Sukses

PT KAI Akui Penumpang Kereta Belum Pulih di periode Mudik Lebaran 2022

PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau PT KAI menyiapkan 2,4 juta tiket Kereta Api Jarak Jauh (KA Jarak Jauh) pada musim mudik Lebaran 2022. Sampai saat ini masih banyak kursi tersedia untuk mudik Lebaran.

Liputan6.com, Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau PT KAI menyiapkan 2,4 juta tiket Kereta Api Jarak Jauh (KA Jarak Jauh) pada musim mudik Lebaran 2022. Sampai saat ini masih banyak kursi tersedia untuk mudik Lebaran. 

VP Public Relations PT KAI Joni Martinus mengatakan, realisasi penjualan tiket mudik Lebaran 2022 jauh lebih rendah dibandingkan momentum sebelum pandemi Covid-19. "Angkutan sekarang belum begitu normal atau signifikan dibandingkan sebelum pandemi," kata Joni saat ditemui merdeka.com di Jakarta, Kamis (21/4/2022).

Joni menuturkan, sebelum pandemi Covid-19 melanda dunia 3,6 juta tiket perjalanan kereta di musim mudik ludes terjual. Sementara saat ini target 2,4 juta tiket yang disediakan pun belum terjual sepenuhnya. Baru sekitar 1,1 juta tiket kereta yang terjual.

"Sebelum pandemi sampai 3,6 juta dan sekarang selisihnya masih jauh," kata dia.

Dia menjelaskan penghapusan larangan mudik setelah 2 tahun ini tidak serta merta membuat masyarakat langsung memesan tiket mudik Lebaran. Apalagi pemerintah masih memberikan batasan dan syarat perjalanan mudik untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona.

"Pencabutan larangan ini tidak serta-merta, karena masih ada syarat-syarat yang harus dipenuhi penumpang," kata dia.

Dia pun mengilustrasikan, sebelum pandemi perjalanan kereta jalur Jakarta-Bandung bisa 36-38 kali perjalanan dalam sehari. Namun saat ini paling banyak hanya 20 perjalanan per hari.

"Jadi memang belum normal, makanya yang kita siapkan sekarang juga masih terbatas. Menyesuaikan dengan permintaan masyarakat," kata dia.

Sebagai informasi, dalam rangka menyambut mudik lebaran, PT KAI telah menyiapkan 4.454 perjalanan. Aada 459 lokomotif yang disiapkan untuk mengangkut 1.600 gerbong kereta dengan jumlah penumpang 2,4 juta orang.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

KAI Jamin Tak Ada Kenaikan Harga Tiket Kereta Api saat Mudik Lebaran

3 dari 3 halaman

Hadapi Mudik Lebaran, KAI Siagakan 35 Kereta Api Tambahan per Hari

PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau PT KAI menyiagakan sebanyak 35 kereta api jarak jauh tambahan per hari di musim mudik Lebaran 2022. Itu dilakukan dengan mengoptimalkan sarana Siap Operasi yang tersedia.

"Kita juga tambah perjalanan kereta tambahan, dalam rangka antisipasi lonjakan penumpang. Kami tambah ada 35 perjalanan kereta api," ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam sesi teleconference, Selasa (19/4/2022).

Total, ada sebanyak 770 kereta api jarak jauh yang dipersiapkan selama periode mudik Idul Fitri tahun ini, atau sekitar 35 unit kereta per hari.

"Total dari semua ada 770 perjalanan selama 22 hari. Itu sudah rilis tiket sejak 1 April 2022," imbuh Joni. 

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.