Sukses

Dibuka Fungsional Buat Mudik 2022, Kapan Tol Japek II Selatan Beroperasi Penuh?

Pasca arus balik mudik Lebaran tahun ini, jalan Tol Japek II Selatan tersebut akan kembali ditutup untuk dilanjutkan pengerjaan.

Liputan6.com, Jakarta - Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan (Tol Japek II Selatan) untuk rute Simpang Susun (SS) Sadang ke Kutanegara rencana bakal dibuka fungsional pada arus balik mudik Lebaran 2022 ini. Rencananya, rute awal tersebut bakal bisa dioperasikan pada 2022 ini.

"Ini akan kami selesaikan dulu. Targetnya kami akan operasionalkan di tahun ini untuk SS Sadang-Kutanegara," ujar Direktur Utama PT Jasamarga Japek Selatan (JJS) Charles Lendra di proyek SS Kutanegara, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Senin (25/2/2022).

Namun, Charles belum bisa memastikan lebih detil tanggal berapa ruas awal Jalan Tol Japek II Selatan ini bisa dilalui secara operasional. Pasca arus balik mudik Lebaran tahun ini, jalan tol tersebut akan kembali ditutup untuk dilanjutkan pengerjaan.

Adapun ruas SS Sadang-Kutanegara sepanjang 8,5 km masuk ke dalam Paket 3 Proyek Tol Japek II Selatan. Paket di ujung timur yang menghubungkan SS Sadang hingga Tamansari ini memiliki panjang total 27,85 km.

Charles mengabarkan, pengerjaan Paket 3 sendiri saat ini masih terlilit kendala pembebasan lahan yang mencapai sekitar 97 persen. "Itu kan Paket 3 tinggal 2 persen (lebih). Tinggal sisa-sisa tanah wakaf. Ada beberapa bidang tanah lagi lah," jelasnya.

Untuk keseluruhan proyek Tol Japek II Selatan, saat ini tanah yang sudah terbebas baru 56 persen. Pengerjaannya kini berfokus pada Paket 2 dan 3 (SS Sadang-SS Setu), yang ditargetkan bisa beroperasi 2024 mendatang.

"Mungkin dari Sadang sampai Setu, Paket 2 dan 3 dulu nih. Paket 1 kan ada penundaan untuk tanda tangannya dulu. Sadang-Setu mungkin awal 2024 lah," pungkas Charles.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dibuka Gratis

Guna mengantisipasi kepadatan saat arus balik pada periode mudik Lebaran 2022, PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui anak usaha PT Jasamarga Japek Selatan (JJS) akan membuka Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan secara gratis.

Ruas Tol Japek II Selatan yang akan dioperasikan secara fungsional, yakni dari Simpang Susun (SS) Sadang hingga SS Kutanegara sepanjang 8,5 km. Jalur ini bakal dibuka satu lajur untuk satu arah dari Tol Cipularang ke arah Jakarta saat arus balik mudik.

Direktur Utama PT JJS Charles Lendra memastikan, Jalan Tol Japek II Selatan ruas SS Sadang-Kutanegara kini telah siap dilalui untuk arus mudik dan balik Lebaran 2022.

"Untuk ini kami prediksi 5.200 kendaraan per jam (kapasitas Tol Japek II Selatan dari SS Sadang ke Kurtanegara)," ujar dia di saat meninjau proyek di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Senin (25/4/2022).

 

3 dari 3 halaman

Rest Area

Di sisi lain, Charles pun menjamin ketersediaan toilet dan kebutuhan BBM bagi para pemudik, meskipun tak ada rest area dan SPBU di ruas tol tersebut.

"Nanti di tengah-tengah ruas ada toilet portabel, kami persiapkan kalau memang pengguna jalan memerlukan. Juga mungkin kebutuhan yang lain seperti BBM, nanti ada petugas yang membantu," ungkapnya.

Adapun selama arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri tahun ini, PT Pertamina (Persero) turut membantu ketersediaan BBM melalui fasilitas motoris, petugas berkendaraan sepeda motor yang akan menjemput bola ketika ada kendaraan kehabisan bensin.

Dengan menghubungi call center Pertamina 135 dan memberikan lokasinya, motoris segera bergerak untuk menyuplai BBM. Total, perseroan menyediakan sekitar 200 motoris di sepanjang tol Sumatera dan Jawa selama arus mudik dan balik.

Pertamina juga akan menyiapkan stok tambahan dalam mobil tangki yang terisi penuh dan ditempatkan di beberapa titik SPBU yang berpotensi adanya lonjakan kebutuhan. Jumlahnya sebanyak 57 unit yang berada baik di Tol Trans Jawa maupun luar Tol Trans Jawa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.