Sukses

Sidak SPBU Pertamina, Erick Thohir Dapat Keluhan Antrian Solar

Menteri BUMN Erick Thohir terus memastikan kesiapan BBM dari PT Pertamina (Persero) dalam menjamin mudik lebaran 2022.

Liputan6.com, Jakarta Menteri BUMN Erick Thohir terus memastikan kesiapan BBM dari PT Pertamina (Persero) dalam menjamin mudik lebaran 2022.

Kali ini, Erick Thohir kembali melakukan sidak di sebuah SPBU Pertamina, yaitu SPBU Pertamina Laswi, Bandung, Jawa Barat.

Di SPBU, Erick Thohir melakukan pengecekan pasokan solar hingga Pertalite. Ditemani petugas SPBU perempuan, Erick Thohir berkeliling area SPBU, bahkan sempat berbincang dengan sopir truk yang tengah mengisi solar.

"Antirannya (solar) terkadang masih panjang, pak," kata sopir truk pembawa sembako kepada Erick Thohir, dikutip dari videonya, Minggu (24/4/2022).

Mendapat keluhan ini, Erick Thohir langsung menjawab upaya yang dilakukan pemerintah.

"Pemerintah tetap berusaha kuota maksimal, tidak boleh kehabisan, kita jaga," jawab Erick Thohir.

"Jadi aman. Jadi sudah di cek, stok Solar aman, Pertalite aman, karena kita pastiin unutk mudik," tegas Erick Thohir.

Apa yang dilakukan di SPBU Pertamina Laswi ini langsung diapresiasi Erick Thohir. Hal itu terbukti dari caption unggahan di instagramnya.

"Kami memastikan stok BBM @pertamina tersedia, apalagi menjelang pekan mudik lebaran. SPBU Pertamina Laswi patut dijadikan contoh bagi SPBU lain: ketersediaan BBM aman, toilet bersih dan gratis. Ditambah lagi staf yang baik dan ramah melayani masyarakat," tulisnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Konsumsi BBM Diramal Naik 29 Persen saat Puncak Arus Mudik Lebaran 2022

PT Pertamina (Persero) memproyeksikan kenaikan konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) mencapai 29 persen pada puncak arus mudik Lebaran Idulfitri 2022 dari rata-rata konsumsi harian. Puncak arus mudik sendiri diprediksi jatuh yang pada tanggal 29 sampai 30 April mendatang.

"Di tanggal tersebut kita perkirakan akan ada kenaikan kebutuhan hingga 29 persen dari rata-rata, terutama gasolin," kata Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati dalam keterangannya, Jumat (22/4).

Sementara itu untuk konsumsi BBM jenis Solar justru diprediksi akan mengalami penurunan. Menyusul, adanya kebijakan larangan operasional moda truk saat mendekati puncak arus mudik Lebaran 2022.

"Kalau solar justru menurun, karena mulai tanggal H-5 sudah tidak boleh beroperasi di jalan tol," bebernya.

Nicke memastikan stok BBM sendiri mencukupi selama arus mudik berlangsung.Menurutnya, posisi stok solar dan gasolin saat ini tersedia untuk 23 hari.

 

3 dari 4 halaman

SPBU Modular

Sesuai arahan Menteri ESDM untuk menyediakan BBM bagi pemudik, Pertamina telah memasok SPBU modular (Pertashop) di beberapa rest area yang belum memiliki SPBU.

"Kita sudah melihat-lihat rest-rest area yang belum ada SPBUnya kita sudah tambah dispenser-dispenser, pertashop-pertashop kita tempatkan di sana sehingga sekarang semua rest area ada SPBUnya," jelas Nicke.

Fasilitas lain yang disediakan Pertamina lainnya adalah motoris, petugas berkendaraan sepeda motor yang akan menjemput bola ketika ada kendaraan kehabisan bensin. Dengan menghubungi call center Pertamina 135 dan memberikan lokasinya, motoris segera bergerak untuk menyuplai BBM.

"Kita menyediakan 200 motoris sepanjang jalan tol Sumatera dan Jawa selama masa arus mudik dan balik libur lebaran," tutup Nicke.

4 dari 4 halaman

Konsumsi BBM Diprediksi Tambah 10-15 Persen

Sebelumnya, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengatakan konsumsi BBM selama masa mudik Lebaran 2022 diperkirakan meningkat 10-15 persen dari tahun 2019, sehingga Pertamina perlu menyiapkan pelayanan.

"Peningkatan konsumsi BBM diperkirakan 10-15 persen, dari masa mudik Lebaran 2019," kata Menteri Tasrif saat mengecek kesiapan SPBU di Tol Kanci-Pejagan KM 228 melansir Antara di Cirebon, Kamis (21/4/2022).

Tasrif mengatakan, dengan perkiraan itu maka pihaknya perlu memastikan kesiapan Pertamina. Setelah dilakukan pengecekan di beberapa SPBU di jalur tol Trans Jawa, lanjut Tasrif, maka dipastikan Pertamina sudah siap untuk mencukupi kebutuhan para pemudik dan masyarakat.

BBM jenis Pertalite, Solar, Pertamax, dan lainnya, semua sudah siap dan bahkan diperkirakan bisa mencukupi sampai masa Lebaran 2022 berakhir.

"Kita pastikan Pertamina bisa menyediakan BBM selama masa arus mudik Lebaran 2022," tuturnya.

Menurut dia, selain penyediaan BBM, PT Pertamina juga telah menyiapkan pendistribusiannya agar bisa memenuhi kebutuhan para pemudik.

Ada beberapa tempat istirahat yang sebelumnya tidak terdapat SPBU, kini sudah disiapkan BBM di tempat tersebut.

"Yang jelas pelayanan kami akan ekstra, bahkan ada motoris pengisi BBM yang disiapkan," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.