Sukses

4 Pemimpin Perempuan di Industri Asuransi dan Dukungan FWD Insurance pada Perempuan Indonesia

Empat sosok perempuan yang menjadi pemimpin di industri asuransi Tanah Air berbagi pandangan seputar peran perempuan dalam keluarga, lingkungan pekerjaan dan dunia asuransi.

Liputan6.com, Jakarta Empat sosok perempuan yang menjadi pemimpin di industri asuransi Tanah Air berbagi pandangan seputar peran perempuan dalam keluarga, lingkungan pekerjaan serta bagaimana dukungan sebuah perusahaan asuransi terhadap kepemimpinan perempuan dan upayanya untuk menginspirasi wanita Indonesia.

Mereka adalah Maria Magdalena, FWD Insurance Chief Governance Officer and Compliance Director; Widaningrum, FWD Insurance Head of Marketing and New Business Model; Desy Natalia Widjaya, FWD Insurance Chief Financial Officer; dan Rosidar Suhaid, FWD Insurance Chief Bancassurance Officer.

Menurut Maria Magdalena, FWD Insurance Chief Governance Officer and Compliance Director, perempuan memiliki peran yang multi layered, sebagai diri sendiri, pekerja, istri, ibu, dan lain sebagainya.

"Sebagai seorang Ibu, menurut saya tantangan terbesarnya adalah bagaimana membagi waktu antara keluarga dan pekerjaan serta mampu untuk beradaptasi dengan cepat pada setiap perubahan. Terlebih di masa pandemi saat ini, di mana aktivitas semuanya dilakukan dari rumah – anak-anak melakukan pembelajaran dari rumah, begitupun orang tua bekerja dari rumah. Hal ini membuat hilangnya batasan antara pekerjaan dan juga kehidupan personal. Kita harus pintar mengatur waktu dan membuat sistem baru agar setiap pekerjaan dapat tetap terpenuhi dengan baik," kata Maria yang sudah bergabung dengan FWD Insurance sejak Juni 2019.

Dengan pengalaman profesional di bidang asuransi dan keuangan lebih dari 23 tahun, Maria tergerak untuk dapat menularkan kiat-kiat perencanaan keuangan yang baik di lingkup keluarga serta lingkungan sekitar demi mewujudkan kehidupan yang lebih baik.

"Seperti yang telah umum diketahui oleh masyarakat, ibu rumah tangga adalah direktur keuangan dalam kehidupan keluarga, sehingga sangat penting lebih banyak perempuan di Indonesia diedukasi tentang bagaimana melakukan perencanaan dan pengelolaan keuangan yang benar, dimulai dari diri sendiri, sehingga nantinya bisa diaplikasikan di lingkup yang lebih besar," ungkap Maria.

Lebih lanjut, dia memberikan salah satu contoh nyata yang bisa dipelajari adalah kondisi pandemi ini.

"Kondisi kesehatan adalah faktor kehidupan yang rentan dan cenderung tidak bisa kita prediksi. Saya selalu mengadvokasi ke lingkungan sekitar saya tentang pentingnya menyimpan dana darurat, sehingga saat risiko tak terduga sewaktu-waktu terjadi, maka beban yang kita harus selesaikan akan menjadi lebih ringan. Asuransi adalah salah satu solusi yang bisa dimanfaatkan," kata Maria.

Sementara itu, Rosidar Suhaid, FWD Insurance Chief Bancassurance Officer percaya bahwa mandiri secara finansial itu juga penting bagi seorang perempuan dan perlu disiapkan sejak dini.

"Seorang perempuan yang mandiri secara finansial memiliki penghasilan sendiri dan dapat memenuhi tujuan keuangannya. Perempuan yang mandiri secara finansial tidak tergantung pada orang lain untuk memenuhi kebutuhannya sendiri, bahkan bisa menopang keuangan keluarganya," ujarnya.

Perempuan mandiri secara finansial tentunya dapat menentukan sendiri tujuan penggunaan uangnya. Asuransi akan memberikan rasa aman dan nyaman dalam menghadapi kemungkinan- kemungkinan terjadinya hal yang tidak diinginkan.

"Kemandirian finansial adalah yang terpenting, karena bila kita mandiri secara finansial, maka kita dapat menjalani hidup dengan cara kita sendiri," taka Rosidar.

Pandangan FWD Insurance terhadap Kepemimpinan Perempuan

Maria Magdalena menuturkan sebagai sebuah perusahaan asuransi, FWD Insurance terdepan. Tidak hanya dari sisi produk dan pelayanan saja, tapi juga dari nilai-nilai yang diterapkan di dalam organisasinya.

"Menjunjung tinggi keberagaman budaya, inklusivitas gender, dan yang terpenting adalah memberi kontribusi yang bermanfaat bagi masyarakat, khususnya dalam hal literasi keuangan. FWD Insurance sangat konsisten dalam menghadirkan pengaruh positif di tengah masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia," tuturnya.

Dalam hal inklusivitas gender, Maria mengungkapkan saat ini posisi kepemimpinan di FWD Insurance dipimpin oleh sejumlah perempuan hebat. Didukung dengan kultur organisasi yang mengajarkan untuk saling menguatkan dan menghargai keunikan masing-masing, FWD Insurance ingin memberikan pengaruh positif dimulai dari dalam.

"Tidak hanya untuk pegawai, kami pun membuat sejumlah program yang berorientasi kepada pemberdayaan perempuan, misalnya Leaders from Within dan FIX (“FWD Internship eXperience”).

Saat ini, ada 47% karyawan perempuan yang telah menduduki level Middle Management hingga Senior Management di FWD Insurance, hal ini menunjukkan bahwa kesempatan dapat diraih oleh perempuan untuk menjadi future leaders di perusahaan," ungkapnya.

Dalam mendukung karyawan perempuan untuk menjadi future leaders, Maria memaparkan kalau FWD Insurance memiliki beberapa program, salah satunya adalah program leadership & management yang terdiri dari Intro, Verse dan Chorus.

Program ini bertujuan untuk mendorong perusahaan melakukan pengembangan sumber daya manusia guna melahirkan pemimpin-pemimpin baru dan berpengalaman untuk menjadi lebih mahir dalam mengembangkan karyawan, menginspirasi dan secara efektif mempengaruhi seluruh stakeholders perusahaan.

"Dari implementasi program ini, kami berhasil mendapatkan penghargaan sebagai Best Companies in Creating Leaders from Within 2021. Penghargaan ini tentunya menjadi motivasi kami untuk terus dapat mengembangkan pemimpin yang berkualitas, sehingga dapat bersama mewujudkan visi kami untuk mengubah cara pandang masyarakat tentang asuransi.

Tidak hanya itu, banyak sekali program pengembangan FWD Insurance miliki. Seperti, program pengembangan yang ditujukan untuk Mahasiswa/i yang dinamakan FWD Internship eXperience atau FIX. Program kegiatan magang selama empat bulan bagi para lulusan baru untuk mendapatkan pengalaman kerja di FWD Insurance dan memahami bagaimana perusahaan asuransi beroperasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gaya Kepemimpinan yang Diterapkan FWD Insurance

Desy Natalia Widjaya, FWD Insurance Chief Financial Officer memberikan contoh gaya kepemimpinan yang diterapkan FWD Insurance untuk mengatasi berbagai tantangan yang dihadapinya.

"Di dalam perusahaan, FWD Insurance mendukung inklusivitas yang penuh dengan wanita kuat yang memiliki kehidupan mereka dan hidup secara maksimal. Kami menciptakan budaya yang beragam dan inklusif, di mana semua orang dapat dihargai karena keunikannya dan membawa yang terbaik. Kami percaya bahwa inklusivitas dan keberagaman akan membantu kami memahami nasabah dengan lebih baik karena mereka juga memiliki beragam kebutuhan dalam hal perlindungan," kata Desy Natalia.

Sebagai bentuk dukungan FWD Insurance terhadap semangat inklusivitas ini, perusahaan memiliki program untuk Perempuan bernama HERoic yang telah berjalan selama kurang lebih dua tahun.

"Fokus yang diutamakan untuk tahun ini adalah untuk penguatan aliansi bersama para alumni HERoic 2021," ungkap Desy yang baru bergabung dengan FWD Insurance pada 2022 lalu.

Lebih lanjut, Desy menyampaikan bahwa perusahaan juga berkolaborasi dengan Plan International Indonesia, yaitu organisasi nirlaba yang memiliki misi besar terhadap pemberdayaan perempuan, melalui program Girls Leadership Academy ‘batch 2’.

"Program ini didesain untuk memberikan pembekalan kepada perempuan- perempuan muda Indonesia untuk dapat berkarya dan berkontribusi terhadap gerakan-gerakan kesetaraan gender di Indonesia. Dalam kolaborasi ini, terdapat 9 orang alumni dari program HERoic yang turut serta menjadi youth mentor bagi 50 perempuan muda peserta GLA ‘batch 2’. Tugas mentor ini antara lain mendampingi proses belajar dan diskusi peserta, menjadi teman bertumbuh dalam proses mentoring group, serta mendampingi proses pembuatan & eksekusi project sosial campaign peserta," jelas Desy yang sudah berkarir di industri keuangan kurang lebih 23 tahun.

Program FWD Insurance untuk Menginspirasi Wanita Indonesia

Widaningrum, FWD Insurance Head of Marketing and New Business Model menegaskan dengan adanya sejumlah posisi di FWD Insurance yang dipimpin oleh perempuan dan itu merupakan wujud nyata terhadap upaya pemberdayaan terhadap bakat dan tenaga kerja perempuan yang berprestasi dan memiliki potensi.

"Kami terus berupaya memelihara dan mengembangkan budaya baik ini dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang terus memberdayakan kaum perempuan, salah satunya melalui program internal yaitu HERoic. Sementara untuk program yang kami desain untuk pihak external, kami menjalankan program pemberdayaan perempuan, yang kami sebut dengan FWD Bebas Berbagi untuk komunitas perempuan," kata Widaningrum.

Program FWD Bebas Berbagi merupakan salah satu bentuk dukungan terhadap literasi keuangan yang sudah ditetapkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Pada program ini, FWD Insurance melakukan edukasi dan literasi kepada 20 bloggers perempuan, dengan tujuan agar mereka bisa menjadi perpanjangan tangan kami dalam memberdayakan komunitas perempuan di lingkungan mereka sendiri, untuk kemudian menyebar lebih luas lagi.

Melalui beragam aktivitas webinar hingga workshop, yang membahas tidak hanya seputar literasi keuangan, namun juga aspek kehidupan lainnya seperti pentingnya menjaga kesehatan mental di masa pandemi dan tips personal branding, khususnya bagi anggota komunitas yang memiliki usaha mandiri.

"Kegiatan-kegiatan seperti ini merupakan salah satu upaya kami untuk meningkatkan literasi keuangan perempuan yang secara statistik memang masih lebih rendah jika dibandingkan dengan laki-laki, yaitu hanya sekitar 36,13%, data Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak tahun 2019," sebut Widaningrum

Melalui berbagai kegiatan tersebut, Widaningrum menyampaikan bahwa tujuan besarnya  yaitu mengajak setiap perempuan untuk lebih percaya diri, sehingga kedepannya stereotipe terhadap perempuan dapat dipatahkan dengan melahirkan sosok-sosok perempuan baru yang aktif dan mampu mandiri dalam melakukan pekerjaan mereka.

 

3 dari 3 halaman

Fokus dan Strategi FWD Insurance untuk Bisa Terus Update

Widaningrum mengungkapkan sejalan dengan visi untuk mengubah cara pandang masyarakat tentang asuransi, fokus FWD Insurance adalah memberikan fresh customer experience. Mengembangkan pengalaman berasuransi yang menyenangkan dengan menghadirkan produk- produk yang mudah dipahami, mudah dibeli, dan mudah dalam klaim serta didukung oleh teknologi digital.

"Di FWD Insurance, kami ingin mempermudah akses nasabah dalam membeli produk perlindungan sesuai dengan cara yang mereka inginkan. Melalui kanal digital, kami memiliki website fwd.co.id, kami juga memperluas akses pembelian produk melalui kolaborasi dengan aggregator/insurtech seperti Traveloka, Pasar Polis dan LifePal, dengan dukungan dari pialang asuransi. Selain melalui jalur eCommerce, nasabah juga bisa mendapatkan produk FWD Insurance melalui jalur keagenan, bancassurance dan corporate care," ungkap Widaningrum.

Kami percaya bahwa asuransi adalah source of empowerment yang memungkinkan kita untuk bisa celebrate living dan menjalani passion tanpa rasa khawatir akan risiko keuangan yang bisa timbul akibat hal tak terduga dalam hidup. Dengan semangat ini, kami menggelar berbagai kampanye yang turut menyampaikan pesan yang sama, diantaranya kampanye undian berhadiah yakni #ProteksiOn Lucky Draw bertajuk ‘Proteksi On, Passion On’ di tahun 2021 dan Everyday Heroes pada awal tahun 2021. Kemudian di tahun 2019, meluncurkan kampanye video literasi berjudul ‘Malin Kondang’. Di tahun yang sama, menghadirkan kampanye FWD #UnstoppablePassion, sebuah kampanye yang bertujuan mendukung nasabah mengejar passion mereka dan celebrate living dengan program Unstoppable Music dan Unstoppable Cities.

Selain melakukan rangkaian kampanye, FWD Insurance juga memperkuat ekosistem digital dengan melengkapi layanan yang ada untuk memberikan kemudahan kepada nasabah seperti layanan WhatsApp yang dapat diakses 24 jam/7hari secara real-time, FWD MAX yang merupakan one stop insurance solution application dengan beragam fitur yang memberikan kemudahan bagi nasabah serta layanan chatbot bernama ‘Fi’ untuk membantu menjawab pertanyaan dari nasabah terkait asuransi, dengan proses yang lebih sederhana, mudah dan cepat karena dapat diakses 24 jam/7 hari secara real-time melalui website fwd.co.id. Saat ini, Fi chatbot memiliki fitur baru yang memudahkan nasabah untuk terhubung dengan agen.

Dengan inovasi layanan yang sudah dimiliki itu, FWD Insurance berhasil meraih penghargaan Contact Center Service Excellence Award (“CCSEA”) 2022 untuk FWD Call Center dengan kategori Call Center Life & Health Insurance.

"Penghargaan ini menunjukkan komitmen kami untuk selalu memberikan pelayanan terbaik kepada nasabah yang sejalan dengan visi perusahaan untuk mengubah cara pandang masyarakat tentang asuransi," sebut Widaningrum.

FWD Insurance Kembali Hadirkan FWD Bebas Berbagi

Rosidar Suhaid, FWD Insurance Chief Bancassurance Officer memaparkan saat ini FWD Insurance memiliki tiga program unggulan yaitu HERoic, Leaders from Within, dan juga FWD Bebas Berbagi.

"Tiga program tersebut mengandung misi pemberdayaan perempuan melalui nilai-nilai kepemimpinan, literasi keuangan, serta nilai lainnya yang bertujuan besar untuk mempersiapkan perempuan menjadi sosok yang lebih kuat dan keluar dari stereotip yang tumbuh sekian lama di tengah masyarakat. Karena setiap perempuan bisa sukses jadi apapun yang mereka cita-citakan, bisa berhasil mengemban berbagai peran penting mereka dalam hidup, baik seorang istri, ibu, karyawan, pengusaha – apapun itu, saya percaya pasti bisa," papar Rosidar.

Dari sini, lanjut Rosidar, pihaknya ingin membantu mereka agar memiliki pandangan yang lebih baik terhadap asuransi sebagai alat untuk membantu mereka dalam pengelolaan keuangan serta metode untuk manajemen stres. Sehingga setiap perempuan, bahkan setiap orang dapat menjalani kehidupan yang lebih membuat mereka bisa bebas melangkah.

"Kami mengajak setiap orang untuk terus berani mewujudkan versi mereka sendiri dalam merayakan kehidupan mereka. Karena kita semua berharga," tambahnya.

Karena setiap orang itu spesial dan berharga, maka di tahun 2022 ini, FWD Insurance  melanjutkan kembali program FWD Bebas Berbagi mulai dari bulan April, yang sekaligus bertepatan dengan perayaan Hari Kartini.

"Kami ingin Perempuan hebat diluar sana dapat memperjuangkan emansipasi wanita dan kesetaraan gender mereka. Kami percaya bahwa inklusivitas dan keberagaman akan membantu kami memahami nasabah dengan lebih baik karena mereka juga memiliki beragam kebutuhan dalam hal perlindungan.

Lebih lanjut, Rosidar mengungkapkan pihaknya ingin menginspirasi para perempuan Indonesia untuk terus berani memilih jalan yang dia inginkan, baik itu menjadi seorang career woman, working mother, dan leader di mana pun berada agar dapat terus merayakan hidup (celebrate living) dan dapat memegang kendali penuh atas hidup.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.