchant partner, agen LPG, user BRImo, dan nasabah BRI dan pemegang kartu kredit BRI,” katanya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Euforia Mudik Lebaran

BRI
Perbesar
Ilustrasi mudik. Bank Rakyat Indonesia (BRI) bakal memberangkatkan 100 orang terpilih untuk mudik lebaran 2022

Handayani menyampaikan, pemudik yang terpilih akan berangkat pada 28 April 2022 mendatang pukul 00.00  dari stasiun Gambir. Ia menyebut, kereta api merupakan moda transportasi yang kerap jadi pilihan pemudik.

“Ini concerns kita, pasti dalam euforia mudik lebaran ini moda transportasi darat yang dipilih, sehingga kita lihat bagaimana caranya bisa memberikan kenyamanan tanpa harus macet-macet, sehingga yang dipilih kereta api,” katanya.

Tujuan

Sementara itu, di sisi lain, ia juga mengungkap alasan dipilihnya rute Jakarta-Solo Balapan. Handayani menaksir banyak pekerja di Jakarta yang berkampung halaman di Jawa Barat dan daerah Jawa Tengah, sehingga rute ini dipandang tepat dipilih.

“Kenapa ke Solo Balapan? Karena kita lihat orang Jakarta yang (mudik) di Jawa Barat dan Jawa Tengah itu banyak, dan biasanya kota tujuannya itu Yogya, Solo,” kata dia.

Kesiapan KAI

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo menyebut pihaknya telah mempersiapkan sarana prasarana mudik lebara 2022 ini. Terlebih, mengantisipasi lonjakan pemudik setelah dua tahun tak pulang kampung.

“Kita telah siapkan selama dua tahun kita tidak mudik, dan mudik tahun ini berbeda karena kita saat ini harus menjaga kesehatan kita, karena untuk disiplin dan persisten, sesuai dengan surat edarat Satgas (Penanganan Covid) maupun surat edaran Kemenhub,” katanya.

“Kesiapan kita yang lain adalah dengan perawatan prasarana yang terus dilakukan, itu dilakukan ramp check, bersama juga dengan Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, kita sebelum bulan puasa kita cek seluruh lintas melalui utara hingga Surabaya dan Banyuwangi,” imbuh dia.

 


Tiket Masih Tersedia

Mudik Lebih Awal di Stasiun Pasar Senen
Perbesar
Mudik Lebih Awal di Stasiun Pasar Senen

Sebelumnya, Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa menyatakan, pada periode mudik kali ini, pihaknya memprogramkan KA jarak jauh sebanyak 61 perjalanan kereta per hari, dengan kapasitas tempat duduk 35.700 per hari yaitu 15.900 Stasiun Gambir dan 19.800 Pasar Senen.

"Sampai dengan 24 April, dari area Daop 1 Jakarta seperti Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bekasi, Cikarang, Karawang dan Cikampek sebanyak 289.500 tiket KA Jarak Jauh telah terjual untuk keberangkatan pra Lebaran periode 22 April sampai dengan 1 Mei dengan okupansi 81 persen dari total tiket," jelas Eva. 

"Masih terdapat tiket pada periode pra Lebaran untuk keberangkatan dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen dengan tujuan berbagai kota. Adapun mayoritas tanggal keberangkatan yang masih tersedia untuk tanggal 24 sampai dengan 26 April 2022," tambah Eva dalam keterangannya, Minggu (24/4/2022).

Infografis Ragam Tanggapan Vaksin Booster Jadi Syarat Mudik Lebaran 2022. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis Ragam Tanggapan Vaksin Booster Jadi Syarat Mudik Lebaran 2022. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya