Sukses

Satu Langkah Baik untuk Berbagi dengan Sesama di Bulan penuh Berkah

Berbuat baik itu mudah dan sederhana, hanya dengan jari kamu bisa ikut berbagi kebaikan melalui posting #1LangkahBaik.

Liputan6.com, Jakarta Tak dipungkiri, masih banyak orang yang masih memiliki pemikiran "milikku adalah milikku" dan mereka enggan berbagi dengan sesama. Mereka beranggapan jika membagi apa yang dimilikinya, maka akan kehilangan sebagian dari miliknya tersebut.

Padahal, sejatinya makna berbagi tidaklah demikian. Secara harfiah, berbagi berarti membiarkan orang lain memiliki atau menggunakan bagian dari yang kita punyai. Makna berbagi lebih dari itu. Dengan berbagi, berarti kita memberikan sedikit kebahagiaan kepada orang lain. Kita memberikan manfaat bagi kehidupan orang lain. Dan tindakan ini tentu saja sangat mulia. Terutama pada bulan suci Ramadan seperti sekarang ini. Berbagi dengan sesama akan diganjar pahala yang berlipat oleh Sang Maha Pencipta.

Berbagi bisa bermacam-macam bentuknya. Mulai dari berbagi makanan, benda, meminjamkan sesuatu, hingga membagikan ilmu. Semua itu walau terlihat kecil, sebenarnya memberikan arti besar bagi orang yang menerima.

Hal ini sesuai dengan kondisi yang terjadi di Indonesia, dimana semangat saling berbagi kebaikan terlihat dalam survei 2021 World Giving Index oleh Charities Aid Foundation yang memberikan Indonesia peringkat pertama dalam hal kedermawanan. Lewat tiga tolak ukur penilaian yang digunakan, yaitu membantu orang tak dikenal, mendonasikan uang dan menjadi sukarelawan, masyarakat Indonesia membuktikan pentingnya kepedulian terhadap sesama terlebih selama pandemi COVID-19 di saat lebih banyak orang berada dalam posisi membutuhkan.

Jika kalian masih ragu untuk berbagi, sebaiknya ubah pola pikir tersebut. Sebab, berbagi memberikan efek positif dalam diri kalian. Apa saja sih manfaatnya?

1. Menambah Rezeki

Mari ubah pemahaman kita tentang berkurangnya Rezeki saat berbagi karena sesungguhnya itu merupakan pernyataan yang salah. Pada saat kita berbagi justru Rezeki akan berdatangan karena berbagi memberikan keberkahan untuk setiap manusia. Perlu diingat bahwa Rezeki tidak hanya selalu tentang uang bukan? Rezeki bisa berupa kecukupan dalam hidup, anak-anak yang saleh dan salehah, keluarga yang sehat, serta kemudahan dalam melakukan segala urusan. Terlebih di bulan Ramadan ini segala hal yang kebaikan yang kita kerjakan akan mendapat pahala yang berlipat ganda dari Allah SWT.

2. Memberikan Kebahagiaan dengan Orang Sekitar

Perlu kita ketahui bahwa kehidupan yang kita jalani tidak terlepas dari kehadiran orang-orang di sekitar kita. Di bulan yang penuh berkah ini, tidak ada yang lebih indah dari bisa memberikan suatu hal yang kita punya pada orang lain.

Seperti para peserta Asuransi Allianz Syariah, saling berhimpun dalam komunitas kebaikan untuk membantu dan memberikan kebahagiaan kepada peserta yang sedang mengalami musibah.

3. Damai dalam Hati

Berbagi tidak hanya memberikan kebahagiaan bagi orang lain akan tetapi juga dapat memberikan kebahagiaan pada diri sendiri. Berbagi memberikan kedamaian bagi setiap orang, hal itu dapat menghindari adanya konflik yang terjadi antar sesama manusia. Dengan tidak adanya konflik maka ketenangan hati dapat kita rasakan.

4. Menjaga Silaturahmi dengan Orang Lain

Dengan berbagi, kita akan membuat orang lain senang. Saat orang lain senang karena kita, itu artinya kita ikut menjaga tali silaturahmi kita pada orang lain. Menjaga silaturahmi bisa diartikan sebagai menjaga hubungan baik antar tetangga, teman dekat, kerabat, dan sebagainya. Pada saat kita dikelilingi oleh circle yang baik, maka akan tercipta suasana Ramadan yang indah di dalamnya.

Di bulan yang penuh berkah ini, kalian bisa menjaga silaturahmi salah satunya dengan cara membantu teman atau kerabat yang memiliki usaha. Kalian bisa membantu memasarkan produk mereka di media sosial dan membeli barang dagangan atau produk makanan dan minuman yang dijualnya, dengan begitu kita telah memberi kebahagiaan untuk mereka, selain menjaga silaturahmi di dalamnya.

Allianz Syariah terus mengajak orang untuk saling tolong-menolong dalam kebaikan. Karena berbuat baik itu mudah dan sederhana. Bayangkan hanya dengan jari, melalui posting #1LangkahBaik, kita bisa menceritakan kebaikan dari wirausaha milik teman atau UMKM yang kita kenal, UMKM tersebut dapat diundang untuk program pengembangan wirausaha yang disediakan oleh Yayasan Allianz Peduli pada bulan Juni 2022 mendatang.

Share cerita wirausaha teman kamu atau usaha kalian sendiri dengan cara post dan ceritakan dukunganmu terhadap UMKM, gunakan hashtag #1LangkahBaik dan #AwaliDenganKebaikan. Lalu isi data diri kamu di alz.id/1LangkahBaik. Yang terpenting, kompetisi ini tidak dipungut biaya apapun.

Selain mendukung wirausaha di sekitarmu, kamu juga bisa memenangkan voucher GOPAY senilai Rp2.500.000 untuk total 10 orang pemenang setiap bulannya lho. Yuk, mulai satu langkah baik untuk berbagi dengan sesama!

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.