Sukses

Ganjar Pronowo Minta UKM Manfaatkan Momen Mudik Lebaran

Ganjar Pranowo meminta UKM agar memanfaatkan peluang saat mudik Lebaran untuk menjual produk-produk serta mendukung pemulihan ekonomi daerah.

Liputan6.com, Jakarta Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) agar memanfaatkan peluang saat mudik Lebaran untuk menjual produk-produk serta mendukung pemulihan ekonomi daerah.

"UKM mesti menyiapkan diri dengan memanfaatkan peluang, tidak tinggal diam karena sebentar lagi lebaran dan orang-orang akan mudik," kata Ganjar seperti dikutip dari Antara, Senin (18/4/2022).

Hal tersebut disampaikan Ganjar usai membuka Ramadhan Fest, UKM Virtual Expo (UVO) 2022 dengan tema UKM Wow Anti Selow di Gedung Gradhika Bhakti Praja.

UKM Virtual Expo 2022 yang akan berlangsung mulai Senin (18/4) hingga Rabu (20/4) di halaman kantor Pemprov Jateng.

Kegiatan ini diselenggarakan secara hybrid dengan jumlah peserta luring yakni 50 UKM unggulan Jateng yang memamerkan produk-produknya di stan yang ada di halaman Kantor Pemprov Jateng, sedangkan daring bisa diakses melalui www.ukmvirtualexpo.com.

"Ini coba kita dorong ya agar UKM kita laku, satu kita buat parsel, dibeli oleh ASN, BUMD, BUMN, instansi pusat yang ada di Jateng kita gotong royong. Kita beli parselnya di dalam parsel itu produknya UKM seluruh Jawa Tengah," kata Ganjar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

UMKM Unggulan

Sejumlah UKM unggulan yang dipamerkan antara lain di bidang fesyen, kerajinan tangan, panganan ringan, kuliner khas Jateng hingga kuliner sehat produksi Jateng.

Dalam kesempatan ini, orang nomor satu di Jateng itu menyebutkan Kementerian Ketenagakerjaan telah menegaskan kepada perusahaan agar tunjangan hari raya (THR) dibayarkan secara penuh dan tidak dicicil.

"Pembagian THR secara penuh dipastikan akan mengungkit perekonomian. Hasil hitung-hitungan kita, prediksi kita dengan BI kemarin di lebaran besok konsumsi akan meningkat tinggi, maka kita jemput bola dan kita siapkan UKM agar mereka menyiapkan diri untuk produknya bisa terjual," ujarnya.

3 dari 4 halaman

KAI: Tiket Mudik Lebaran Kereta Api Sudah Terjual 43 Persen

 Direktur Operasi PT Kereta Api Indonesia (KAI) Awan Hermawan Purwadinata mengatakan, sekitar 43 persen dari 2,4 juta tiket mudik lebaran dengan menggunakan kereta api telah terjual selama musim mudik Idulfitri 2022.

Untuk mengakomodir kelancaran mudik tersebut, KAI menggelar posko mudik lebaran sejak 22 April hingga 13 Mei 2022.

"Untuk kereta api jarak jauh, kami persiapkan secara keseluruhan ada 355 kereta, dengan penambahan 35 kereta selama mudik tahun ini," ujar Awan dalam diskusi online, Jakarta, Senin (18/4).

Awan menjelaskan, lokomotif yang dipersiapkan baik untuk kereta jarak jauh maupun jarak dekat reguler sebanyak 459 unit. Sementara untuk jumlah ketersediaan kursi, pihaknya menyediakan sebanyak 4,7 juta kursi baik jarak dekat maupun jarak jauh.

 

4 dari 4 halaman

Pedoman Perjalanan

PT KAI berpedoman pada Surat Edaran Menteri Perhubungan No.39/2022 tentang pengaturan perjalanan antarkota, di mana pemudik yang telah menerima vaksin tambahan atau booster, tidak perlu melakukan tes antigen maupun PCR.

Apabila pemudik telah mendapatkan dua kali vaksin maka syarat tambahannya adalah bukti antigen. Adapun pemudik yang baru menerima vaksin satu kali, diwajibkan menyertakan hasil PCR.

"Penumpang juga harus melakukan scan pedulilindungi saat masuk ke stasiun. Di dalam kereta, setiap tiga jam kami akan melakukan pengecekan suhu tubuh," tandas Awan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.