Sukses

Siaga 24 Jam saat Arus Balik Lebaran, Tol Japek II Selatan Aman Dilalui Malam Hari

Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan atau Tol Japek II Selatan dipastikan siap digunakan mendukung kelancaran arus balik mudik Lebaran 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan atau Tol Japek II Selatan dipastikan siap digunakan mendukung kelancaran arus balik mudik Lebaran 2022. Tol tersebut akan dibuka dari arah Bandung (Tol Cipularang) menuju Jakarta saat terjadi kepadatan di Tol Jakarta-Cikampek eksisting.

Direktur Utama PT Jasamarga Japek Selatan (JJS) Charles Lendra mengatakan, pihaknya telah mempersiapkan sejumlah fasilitas agar Tol Japek II Selatan bisa mengawal pergerakan balik mudik seharian full.

"Untuk jalur fungsional sudah siap ya 24 jam, mau pagi, siang, malam pun kami siap. Tapi kami tidak membuka 2 lajur full, dikhawatirkan akan terjadi botle neck, saat keluar di SS Kutanegara," ujar dia di SS Sadang, Kabupaten Purwakarta, Senin (25/4/2022).

Charles menerangkan, nantinya di sepanjang 8,5 km ruas tol setidaknya akan diberikan 3 titik lampu penerangan. Itu agar memudahkan pengendara dalam melintasi jalur tersebut pada malam hari.

"Penerangan akan dipasang di awal akses masuk, area gerbang tol dan area mau keluar jalan tol," jelas dia.

Di samping, PT JJS juga bakal menyiapkan cone untuk menuntun pemudik mulai dari memasuki jalan fungsional di SS Sadang hingga keluar ke SS Kutanegara.

"Sepanjang perjalanan pemudik akan dipandu dengan tolo-tolo yang reflektif di kiri dan kanan jalan," imbuh Charles.

Adapun ruas Tol Japek II Selatan ruas SS Sampang-Kutanegara bakal difungsikan untuk mendukung kelancaran arus balik Lebaran dari arah Bandung menuju Jakarta. Bila terjadi kepadatan pada ruas Tol Purbaleunyi, maka pemudik bisa langsung masuk ke jalur fungsional tersebut pada Km 66.

Selanjutnya, pengendara bisa menyusuri jalur sepanjang 8,5 km untuk disambung ke jalan industri sepanjang 15 km di wilayah Kutanegara. Pemudik kemudian bisa lanjut memasuki ruas Tol Jakarta-Cikampek di Gerbang Tol (GT) Karawang Timur Km 54.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tol Japek II Selatan Dioperasikan Fungsional Saat Mudik Lebaran 2022, Hanya untuk Kendaraan Kecil

Sebelumnya, PT Jasamarga Japek Selatan (JJS), anak usaha dari PT Jasa Marga (Persero) Tbk, akan mengoperasikan secara fungsional Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan pada periode mudik Lebaran 2022. Pengoperasional secara fungsional ini mulai dari Simpang Susun (SS) Sadang hingga Kutanegara sepanjang 8,5 Km.

Direktur Utama Jasamarga Japek Selatan Charles Lendra menjelaskan, bahwa PT Jasamarga Japek Selatan siap mengoperasikan jalur fungsional Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan mulai dari Sta 62+000 hingga Sta 53+500.

Jalur ini akan menjadi alternatif pengguna jalan pada periode arus mudik dan balik, tepatnya dari Jalan Tol Cileunyi-Purwakarta-Padalarang (Cipularang) menuju Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta.

Menurutnya, Pada periode arus balik, jalur fungsional ini nantinya akan membantu mengurangi kepadatan di SS Dawuan Km 67 yang merupakan titik pertemuan lalu lintas dari arah Bandung dan sekitarnya yang melewati Jalan Tol Cipularang serta lalu lintas dari arah Trans Jawa yang melewati Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

"Untuk itulah waktu pengoperasian jalur fungsional ini nantinya mengikuti diskresi Kepolisian dengan melihat situasi lalu lintas terkini,” terang Charles dikutip dari Antara, Jumat (22/4/2022).

 

3 dari 3 halaman

Jalur Alternatif

Sementara itu, untuk periode arus mudik, jalur fungsional Jalan Tol Japek II Selatan juga merupakan salah satu alternatif pengguna jalan dari arah Bandung menuju Jakarta pada saat diberlakukannya rekayasa lalu lintas one way arus mudik oleh pihak Kepolisian.

Pengoperasian fungsional ini bertujuan untuk mendukung pelayanan arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1443 H, yang pada implementasinya dioperasikan sesuai diskresi Kepolisian.

“Ketika one way diberlakukan pada arus mudik, maka jalur fungsional ini sesuai diskresi Kepolisian nantinya bisa diakses oleh pengguna jalan yang menuju arah Jakarta, melanjutkan perjalanan melalui jalan non tol,” kata Charles.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.