Sukses

Lepas dari Middle Income Trap, Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Harus Lampaui 6 Persen

Menurut proyeksi Bank Dunia, pertumbuhan ekonomi Indonesia akan berkisar 5,1-5,2 persen pada 2022. Tahun depan, ekonomi nasional diramal tumbuh lebih tinggi, 5,3-5,9 persen.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah tengah berupaya agar Indonesia bisa keluar dari jebakan negara berpendapatan menengah (middle income trap). Namun, Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara mensyaratkan, pertumbuhan ekonomi nasional harus di atas 6,0 persen jika ingin mencapai target tersebut.

"Kita harus menuju pada pertumbuhan ekonomi jangka menengah rata-rata di sekitar 6,0 persen. Pak Menteri Bappenas katakan 5,7 persen, kita memperkirakan idealnya di atas 6 persen," kata Suahasil dalam Rakorbangpus 2022, Kamis (21/4/2022).

"Ini lah cara kita keluar dari jebakan pendapatan di tingkat menengah, atau middle income trap," tegas dia.

Menurut proyeksi Bank Dunia, pertumbuhan ekonomi Indonesia akan berkisar 5,1-5,2 persen pada 2022. Tahun depan, ekonomi nasional diramal tumbuh lebih tinggi, 5,3-5,9 persen.

Adapun IMF punya prediksi lebih tinggi, yakni 5,4 persen di sepanjang 2022, dan tumbuh menjadi 6,0 persen pada 2023 mendatang.

Suahasil menyatakan, pertumbuhan ekonomi itu pastinya akan mendorong Indonesia. Dengan catatan, sektor fiskal tetap harus fleksibel dan hati-hati.

Selain itu, pemerintah pun harus tetap memposisikan sektor fiskal sebagai shock absorber, tapi juga kudu terus waspada.

"Kenapa? Karena selama 2 tahun terakhir posisi fiskal kita sudah menjadi sumber pertumbuhan ekonomi besar. Kalau kita ingin tumbuh di atas 5 persen, maka konsumsi harus tumbuh di atas 5 persen," tuturnya.

"Tidak mungkin dengan hanya pertumbuhan APBN. Harus ada pertumbuhan konsumsi, harus ada pertumbuhan investasi," tegas Suahasil.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

BI Proyeksi Pangkas Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Jadi 4,5-5,3 persen

Bank Indonesia (BI) memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi domestik tahun 2022 menjadi 4,5 sampai 5,3 persen. Angka ini sedikit lebih rendah dari proyeksi awal sebesar 4,7 hingga 5,5 persen.

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menjelaskan, revisi ini sejalan dengan terhambatnya laju pertumbuhan ekonomi global akibat ketegangan politik antara Rusia dan Ukraina.

"Bank Indonesia merevisi prakiraan pertumbuhan ekonomi global pada 2022 menjadi 3,5 persen dari sebelumnya sebesar 4,4 persen," ujarnya dalam video konferensi Hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bulanan BI - April 2022, Selasa (19/4).

Perry menyampaikan, berlanjutnya ketegangan geopolitik Rusia-Ukraina berdampak pada pelemahan transaksi perdagangan, kenaikan harga komoditas, dan ketidakpastian pasar keuangan global

Akibatnya, tren perbaikan permintaan domestik ke depan juga akan terganggu. Hal ini karena tertahannya volume ekspor maupun kenaikan harga energi dan pangan global.

"Dengan perkembangan tersebut, untuk keseluruhan tahun 2022 Bank Indonesia memprakirakan pertumbuhan ekonomi akan mencapai 4,5-5,3 persen, lebih rendah dari proyeksi awal sebesar 4,7-5,5 persen," tekannya

3 dari 3 halaman

Perbaikan Ekonomi

Meski begitu, perbaikan ekonomi domestik diprakirakan tetap berlangsung seiring dengan meningkatnya mobilitas masyarakat. Hingga triwulan I 2022, perbaikan ekonomi terus berlanjut didukung oleh peningkatan konsumsi, investasi nonbangunan, dan kinerja ekspor sejalan dengan mobilitas penduduk dan aktivitas ekonomi yang membaik.

Hal ini tercermin dari sejumlah indikator dini pada Maret 2022, seperti penjualan eceran, ekspektasi konsumen, dan PMI manufaktur mengindikasikan terus berlangsungnya pemulihan ekonomi domestik.

Pertumbuhan ekonomi juga ditopang kinerja positif berbagai lapangan usaha, seperti industri pengolahan, perdagangan, transportasi dan pergudangan, serta informasi dan komunikasi.

Secara spasial, perbaikan ekonomi ditopang terutama oleh akselerasi pertumbuhan ekonomi Jawa dan Balinusra, disertai tetap baiknya kinerja ekonomi Sulawesi-Maluku-Papua (Sulampua), Sumatera, dan Kalimantan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.