Sukses

Pergerakan Pesawat Bandara Soetta Tembus 900 Sehari, Bukti Masyarakat Mudik Awal

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi girang, lantaran masyarakat ikuti imbauan pemerintah untuk mudik Lebaran 2022 lebih awal.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi girang, lantaran masyarakat ikuti imbauan pemerintah untuk mudik Lebaran 2022 lebih awal.

Hal itu terlihat dari meningkatnya pergerakan penumpang dan pesawat di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang yang sudah dimulai pada 22 April kemarin.

"Saya senang sekali hari ini, karena apa, jumlah pergerakan pesawat yang tadinya rata-rata 600 take of landing dalam satu hari, pada 22 April lalu mencapai 900an lebih. Ini berarti anjuran mudik lebih awal itu dilakukan oleh masyarakat," ungkap Menhub Budi Karya Sumadi, saat ditemui di Terminal 1 Bandara Soetta, Minggu (24/4/2022).

Pasalnya, masyarakat beranggapan bila berangkat mudik lebaran lebih awal ongkos yang dikeluarkan pun jauh lebih murah. Sebab, bila pilihannya berangkat pada diatas tanggal 25 April, harga tiket yang dikeluarkan pun lebih mahal.

"Dalam beberapa wawancara dengan yang mudik, memang mereka mengaku mudik lebih awal karena tarifnya lebih murah, karena kalau pesan tanggal 28 (April) ke atas, sudah enggak dapat mereka," jelas Menhub Budi Karya.

Lalu, yang lebih mengembirakan lagi, lanjut Menhub, tingkat okupansi atau keterisian pesawat di musim Mudik Lebaran 2022 ini, hampir mendekati 100 persen. Dan jumlah tersebut akan terus naik mendekati puncak arus mudik dan balik lebaran.

"InsyaAllah ini berjalan dengan baik, anjuran mudik lebih awal dilakukan, jadi penerbangan semakin baik," ungkapnya.

Dia pun berpesan kepada petugas yang melayani penumpang pesawat agar tetap memperhatikan kenyaman penumpang. Seperti memberikan sikap sopan, gestur ramah, namun tetap memperlihatkan ketegasan. (Pramita Tristiawati)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menhub Pimpin Apel Gelar Pasukan Angkutan Lebaran 2022 di Bandara Soetta

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumardi pimpin Apel Gelar Pasukan Angkutan Lebaran 2022 di Terminal 1 Bandara Internasional Soekarno Hatta, Minggu (24/4/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Menhub Budi melihat adanya lonjakan penumpang yang menggunakan pesawat untuk mudik Lebaran. Hal ini, lanjutnya, menandakan dua hal. Pertama, telah berkurangnya masyarakat yang terpapar Covid-19 dan kebangkitan ekonomi di tanah air.

"Olehkarenanya, Pak Presiden berpesan kepada kami menteri-menterinya, agar melaksanakan mudik tahun 2022 dengan aman dan sehat," kata Menhub Budi.

Meski begitu, Menhub Budi mengakui bila perjalanan mudik kali ini tidaklah mudah. Sebab, dari tiga kali riset yang dilakukan pemerintah, diperkirakan akan ada 85 juta masyarakat yang berangkat mudik ke kampung halaman masing-masing.

"Makanya, harus memperhatikan berbagai sisi. Suatu keharusan melayani dengan baik, dengan aman dan nyaman. Maskapai mempersiapkan sebaik-baiknya armada, petugasnya," kata Menhub.

3 dari 3 halaman

Pesan ke Petugas

Dia pun berpesan kepada petugas yang melayani penumpang pesawat agar tetap memperhatikan kenyaman penumpang. Seperti memberikan sikap sopan, gestur ramah, namun tetap memperlihatkan ketegasan.

Setelah memberikan amanatnya, Menhub Budi Karya Sumadi pun meninjau satu persatu kesiapan perwakilan petugas. Mulai dari manajemen bandara PT Angkasa Pura II, Avsec, BMKG, Basarnas, Polisi dan TNI, dsn stakeholder lainnya.

"Saya juga akan lakukan ramp check ke dalam, untuk melihat langsung kesiapan maskapai," ujar Menhub.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.