Sukses

Jokowi Resmikan Bandara Trunojoyo Madura: Pakai Kapal Berhari-Hari, Pesawat Cuma 1 Jam

Pada dasarnya, kata Jokowi, Bandara Trunojoyo menambah pilihan moda transportasi bagi masyarakat Madura.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan Bandara Trunojoyo di Sumenep, Madura. Ia memandang Bandara Trunojoyo ini bisa membuka akses bagi pulau-pulau kecil di sekitar Madura.

Lebih dari itu, beroperasinya bandara ini akan memangkas waktu tempuh bagi pulau-pulau kecil di sekitar Madura. Jokowi mengklaim pemangkasan waktunya jauh lebih cepat dengan menggunakan moda pesawat terbang.

“Bandara ini juga akan memangkas waktu tempuh dari pulau-pulau di sekitar Madura yang jika menggunakan kapal (laut) memerlukan waktu berhari-hari dan sekarang dengan menggunakan pesawat hanya perlu satu jam saja,” katanya dalam Peresmian Bandara Trunojoyo, Rabu (20/4/2022).

Pada dasarnya, kata Jokowi, Bandara Trunojoyo menambah pilihan moda transportasi bagi masyarakat Madura.

“Alhamdulillah Bandara Trunojoyo di Sumenep Madura telah selesai dibangun dan siap untuk dimanfaatkan untuk melayani kebutuhan transportasi di pulau madura dan pulau-pulau lainnya di sekitar madura,” kata dia.

Ia mengaku sering menyampaikan, adanya pilihan baru ini bisa jadi langkah untuk meningkatkan konektivitas masyarakat kepulauan di sekitar Madura. Bahkan, lebih jauh bisa membuka akses pulau yang tadinya terisolasi.

“Seperti yang sangat sering saya sampaikan bahwa bandara ini akan sangat penting untuk meningkatkan konektivitas, memudahkan keterhubungan dengan pulau-pulau kecil di sekitar pulau Madura dan membuka isolasi pulau-pulau terpencil di sekitar Pulau Madura,” terangnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Harga Tiket Naik

Naiknya pajak pertambahan nilai (PPN) menjadi 11 persen membuat sejumlah harga mengalami kenaikan.

Salah satunya harga tiket penerbangan perintis dari Bandara Udara Trunojoyo, Sumenep Jawa Timur ke berbagai tujuan.

Humas Bandara Udara Trunojoyo Sumenep Romziy mengatakan, kenaikan harga tiket itu untuk semua rute penerbangan, seperti Sumenep-Bawean, Sumenep-Pagerungan , Sumenep-Banyuwangi, dan juga untuk rute sebaliknya.

"Kenaikan harga tiket ini merupakan bentuk penyesuaian, mengingat sebelumnya PPN yang ditetapkan pemerintah 10 persen, akan tetapi per April 2022 naik menjadi 11 persen," katanya dilansir Antara, Sabtu (9/4/2022).

 

3 dari 3 halaman

Daftar Harga

Tiket rute Bawean-Sumenep naik Rp 2.510, dari sebelumnya Rp 301.100 menjadi Rp 303.610, rute Sumenep-Pagerungan juga naik Rp 2.500 dari sebelumnya Rp 300.000 kini menjadi Rp 302.500.

Sementara untuk rute Sumenep-Banyuwangi naik Rp 2.000 dari sebelumnya Rp 245.000, kini menjadi Rp 247.000.

Romziy menjelaskan, kebijakan tentang kenaikan tiket itu sudah disosialisasikan kepada pengguna penerbangan melalui saluran informasi yang dimiliki Bandara Udara Trunojoyo Sumenep.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.