Sukses

Ini Rekomendasi 10 Pekerjaan Terbaik, Cocok bagi Lulusan Baru

Kira-kira pekerjaan mana yang menawarkan lulusan baru kombinasi terbaik dari kompensasi, pertumbuhan, dan manfaat?

Liputan6.com, Jakarta Para lulusan baru tidak perlu khawatir memilih karier yang akan dilakoni setelah wisuda. Sebab, banyak pilihan pekerjaan yang dapat dilakukan, meski belum memiliki pengalaman.

Menurut laporan National Association of Colleges and Employers’ 2022 Job Outlook, pemberi kerja berencana mempekerjakan 26,6 persen lebih banyak lulusan baru di tahun 2022 daripada tahun lalu.

Akan tetapi, kira-kira peran mana yang menawarkan lulusan baru kombinasi terbaik dari kompensasi, pertumbuhan, dan manfaat?

Penelitian baru dari situs keuangan pribadi WalletHub menunjukkan bahwa posisi entry-level terbaik sebagian besar di bidang teknik.

Untuk mengidentifikasi pekerjaan pertama terbaik dan terburuk, WalletHub membandingkan 108 pekerjaan tingkat pemula di tiga dimensi utama, yaitu peluang langsung, potensi pertumbuhan, dan bahaya pekerjaan.

Mereka kemudian mengukur dimensi tersebut menggunakan 12 metrik, termasuk gaji awal rata-rata, proyeksi pertumbuhan pekerjaan pada tahun 2030 dan tipikal bekerja lebih dari 40 jam seminggu. Rata-rata tertimbang di semua metrik menghitung skor dan peringkat total setiap pekerjaan.

Berdasarkan laporan WalletHub, berikut adalah 10 pekerjaan entry-level terbaik tahun 2022 yang bisa jadi rekomendasi seperti melansir CNBC, Rabu (20/4/2022).

1. Insinyur Perangkat Lunak

Skor Total: 81,07

2. Insinyur Elektronik

Skor Total: 80,30

3. Insinyur

Skor Total: 79,92

4. Insinyur Sistem

Skor Total: 79,68

5. Insinyur Industri

Skor Total: 79,51

6. Insinyur Listrik

Skor Total: 79,21

7. Analis Riset Operasi

Skor Total: 78,86

8. Insinyur Perangkat Keras

Skor Total: 78,57

9. Pengembang Aplikasi Web

Skor Total: 78,52

10. Insinyur Kesehatan dan Keselamatan Lingkungan

Skor Total: 78,22

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pekerjaan Tak Direkomendasikan

WalletHub juga memasukkan 10 posisi entry-level terburuk dalam laporannya. Adapun pekerjaan dimaksud yakni, Architectural Drafter I, Consumer Credit Analyst I, Mechanical Drafter I, Claims Processing Clerk.

Kemudian  Welder I, Aircraft Painter I, Building Inspector, Emergency Dispatcher, Floor Assembler I, dan Boilermaker I.

Laporan tersebut menemukan bahwa pengacara pajak memiliki gaji awal rata-rata tertinggi di USD 102.509. Jumlah yang besar.

Angka itu 5,9 kali lebih tinggi dari asisten pengajar perguruan tinggi, pekerjaan dengan gaji awal terendah, pada USD 17.428.

Spesialis hubungan karyawan memiliki potensi pertumbuhan pendapatan tertinggi.

Peran STEM juga terbukti memiliki potensi penghasilan tinggi dalam jangka panjang. Dengan manajer sistem komputer informasi berpenghasilan rata-rata lebih dari USD 160.000 per tahun, menurut laporan CNBC Make It’s Morgan Smith.

Sementara pertanian atau teknik berada di urutan kedua dengan membawa pulang penghasilan sebesar USD 158.970 per tahun. Upah tahunan rata-rata di antara semua pekerja STEM adalah sebesarSD 100.900.

 

3 dari 3 halaman

Pekerjaan yang Dicari

Dengan ketidakpastian yang datang karena pandemi Covid-19, para ahli ingin para pencari kerja pertama kali menghargai keamanan kerja jangka panjang seperti halnya mereka melakukan kompensasi dan tunjangan.

“Pekerjaan atau industri apa pun yang membutuhkan kreativitas atau pemecahan masalah akan terus berlanjut,” kata Direktur Asosiasi Pemberi Kerja di UNC Asheville David Earnhardt dalam laporannya.

Desain grafis dan situs web, penulisan, manajemen basis data, penjualan di dalam, layanan pelanggan, arsitektur, dan teknik adalah contohnya, tetapi masih banyak lagi.

"Jika keamanan pekerjaan menjadi perhatian, bekerjalah dengan kantor karir negara bagian Anda untuk memastikan Anda melihat semua pilihanmu,” lanjutnya.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.