Sukses

Kenalan dengan Miliarder Pavel Durov, Pendiri Facebook ala Rusia dan Telegram Berharta USD 15 Miliar

Miliarder Pavel Durov pernah dipecat dan meninggalkan negaranya.

Liputan6.com, Jakarta Pavel Durov merupakan salah satu miliarder teknologi yang telah mendirikan Telegram dan VK. Lelaki yang kini berusia 37 tahun itu dijuluki sebagai ‘Mark Zuckerberg Rusia”.

Durov berhasil mendirikan jejaring sosial VK bersama saudaranya Nikolai. Pada saat itu, dia mendirikan usaha tersebut sebelum dipecat sebagai CEO.

Tidak hanya VK, Durov pun sukses menciptakan sebuah aplikasi yang dapat mengirimkan pesan terenkripsi Telegram.

Jadi, dialah orang di balik Telegram yang kini aplikasinya mungkin banyak digunakan oleh masyarakat di hampir seluruh negara di dunia.

Untuk mengenalnya lebih jauh, berikut ini beberapa fakta dari seorang Pavel Durov pendiri Telegram seperti melansir South China Morning Post, Selasa (26/4/2022).

1. Menciptakan bahasa Rusia yang setara dengan Facebook

Durov lahir di Saint Petersburg, Rusia. Karenanya, dia lulusan dari Universitas Negeri Saint Petersburg pada tahun 2006.

Pada tahun yang sama ketika lulus, ia mendirikan situs jejaring sosial Vkontakte bersama kakak laki-lakinya Nikolai.

Kemudian dikenal hanya sebagai VK, platform media sosial dengan cepat dikenal sebagai Facebook Rusia, dengan pendirinya digambarkan sebagai mitra Rusia untuk Mark Zuckerberg.

Meskipun dia telah meninggalkan jejaring sosial dan menekuni pembuatan aplikasi perpesanan Telegram, saat dia terlibat dengan VK, dia mampu bernilai sekitar USD USD 3 miliar.

Menurut Visual Capitalist, pada tahun 2021, VK adalah situs web ke-19 yang paling banyak dikunjungi di planet ini karena telah digunakan oleh sekitar 1,8 miliar pengguna aktif setiap bulan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Dipecat sebagai CEO dan meninggalkan tanah airnya

Salah satu hal yang paling terkenal dari Durov adalah fokusnya yang jelas pada keamanan dan privasi data penggunanya.

Faktanya, komitmennya yang tak tergoyahkan untuk melindungi privasi pengguna akhirnya menyebabkan dia dipaksa untuk meninggalkan posisinya di VK dan harus meninggalkan Rusia.

Kembali pada tahun 2013, saat masih menjadi CEO VK, Durov menolak memberikan data pribadi dan pengguna VK Ukraina kepada badan keamanan Rusia.

Dalam sebuah postingan baru-baru ini di saluran Telegram pribadinya, dia menyatakan dukungannya untuk para korban konflik di Ukraina.

“ … badan keamanan Rusia FSB menuntut agar saya memberi mereka data pribadi pengguna VK Ukraina yang memprotes presiden pro-Rusia. Saya menolak untuk memenuhi tuntutan ini, karena itu berarti pengkhianatan terhadap pengguna Ukraina kami. Setelah itu, saya dipecat dari perusahaan yang saya dirikan dan terpaksa meninggalkan Rusia. Saya kehilangan perusahaan dan rumah saya, tetapi akan melakukannya lagi – tanpa ragu-ragu,” katanya.

 

3. Ganti kewarganegaraan

Setelah melarikan diri dari negara kelahirannya, melalui investasi sebesar USD 250.000, Durov mendapatkan kewarganegaraan negara kepulauan Karibia Saint Kitts dan Nevis.

Ini memungkinkan dia untuk fokus pada proyek berikutnya dan melihat pengusaha teknologi menjalani gaya hidup yang relatif nomaden. Menurut Forbes, dia akhirnya mendarat di Dubai yang menjadi tempat tinggalnya saat ini.

Durov tidak hanya memperoleh kewarganegaraan Kittitian, tetapi diumumkan pada tahun 2021 bahwa miliarder kelahiran Rusia itu juga telah diberikan kewarganegaraan Prancis.

Selain statusnya sebagai warga dunia, Durov juga dikenal menggembar-gemborkan gaya hidup asketisnya.

Pada tahun 2017, pada hari ulang tahunnya yang ke-33, pendiri VK membagikan daftar semua hal yang telah dia korbankan untuk memberi manfaat bagi kesehatan dan kebugaran fisik, mental dan spiritualnya di halaman pribadinya. Ini termasuk alkohol, nikotin, obat-obatan, kafein, makanan cepat saji, gula dan televisi.

 

 

3 dari 3 halaman

4. Membangun Telegram

Setelah dia terpaksa meninggalkan perusahaan yang dia bangun dan negara tempat dia tinggal, Durov mengalihkan perhatiannya ke proyek baru, aplikasi pesan terenkripsi Telegram.

Pertama kali diluncurkan pada tahun 2013, Telegram terkenal dengan janjinya yang teguh untuk melindungi privasi dan integritas data penggunanya. Sejak diluncurkan hampir satu dekade lalu, Telegram telah berkembang pesat, berhasil berkembang menjadi salah satu layanan pesan terbesar di dunia.

Dua tahun terakhir Telegram dinobatkan sebagai aplikasi dengan pertumbuhan tercepat di tahun 2021. Selain itu, juga terlihat tonggak sejarah yang mengesankan dengan memiliki 70 juta pengguna baru bergabung dengan layanan dalam satu hari di bulan Oktober 2021.

5. Berharta USD 15 miliar

Sebagian besar karena kesuksesan Telegram yang fenomenal, Forbes mencatat kekayaan bersih Durov mencapai USD 15 miliar. Kekayaan pribadi yang mengejutkan ini menjadikan pengembang aplikasi dan pelopor teknologi itu sebagai orang terkaya ke-112 di dunia pada tahun 2021.

Adapun penghargaan tambahan, dia juga berhasil dinobatkan oleh majalah Fortune sebagai salah satu orang paling berpengaruh tahun 2018 dalam bisnis di bawah usia 40 tahun dan dipilih untuk bergabung dengan program Pemimpin Muda Global Forum Ekonomi Dunia.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.