Sukses

Dongkrak Ekonomi, Wapres Dukung Penggunaan Gas Bumi di Kawasan Wisata

Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin ingin kawasan wisata mendongkrak perekonomian masyarakat sekitar, dengan menggunakan energi bersih gas bumi sebagai bahan bakar.

Liputan6.com, Jakarta Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin ingin kawasan wisata mendongkrak perekonomian masyarakat sekitar, dengan menggunakan energi bersih gas bumi sebagai bahan bakar.

Ma'ruf mengatakan, sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pemerintah terus berupaya mengembangkan Destinasi Pariwisata Super Prioritas, salah satunya di Kawasan Borobudur. Dengan layanan kelas internasional dan menggunakan energi gas bumi yang ramah lingkungan.

“Gasblock di Balkondes PGN Karangrejo diharap mampu mendukung program tersebut. Apalagi Balkondes Karangrejo melibatkan masyarakat sekitar, sehingga juga bisa mendongkrak perekonomian desa,” kata Ma'ruf, di Jakarta, Jumat (22/4/2022).

Ma'ruf pun telah meninjau Balkondes PGN Karangrejo, Magelang Jawa Tengah pada Kamis (21/04/2022). Dia menyaksikan bagaimana sinergi antara badan usaha dalam hal ini PT PGN Tbk selaku Subholding Gas Pertamina, dengan masyarakat sekitar untuk mengembangkan destinasi wisata berbasis energi ramah lingkungan.

Balkondes PGN Karangrejo baru-baru ini memperkenalkan Gasblock sebagai ikon terbaru dari Balkondes Karangrejo. Tujuannya untuk mewujudkan interaksi dan kolaborasi energi baik gas bumi yang ramah lingkungan, serta Desa Energi PGN yang unik, asri, serta kaya akan budaya Indonesia.

Direktur Utama PGN M. Haryo Yunianto menyatakan pihaknya mendukung penuh program pemerintah dalam hal pengembangan ekonomi komunal di daerah wisata sesuai komitmen ESG Pertamina.

PGN berkomitmen mengembangkan desa energi Karangrejo yang bisa menjadi brenchmark desa sekitarnya sebagai desa yang berdaya, mandiri, sustainable dan ramah lingkungan.

Kolaborasi energi dan Balkondes PGN Karangrejo juga diwujudkan dalam lanskap keindahan bumi Borobudur dan pembangunan pipa gas sepanjang 3.900 meter untuk melayani 204 Sambungan Jaringan Gas Bumi Rumah Tangga warga sekitar balkondes. Tepatnya di Dusun Kretek dan Bumen.

Selanjutnya gas bumi juga digunakan sebagai energi untuk water heater homestay balkondes, meja obor beberapa lokasi, dan obor api abadi di beberapa titik.

“Nuansa alam dan kearifan lokal masyarakat sekitar sangat membantu dalam keberhasilan Balkondes PGN Karangrejo. Alhamdulillah, tahun 2021 Balkondes PGN Karangrejo mampu survive di masa pandemi COVID-19,” ujar Haryo.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Layanan Balkondes PGN Karangrejo

Layanan Balkondes PGN Karangrejo disiapkan untuk menopang destinasi prioritas Kawasan Borobudur. Pengelolaan Balkondes PGN Karangrejo tak lepas dari kolaborasi dengan warga sekitar, dimana saat ini Balkondes tersebut dikelola oleh 20 orang warga asli Karangrejo.

Menurut Kepala Desa Karangrejo, Muhamad Hely Rofikun, kehadiran Balkondes menjadi hal yang sangat penting dalam pengembangan ekonomi warga, di mana sebelum adanya Balkondes, kunjungan wisatawan hanya tertuju ke Candi Borobudur saja.

"Setelah Balkondes diresmikan pada tahun 2017, Alhamdulillah wisatawan mulai menyebar ke desa- desa di sekitar kawasan candi Borobudur dan bagi kami, Balkondes merupakan tonggak kebangkitan ekonomi desa. Selama tahun 2021 kemarin, keuntungan yang diperoleh mencapai sekitar Rp 200 juta," ujar Hely.

Dampak positif lainnya adalah penciptaan lapangan kerja baru yang langsung berhubungan dengan balkondes maupun UMKM yang juga mendapat berkah dari kehadiran Balkondes ini. Ada banyak produk buatan UMKM masyarakat Karangrejo yang ikut dipasarkan di Balkondes ini dan diminati oleh para wisatawan dan tamu penginapan. Mulai dari keripik, hingga gula aren.

 

3 dari 4 halaman

PGN Pasok Gas ke Kilang Tuban, Ini Untungnya Bagi Indonesia

Sebelumnya, Holding Migas Grup Pertamina bersinergi dalam akselerasi Proyek Strategis Nasional (PSN) dalam proyek Kilang, lewat kerjasama antara PT PGN Tbk sebagai Subholding Gas dan PT Pertamina Rosneft Pengolahan dan Petrokimia (PRPP) dalam penyediaan gas bumi Kilang Tuban.

Kerja sama ditandai dengan penandatanganan Head of Agreement (HOA) penyediaan gas bumi di Grass Root Refinery (GRR) Tuban. Dengan ini, PGN siap menyediakan infrastruktur pendukung untuk penjualan gas ke PRPP, baik melalui Land Based LNG Terminal maupun Pipeline & Stations.

Penandatanganan dilakukan oleh CEO Subholding Gas PT PGN Tbk M. Haryo Yunianto, President Director PRPP Reizaldi Gustino, dan Director of Finance & General Support PRPP Pavel Vagero, disaksikan oleh Direktur Utama PT Pertamina Nicke Widyawati dan Direktur Logistik& Infrastruktur PT Pertamina Mulyono.

Direktur Utama PT Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, keberhasilan proyek GRR Tuban nantinya memiliki nilai strategis bagi Pertamina dan Indonesia. Ini akan menjadi integrated refinery and petrochemical pertama di Indonesia.

GRR Tuban akan menghasilkan produk petrokimia yang saat ini masih didominasi oleh impor, sehingga akan menjadi salah satu langkah bagi Indonesia untuk memperbaiki neraca perdagangan dengan mengurangi impor petrochemical.

“Dengan kita sudah memproduksi petrochemical, maka ini menjadi strategi bisnis Pertamina dalam menghadapi transisi energi ke depan,” kata Nicke, Selasa (19/4/2022).

Nicke mengungkapkan, pembangunan integrated refinery petrochemical ini membutuhkan investasi yang besar. Pertamina berupaya untuk menurunkan investasi melalui integrasi. Dengan intergasi ini, beberapa fasilitas tidak perlu dibangun karena mengoptimalkan apa yang sudah dimiliki oleh Pertamina Group dan bisa menurunkan CAPEX.

“Dari sisi Pertamina Group, sinergi ini adalah sinergi yang harus saling menguntungkan. Kita akan menggunakan market price sebagai dasar mengambil keputusan dan competitiveness. Kita juga tetap berharap dapat mendorong efisiensi, karena pada akhirnya ketika efisiensi terjadi akan meningkatkan profitability dan dikonsolidasikan ke Pertamina Group. Ini langkah untuk membesarkan Pertamina Group lebih kuat ke depan,” ujar Nicke.

4 dari 4 halaman

Pembangunan GRR Tuban

Senada dengann Nicke, Direktur Logistik& Infrastruktur PT Pertamina Mulyono mengungkapkan bahwa pembangunan GRR Tuban mengedepankan efisiensi.

“Menurut kami ini sinergi yang luar biasa sekaligus untuk efisiensi dalam membangun pipa dari GRR Tuban ke TPPN sekitar 3 Km. Pembangunan pipa ini bisa mengurangi biaya pembangunan 3 Tank di GRR Tuban dan 2 jetty,” papar Mulyono

Direktur Utama Subholding Gas PT PGN Tbk M Haryo Yunianto mengungkapkan, dengan volume kebutuhan gas sebesar 227 BBTUD pada 2027, dan 351 BBTUD pada tahun 2028 sampai dengan 2046, PGN berkomitmen penuh sebagai agregator pemenuhan energi gas bumi ke GRR Tuban.

“Kami akan menindaklanjuti sesegera mungkin dalam perjanjian definitif dan saling support antar Subholding di Pertamina untuk mengakselerasi penyelesaian on track proyek GRR Tuban ini, sehingga memberikan manfaat bagi energi nasional dan menciptakan multiplier effect bagi perekonomian nasional,” imbuh Haryo.

GRR Tuban terletak sekitar 55 km dari Pipa Transmisi Gresik- Semarang (Gresem). Pipa Gresem terhubung dengan Pipa EJGP, Pipa Hulu di area Jatim, dan Pipa Kalija di Jawa Tengah, sehingga hal ini dapat dilakukan integrasi infrastruktur pipa dan LNG untuk menyalurkan gas ke Kilang Tuban.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.