Sukses

Penerbangan Jakarta-Lubuklinggau Kembali Dibuka Jelang Lebaran 2022

Walikota Lubuklinggau S.N Prana Putra Sohe menyampaikan terima kasih kepada Kemenhub dan pihak terkait, yang telah membuka kembali penerbangan dari dan ke Lubuklinggau.

Liputan6.com, Jakarta - Penerbangan Jakarta - Lubuklinggau kembali dibuka jelang Lebaran Idul Fitri 2022. Penerbangan ini tidak beroperasi akibat pandemi Covid-19. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi ikut dalam penerbangan perdana pembukaan kembali rute tersebut dari Bandara Soekarno Hatta menuju ke Bandara Silampari, Lubuklinggau, Sumatera Selatan.

Menhub Budi mengungkapkan, sempat berbincang dengan penumpang di dalam pesawat dan menanyakan tanggapan dari penumpang dengan dibukanya kembali rute penerbangan Jakarta-Lubuklinggau setiap hari PP.

“Mereka senang sekali, setelah sempat tidak beroperasi akibat pandemi. Tentu kita mengucap syukur Alhamdulillah dengan dibukanya kembali penerbangan ini, " ucap Budi Karya Sumadi, dalam keterangan tertulis, Jumat (22/4/2022).

Ia menilai Bandara Silampari, Lubuk Linggau menjadi penghubung beberapa Kabupaten di sekitarnya seperti: Musi Rawas, Musi Rawas Utara, Pagar Alam, Lahat, dan Muara Enim. “Kami terus berkomitmen menjaga konektivitas antar wilayah di Indonesia,” ujar Menhub.

Di sisi lain ia menyampaikan terima kasih kepada Walikota Lubuk Linggau, Bupati Musi Rawas, Bupati Musi Rawas Utara, beserta DPR RI yang telah mendukung dibukanya kembali penerbangan ini.

“Mari kita bersinergi bersama memajukan Sumatera Selatan,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Walikota Lubuk Linggau S.N Prana Putra Sohe menyampaikan terima kasih kepada Kemenhub dan pihak terkait, yang telah membuka kembali penerbangan dari dan ke Lubuk Linggau.

“Diharapkan pembukaan kembali penerbangan ini dapat memudahkan pergerakan masyarakat dan dapat menggeliatkan kembali perekonomian di Lubuk Linggau dan sekitarnya,” jelasnya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

155 Orang Penumpang

Sebagai informasi, pada penerbangan perdana hari ini, dilayani oleh Maskapai Penerbangan Batik Air rute Cengkareng-Lubuklinggau sebanyak 155 orang penumpang dan rute Lubuklinggau - Cengkareng sebanyak 111 orang penumpang. Sebelumnya, Bandara Silampari sempat tidak beroperasi sejak tanggal 30 Oktober 2021.

Dalam kunjungan kerjanya ke Lubuklinggau, Menhub juga meninjau pelaksanaan vaksinasi massal dan membagikan 500 paket sembako kepada masyarakat yang berada di panti asuhan binaan Masjid Agung As- Salam Lubuk Linggau.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Dirjen Perhubungan Udara Novie Riyanto, Bupati Musi Rawas Hj. Ratna Machmud, Bupati Musi Rawas Utara H. Devi Suhartoni, anggota Komisi V DPR RI Eddy Santana Putra, dan anggota DPD RI Giri Ramanda N. Kiemas.

 

3 dari 3 halaman

11 Rute Internasional AirAsia Kembali Beroperasi di Libur Lebaran, Cek Daftarnya

Sebelumnya, Menyambut musim mudik dan libur lebaran Idul Fitri 1443 H, AirAsia memperbanyak kapasitas ketersediaan kursi dengan menambah frekuensi penerbangan serta mengaktifkan kembali operasional 11 rute internasional tambahan yang menghubungkan lebih banyak kota di Indonesia dengan beberapa kota di Malaysia, Singapura, Thailand dan Australia.

"Kami sangat berterima kasih kepada pemerintah dan otoritas penerbangan di Indonesia dan negara-negara di Asia Tenggara dan Australia yang terus mendukung kebangkitan transportasi udara di wilayahnya. Terutama dengan relaksasi persyaratan perjalanan internasional, penghapusan karantina bagi pelaku perjalanan yang sudah divaksin penuh dan booster, serta kemudahan bebas visa, selain dari pengaktifan kembali beberapa bandara internasional," kata Direktur Utama AirAsia Indonesia, Veranita Yosephine dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (22/4/2022).

"Kebijakan ini secara signifikan telah meningkatkan minat masyarakat internasional untuk berwisata ke Indonesia dan sebaliknya memudahkan kunjungan masyarakat Indonesia ke luar negeri dalam rangka bisnis, yang kami yakin akan berdampak eksponensial terhadap percepatan pemulihan perekonomian Indonesia.," lanjut dia.

Untuk merespon hal ini, grup maskapai AirAsia dengan bersemangat kembali memperkuat konektivitasnya di Indonesia melalui penambahan frekuensi penerbangan serta reaktivasi 11 rute internasional yang secara signifikan akan menambah kapasitas jumlah ketersediaan kursi AirAsia dari dan ke Indonesia menjadi lebih dari 48 ribu kursi per minggu.

"Inilah peran yang dapat kami lakukan sebagai salah satu stakeholder utama pariwisata Indonesia dan kawasan Asia Tenggara yang kami harapkan dapat terus berkontribusi positif dan dapat kami jalankan dengan lebih baik kedepannya," tutur dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.