Sukses

Jokowi Perintahkan Menhub Buka Rute Penerbangan Madura Jakarta sebelum Idul Fitri

Presiden Joko Widodo meresmikan bandara Trunojoyo di Sumenep, Madura. Ia memandang bandara ini bisa membuka akses bagi pulau-pulau kecil di sekitar Madura.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi untuk membuka akses penerbangan baru dari Bandara Trunojoyo, Sumenep, Madura. Ini disampaikannya saat meresmikan bandara tersebut pasca rampungnya pembangunan.

Jokowi menilai, momentum menjelang Idul Fitri bisa dimanfaatkan untuk membuka rute penerbangan baru tersebut. Bahkan ia menaksir tingkat okupansi tempat duduknya akan terpenuhi.

“Saya minta ini karena sudah hampir, ini menjelang Hari Raya Idul Fitri, saya minta Pak Menteri Perhubungan agar diusahakan ada penerbangan yang dari Surabaya ke Sumenep maupun dari Jakarta ke Sumenep. Untuk kita coba apakah penuh atau tidak penuh penumpangnya, menurut saya insyaaAllah penuh,” tuturnya dalam peresmian bandara Trunojoyo, Rabu (20/4/2022).

Di samping itu, Jokowi juga meminta kepada pemerintah daerah dan jajarannya untuk bisa menjaga kondisi bandara ini. Serta, bisa dimanfaatkan untuk mendorong tingkat perekonomian masyarakat di sekitar madura.

“Dan saya minta agar bandara ini dimanfaatkan dan dijaga sebaik-baiknya, dimanfaatkan untuk meningkatkan daya saing daerah, menggerakkan perekonomian masyarkat agar membuat masyarakat lebih sejahtera,” katanya.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Peluang Usaha Baru

Jokowi optimistis dengan adanya akses ini akan meningkatkan konektivitas antara pulau Madura dengan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Bahkan, lapangan kerja pun disebut akan semakin tumbuh dengan adanya bandara ini.

“Saya yakin dengan konektivitas yang semakin baik mobilitas masyarakat akan semakin mudah dan semakin lancar dan titik-titik perekonomian baru akan tumbuh. Usaha baru juga insyaaAllah akan bermunculan dan kesempatan kerja baru juga akan bertambah,” paparnya.

“Disamping itu usaha-usaha yang sekarang sudah ada juga akan semakin berkembang dan akan semakin maju,” tambah Jokowi.

 

3 dari 4 halaman

Resmikan Bandara Trunojoyo

Presiden Joko Widodo meresmikan bandara Trunojoyo di Sumenep, Madura. Ia memandang bandara ini bisa membuka akses bagi pulau-pulau kecil di sekitar Madura.

Lebih dari itu, beroperasinya bandara ini akan memangkas waktu tempuh bagi pulau-pulau kecil di sekitar Madura. Jokowi mengklaim pemangkasan waktunya jauh lebih cepat dengan menggunakan moda pesawat terbang.

“Bandara ini juga akan memangkas waktu tempuh dari pulau-pulau di sekitar Madura yang jika menggunakan kapal (laut) memerlukan waktu berhari-hari dan sekarang dengan menggunakan pesawat hanya perlu satu jam saja,” katanya dalam Peresmian Bandara Trunojoyo, Rabu (20/4/2022).

Pada dasarnya, kata Jokowi, Bandara Trunojoyo menambah pilihan moda transportasi bagi masyarakat Madura.

“Alhamdulillah Bandara Trunojoyo di Sumenep Madura telah selesai dibangun dan siap untuk dimanfaatkan untuk melayani kebutuhan transportasi di pulau madura dan pulau-pulau lainnya di sekitar madura,” kata dia.

 

4 dari 4 halaman

Buka Akses Pulau Kecil

Ia mengaku sering menyampaikan, adanya pilihan baru ini bisa jadi langkah untuk meningkatkan konektivitas masyarakat kepulauan di sekitar Madura. Bahkan, lebih jauh bisa membuka akses pulau yang tadinya terisolasi.

“Seperti yang sangat sering saya sampaikan bahwa bandara ini akan sangat penting untuk meningkatkan konektivitas, memudahkan keterhubungan dengan pulau-pulau kecil di sekitar pulau Madura dan membuka isolasi pulau-pulau terpencil di sekitar pulau madura,” terangnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.