Sukses

Top 3: Mudik Lebaran Tak Mau Macet? Berangkat tanggal 25-27 April 2022

Berikut daftar berita yang paling banyak dibaca di kanal Bisnis Liputan6.com, Selasa (19/4/2022)

Liputan6.com, Jakarta Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengimbau masyarakat melakukan perjalanan lebih awal untuk menghindari kepadatan di hari puncak arus mudik.

Saran ini diberikan guna menghindari animo masyarakat yang begitu tinggi untuk mudik.

Saran mengenai tanggal mudik yang bebas macet ini menjadi informasi yang banyak dibaca. Selain itu, masih ada sejumlah berita yang tak kalah menarik.

Berikut daftar berita yang paling banyak dibaca di kanal Bisnis Liputan6.com, Selasa (19/4/2022):

1. Awas Macet, Menhub Sarankan Warga Berangkat Mudik 25-27 April

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengimbau masyarakat melakukan perjalanan lebih awal untuk menghindari kepadatan di hari puncak arus mudik. Saran ini diberikan guna menghindari animo masyarakat yang begitu tinggi untuk mudik.

"Lakukanlah perjalanan lebih awal sekitar tanggal 25-27 April 2022 dan menghindari berangkat di tanggal 28-29 April 2022 yang diprediksi menjadi puncak mudik. Ini dilakukan agar pergerakan lebih tersebar dan mengurangi kepadatan di satu hari tertentu," ungkap Menhub dalam keterangan tertulis, Senin (18/4/2022).

Sebagai antisipasi lonjakan mudik, Menhub dan jajarannya turut melakukan inspeksi ke Terminal Tipe A Kampung Rambutan, Jakarta Timur pada Minggu (17/4/2022). Itu untuk memastikan kelaikan armada bus yang beroperasi dan kesehatan para pengemudi bus, jelang masa mudik Lebaran 2022.

Dalam inspeksinya, Menhub melakukan video conference dengan para pengelola Terminal Tipe A yang ada di seluruh wilayah Indonesia dan para operator/perusahaan oto bus.

Baca artikel selengkapnya di sini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Produsen Tempe Tahu Belum Bisa Lepas dari Kedelai Impor, Sampai Kapan?

Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso mengaku, produsen tempe tahu di Indonesia saat ini belum bisa lepas dari stok kedelai impor, khususnya Amerika Serikat (AS). Pemerintah bahkan kini tengah bernegosiasi dengan negara lain untuk tambahan kedelai impor.

"Kalau nanti sesuai spek yang dibutuhkan, ada beberapa negara yang bisa memenuhi dengan harga lebih murah, kita akan datangkan. Tapi sekali lagi saya juga tidak berharap, kita tidak berkegantungan pada impor." tuturnya di Bekasi, Senin (18/4/2022).

Pria yang akrab disapa Buwas ini lantas menceritakan, kebutuhan stok kedelai untuk produksi tempe tahu di dalam negeri kurang lebih sekitar 3-3,5 juta ton.

"Sedangkan sekarang kita baru bisa memproduksi di lokal itu baru 500-600 ribu ton. Berarti kebutuhan impornya masih tinggi, 3 juta ton," ungkapnya.

Baca artikel selengkapnya di sini

3 dari 3 halaman

3. Pencairan THR PNS 2022 Mulai Diajukan K/L Hari Ini 18 April

Pemerintah memastikan tunjangan hari raya bagi pegawai negeri sipil atau THR PNS akan diberikan pada sekitar H-10 Idul Fitri mendatang.

Pemberian THR PNS 2022 ini bisa dimulai dengan pengajuan kementerian atau lembaga terkait mulai Senin, 18 April 2022.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menuturkan, pencairan THR dimulai pada H-10 menjelang Idul Fitri. Sebelumnya, kementerian atau lembaga perlu lebih dulu mengajukan ke KPPN.

"Pencairan THR direncakanan dimulai pada periode H-10 Idul Fitri dimana KL dapat mengajukan SPM ke KPPN mulai 18 april 2022 dan dapat dicairkan oleh KPPN sesuai dengan mekanisme yang berlaku," kata Sri Mulyani dikutip Senin (18/4/2022).

Baca artikel selengkapnya di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini