Sukses

Jelang Mudik Lebaran 2022, Okupansi Pesawat 100 Persen dan Pergerakan Penerbangan Naik

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menghimbau masyarakat melakukan mudik Lebaran 2022 lebih awal.

Liputan6.com, Jakarta Pergerakan penumpang di bandara kelolaan PT Angkasa Pura II mulai meningkat pada periode Angkutan Lebaran 2022. Peningkatan pergerakan penumpang jelang mudik lebaran terjadi sejak 22 April 2022 atau H-10 Lebaran.

Kenaikan ini diungkapkan langsung Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat melakukan inspeksi ke Bandara Soekarno-Hatta pada hari ini, Minggu 24 April 2022.

Dia pun menghimbau masyarakat mengikuti anjuran pemerintah untuk mudik lebih awal.

“Sebelumnya pergerakan pesawat di Bandara Soekarno Hatta sekitar 600 pergerakan pesawat per hari. Tetapi dua hari ini sudah meningkat menjadi 900 pergerakan per harinya. Okupansi kursi pesawat sudah mendekati 100 persen. Ini berarti anjuran mudik lebih awal sudah dilakukan,” jelas Menhub, Senin (25/4/2022).

Di tempat yang sama, President Director AP II Muhammad Awaluddin mengatakan, pada H-10 Lebaran atau 22 April 2022, jumlah pergerakan penumpang pesawat di 20 bandara AP II secara kumulatif mencapai sekitar 160.000 penumpang.

"Dari jumlah tersebut pergerakan sebanyak 110.000 penumpang ada di Bandara Soekarno-Hatta,” jelas Muhammad Awaluddin.

Adapun pergerakan penumpang pesawat terbang di bandara kelolaan AP II pada 22 April yang mencapai 160.000 penumpang itu lebih tinggi 14 persen dibandingkan dengan rata-rata harian pergerakan penumpang pada Maret 2022 yang sekitar 140.000 penumpang per hari.

Muhammad Awaluddin mengatakan puncak arus mudik di bandara-bandara AP II diperkirakan pada 30 April 202.

Jumlahnya dengan jumlah pergerakan penumpang sebanyak 180.000 penumpang, di mana pergerakan sebanyak 120.000 penumpang ada di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mudik Lebih Awal

AP II saat ini mengelola 20 bandara, yakni Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang), Halim Perdanakusuma (Jakarta), Kualanamu (Medan), Supadio (Pontianak), Minangkabau (Padang), Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang), Sultan Syarif Kasim II (Pekanbaru), Husein Sastranegara (Bandung), Sultan Iskandar Muda (Banda Aceh), Raja Haji Fisabilillah (Tanjungpinang).

Kemudian Sultan Thaha (Jambi), Depati Amir (Pangkal Pinang), Silangit (Tapanuli Utara), Kertajati (Majalengka), Banyuwangi (Banyuwangi), Tjilik Riwut (Palangkaraya), Radin Inten II (Lampung), H.A.S Hanandjoeddin (Tanjung Pandan), Fatmawati Soekarno (Bengkulu), dan Jenderal Besar Soedirman (Purbalingga).

Sejalan dengan peningkatan lalu lintas penerbangan, AP II dan stakeholder memastikan kesiapan seluruh sumber daya untuk menjaga standar tinggi dalam keamanan, keselamatan dan pelayanan serta pemenuhan regulasi termasuk terkait protokol kesehatan.

“AP II juga selalu mengimbau agar masyarakat dapat melakukan mudik lebih awal agar keberangkatan penerbangan dapat terdistribusi dengan baik, atau tidak terkonsentrasi di waktu-waktu tertentu,” jelas Muhammad Awaluddin.

Direktur Utama AirNav Indonesia Polana B. Pramesti menuturkan pergerakan pesawat di Bandara Soekarno-Hatta sudah mendekati normal di mana pada periode Angleb 2022 telah mencapai sekitar 900/hari, sementara kondisi normal sebelum pandemi berkisar 1.100 - 1.200/hari.

Komandan Satgas Udara Penanganan COVID-19 Kolonel TNI AU Agus Listiono mengatakan pemudik dengan pesawat udara harus memperhatikan persyaratan-persyaratan atau protokol kesehatan yang harus dipenuhi sebelum melakukan penerbangan, baik untuk rute domestik maupun rute luar negeri.

 

3 dari 3 halaman

Lampaui 2019, Penumpang Pesawat di Puncak Mudik Bisa Capai 1.300 per Hari

Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Novie Riyanto memprediksi, pergerakan penumpang pesawat jelang Lebaran 2022 akan terus mengalami peningkatan hingga hari puncak mudik. Jumlahnya bahkan bisa lebih tinggi daripada angka rata-rata di musim mudik 2019.

Hal itu disampaikannya saat mendampingi Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan inspeksi ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Banten, Minggu (24/4/2022).

"Pada mudik lebaran 2019 perharinya bisa sekita 1.200 penumpang, sekarang sudah 900 penumpang. Diprediksi jelang lebaran bisa mencapai 1.200 sampai 1.300 penumpang per hari," ujar Novie.

Ia menambahkan, dengan meningkatnya jumlah penumpang, sejumlah maskapai sudah melakukan permintaan untuk mengadakan extra flight. Selain itu, untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, telah dilakukan optimalisasi operasional bandara dari sebelumnya 12 jam menjadi 18-24 jam.

Menurut proyeksi Kementerian Perhubungan, diprediksi sebanyak 8,9 juta orang akan mudik menggunakan pesawat atau sekitar 10 persen dari total pemudik yang diprediksi mencapai 85,5 juta orang.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.