KKP Lanjutkan Kerja Sama Bilateral Sektor Perikanan Indonesia-Jepang

Oleh Arief Rahman Hakim pada 22 Apr 2022, 21:15 WIB
Diperbarui 22 Apr 2022, 21:15 WIB
Direktur Pengelolaan Sumber Daya Ikan Ridwan Mulyana mendampingi  Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji (20/4/2022). (Dok KKP)
Perbesar
Direktur Pengelolaan Sumber Daya Ikan Ridwan Mulyana mendampingi Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji (20/4/2022). (Dok KKP)

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mendorong kelanjutan kerja sama antara Indonesia-Jepang. Salah satunya terkait pembangunan pelabuhan perikanan dan program prioritas lainnya.

Hal tersebut diungkapkan Direktur Pengelolaan Sumber Daya Ikan Ridwan Mulyana saat mendampingi kunjungan kerja Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji bersama Direktur Kepelabuhanan Perikanan dan Kepala Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Nizam Zachman.

Mewakili Direktur Jenderal Perikanan Tangkap, Ridwan menyampaikan rasa terima kasihnya atas dukungan Pemerintah Jepang melalui Japan International Cooperation Agency (JICA). Wujudnya dalam mendukung pembangunan pelabuhan perikanan di Indonesia melalui skema pembiayaan soft loan, khususnya di PPS Nizam Zachman Jakarta yang terakhir direhabilitasi pada 2012.

“Seiring dengan perjalanannya, kini permasalahan baru dihadapi oleh PPS Nizam Zachman Jakarta seperti penurunan permukaan tanah 10-12 cm per tahun, banjir rob serta terbatasnya daya tampung kolam pelabuhan dan dermaga untuk bongkar maupun tambat labuh. Di mana pada saat-saat tertentu seperti hari raya mencapai 800 unit kapal yang berlabuh,” ungkapnya mengutip keterangan resmi, Jumat (22/4/2022).

“Semoga kerja sama yang terjalin erat ini dapat terus berlanjut untuk dapat menata kembali kawasan PPS Nizam Zachman Jakarta sebagai pelabuhan perikanan terbesar di Indonesia dan menjadi pusat kegiatan ekonomi di bidang perikanan tangkap dan menjadi pusat industri perikanan berorientasi ekspor dan domestik yang berwawasan lingkungan,” jelas Ridwan.

Jumlah industri perikanan yang ada di PPS Nizam Zachman Jakarta kurang lebih sebanyak 114 perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan perikanan dan 70 di antaranya adalah cold storage.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Siap Mendukung

Direktur Pengelolaan Sumber Daya Ikan Ridwan Mulyana mendampingi  Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji (20/4/2022). (Dok KKP)
Perbesar
Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji mengatakan kesiapannya untuk mendukung kegiatan prioritas KKP.

Pada kesempatan yang sama Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji mengatakan kesiapannya untuk mendukung kegiatan prioritas KKP. Salah satunya pembangunan pelabuhan perikanan yang lebih baik sebagai pusat pendaratan ikan.

Melalui JICA, dukungan Pemerintah Jepang yang akan dilakukan yaitu melalui proyek Integrated of Fishing Ports and International Fish Markets (IFP-IFM).

Dalam kunjungannya ke PPS Nizam Zachman Jakarta, Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji juga berkesempatan meninjau menara kontrol untuk memantau kolam dan kapal perikanan di pelabuhan perikanan. Selain itu juga mengunjungi PT Maritim Nusantara Perkasa dan PT Gabungan Era Mandiri yang berada di kawasan PPS Nizam Zachman Jakarta.

Sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono telah beraudiensi dengan Duta Besar Jepang untuk Indonesia pada Februari lalu. Ia memastikan kerja sama Jepang dan Indonesia sejalan dengan prinsip ekonomi biru yang selama ini digaungkan oleh berbagai negara di dunia.

 


Dukungan Terhadap UMKM

Semester I 2018, Ekspor Perikanan Alami Peningkatan
Perbesar
KKP menggelar bimbingan teknis on boarding untuk 500 UMKM se-Indonesia, untuk dibekali materi manajemen finansial, branding hingga digital marketing.

Dalam rangka meningkatkan kapasitas usaha, mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk naik kelas, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menggelar bimbingan teknis on boarding untuk 500 UMKM se-Indonesia, untuk dibekali materi manajemen finansial, branding hingga digital marketing.

"Ini bagian dari gerakan Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan komitmen kita untuk meningkatkan kapasitas UMKM," jelas Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP), Artati Widiarti di kantornya, Kamis (21/4).

Artati mengungkapkan, sejak 24 Maret 2022 sudah dimulai bimbingan teknis on boarding Shopee Batch 1. Tak berhenti di kelas daring, hingga kini, masih terus dilakukan pendampingan secara intens terhadap UMKM yang mengikuti bimbingan teknis tersebut. Kemudian kegiatan Batch 2 dilakukan pada 12 April 2022.

"Dan tidak hanya dengan Shopee, 18 April 2022 sudah dilakukan juga bimbingan teknis digital marketing oleh Gojek," urainya.

 


Gandeng Agregator Logistik

KKP Dorong Ekspor Hasil Tangkap Ikan Nelayan Tradisional
Perbesar
KKP juga menggandeng aggregator logistik, Shipper pada program BBI kali ini.

Sementara Direktur Pemasaran Ditjen PDSPKP, Erwin Diwiyana memaparkan KKP juga menggandeng aggregator logistik, Shipper pada program BBI kali ini. Sebagai bentuk dukungan terhadap UMKM, Shipper sepakat untuk memberikan diskon terkait servis pergudangan serta logistik pengiriman barang.

Kemudian ada juga kerja sama dengan Yokker untuk melatih dan menyiapkan pembuatan website masing-masing UMKM yang terpilih di acara puncak BBI di Kalimantan Selatan pada Juli mendatang.

"Kami bersinergi dan berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk mendongkrak UMKM naik kelas," ujar Erwin.

Dalam kesempatan ini, Erwin memastikan program BBI menjadi salah satu bentuk keberpihakan KKP terhadap UMKM. Terlebih melalui program ini, UMKM tidak hanya diajari cara membuka toko, tetapi juga diberikan tips agar tokonya laris.

Semua usaha UMKM, baik kuliner, kerajinan/craft, ikan dan olahannya, serta produk UMKM lainnya terbuka untuk bergabung dalam program BBI.

"Ada beragam program mulai dari pelatihan tingkat dasar, menengah dan lanjut. Dan yang lolos akan dipromosikan secara nasional," urainya.

Infografis Naruhito Kaisar Baru Jepang
Perbesar
Infografis Naruhito Kaisar Baru Jepang
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya