Sukses

Imbas Perang, Ekspor Indonesia ke Rusia dan Ukraina Anjlok

Akibat perang antara Rusia dan Ukraina membuat kegiatan ekspor Indonesia ke dua negara tersebut mengalami penurunan.

Liputan6.com, Jakarta Pada pertengahan Februari lalu, Rusia melakukan invasi ke Ukraina. Akibatnya kegiatan ekspor Indonesia ke dua negara tersebut mengalami penurunan.

"Dari fenomena tersebut ekspor kita ke Rusia dan Ukraina mengalami penurunan di bulan Maret," kata kata Kepala Badan Pusat Statistik, Margo Yuwono di Gedung BPS, Jakarta Pusat, Senin (18/4).

Ekspor produk Indonesia ke Rusia mengalami penurunan terbesar yakni mencapai USD 88,1 juta dolar. Adapun komoditas terbesar yang turun yakni lemak dan minyak hewan, mesin dan perlengkapan elektrik.

"Penurunan ekspor terbesar di Rusia yang turun USD 88,1 juta,"

Sementara itu penurunan ekspor Ukraina mengalami penurunan sebesar USD 23,3 juta dolar. Komoditas ekspor yang mengalami penurunan yaitu lemak dan minyak nabati, kertas karton dan barang daripadanya.

Selain kedua negara tersebut, ekspor Indonesia ke tiga negara lainnya mengalami penurunan. Diantaranya Turki yang nilai ekspornya turun USD 59,2 juta dolar. Lalu Bulgaria turun USD 31,5 juta dan Mauritania yang juga turun USD 26,1 juta.

Meski begitu ekspor Indonesia pada Maret 2022 tetap mengalami peningkatan sebesar 29,42 persen (mtm) dibandingkan capaian di bulan Februari 2022. Sehingga nilai ekspornya USD 26,5 miliar.

Terdiri dari komoditas non migas mencapai USD 25,09 miliar dan migas USD 1,41 miliar dolar. Secara tahunan, nilai ekspor juga mengalami peningkatan 44,36 persen. Ekspor migas mengalami peningkatan 54,75 persen dari sebelumnya USD 91 juta dan non migas mengalami peningkatan 43,82 persen dari sebua USD 17,45 miliar.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ekspor RI Maret 2022 Capai USD 26,5 Miliar Berkat Lonjakan Harga Minyak

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, nilai ekspor pada Maret 2022 sebesar USD 26,50 miliar. Jumlah itu naik 29,42 persen secara month to month (mtm). Dibanding pada bulan Februari 2022, nilai ekspor Indonesia sebanyak USD 20,47 miliar.

“Pada bulan Maret ini ekspor Indonesia tercatat USD 26,50 miliar atau meningkat 29,42 persen,” kata Kepala BPS Margo Yuwono  dalam konferensi pers secara virtual, Senin (18/4/2022).

Rinciannya, untuk ekspor non migasnya diperoleh USD 25,09 miliar sedangkan ekspor migasnya mencapai USD 1,41 miliar. Jika bandingkan, ekspor non migasnya dengan bulan Februari lalu mengalami peningkatan sebesar 28,42 persen, dan ekspor migas juga meningkat 41,24 persen.

Adapun, nilai ekspor Maret 2022 sebesar USD 26,50 miliar jika dibandingkan dengan Maret 2021 secara Year on Year mengalami peningkatan sebesar 44,36 persen, dimana non migasnya meningkat 43,82 persen dan migasnya meningkat 54,75 persen year on year.

Kepala BPS, menyebut terdapat beberapa komoditas yang mengalami kenaikan harga sehingga mampu mendorong kinerja ekspor. Di antaranya, minyak mentah, batu bara, nikel, aluminium, emas, tembaga, dan minyak kelapa sawit.

“Kalau kita lihat ekspor utama yang berpengaruh kepada peningkatan non migas ini terutama karena meningkatnya bahan bakar mineral yaitu meningkatnya 54,45 persen, diikuti besi dan baja di bulan Maret ini month to month meningkatnya 37,15 persen,” ujarnya.

"Beberapa komoditas ekspor pada Maret mengalami peningkatan signifikan. Harga minyak mentah Indonesia naik dari USD 95,72/barel pada Februari 2022 menjadi USD 112,5/barel pada Maret 2022, secara mtm naik 18,58 persen dan secara yoy 78,74 persen. Demikian juga komoditas non-migas baik secara mtm maupun yoy," tambahnya.

Kemudian, jika dirinci menurut sektornya, ekspor bulan Maret ini masih didominasi oleh sektor industri pengolahan mencapai USD 19,26 miliar yang tumbuh secara month to month sebesar 23,99 persen.

Selanjutnya disusul sektor pertambangan nilai ekspornya USD 5,40 miliar, tumbuh 50,18 persen (mtm). Lalu, sektor pertanian, kehutanan dan perikanan nilai ekspornya USD 0,43 miliar atau tumbuh 23,27 persen, dan sektor migas nilai ekspornya USD 1,41 miliar tumbuh 41,24 persen (mtm). 

3 dari 4 halaman

Indonesia Ekspor Perdana Tuna ke Vietnam

Indonesia akhirnya melakukan ekspor perdana ikan tuna ke Vietnam. Ini merupakan hasil kerja sama antara Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI)/Indonesia Eximbank dengan PT Sarinah.

Pelepasan ekspor komoditas ikan tuna dilakukan dari Warehouse Benoa, Bali menuju Tuy Hoa, Vietnam. Ekspor ini merupakan realisasi fasilitas pembiayaan ekspor yang diberikan oleh LPEI kepada PT Sarinah.

Direktur Utama PT Sarinah, Fetty Kwartati, mengatakan bahwa Sarinah memiliki beberapa fasilitas dan kapasitas sebagai lokomotif UMKM menuju pasar global. PT Sarinah memiliki wadah, fasilitas, jejaring, manajemen, serta lembaga yang memandu UMKM untuk menumbuhkembangkan kualitas produk nasional dan kewirausahaannya melalui proses kurasi yang komprehensif.

Lembaga ini dinamakan Sarinah Pandu yang merajut semua kapasitas dan fasilitas tersebut melalui kolaborasi dengan stakeholders.Pelepasan ekspor ini merupakan komitmen dari perwujudan transformasi Sarinah dalam menumbuhkembangkan produk unggulan domestik.

Pemasok komoditas ekspor tuna sirip kuning beku untuk ekspor ini adalah para nelayan dan UMKM mitra pemasok Sarinah yang telah terkurasi dan dipasarkan oleh unit usaha ekspor dan perdagangan PT Sarinah.

Nilai ekspor produk ini bernilai USD107.000 dengan volume yang mencapai 27 ton dengan jenis tuna sirip kuning beku. Ini merupakan ekspor perdana komoditas tuna dan yang perdana di tahun 2022 serta kerja sama dalam pembiayaan dari Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI)/Indonesia Eximbank.

“Lebih dari itu, kolaborasi ini merupakan sinergi konkret dalam memperkuat strategi bisnis yang berfokus pada peningkatan akses dan layanan keuangan bagi para pelaku usaha dalam negeri untuk merealisasikan ekspor. Dengan berbagai kemudahan yang difasilitasi oleh Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI)/Indonesia Eximbank, diharapkan kolaborasi ini akan terus berkontribusi dalam mengakselerasi ekspor tanah air,” kata dia dalam keterangan resmi, Jumat (8/24/022).

Pelepasan ekspor ada di 2 lokasi, yakni di Jakarta, tepatnya di Sarinah Trading House lantai 5 dan Warehouse Benoa, Bali.

4 dari 4 halaman

Fasilitas Modal

Pada kesempatan yang sama, Direktur Eksekutif LPEI, Rijani Tirtoso mengungkapkan bahwa kerja sama antara keduanya sesuai dengan mandat LPEI. Yakni untuk meningkatkan ekspor nasional melalui pembiayaan, penjaminan, asuransi, dan jasa konsultasi khususnya bagi para UKM.

“Dengan fasilitas pembiayaan modal kerja sebesar Rp50 Miliar yang kami salurkan kepada Sarinah untuk pengembangan bisnis ekspor, para pelaku usaha mitra binaan Sarinah tidak perlu khawatir akan terbatasnya modal kerja atau dukungan finansial. Ekspor ikan tuna ke Vietnam hari ini yang juga merupakan hasil kerja sama Sarinah dan UKM binaannya asal Jawa Timur merupakan langkah awal untuk membawa UKM ke pasar internasional,” ujar Rijani.

Sarinah merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang ritel, properti, dan perdagangan, serta berperan penting sebagai wadah para pelaku industri kreatif tanah air untuk menampilkan karya dan produk terbaik ke publik.

Dengan mengusung slogan “Panggung Karya Indonesia,” Sarinah membuka akses bagi seluruh komunitas yang ingin mendalami dinamika dan keragaman industri kreatif nasional. Dengan dibukanya kembali Sarinah, perjalanan Sarinah tidak berhenti sampai di sini.

Sebaliknya, Sarinah akan terus mengembangkan berbagai rencana strategis dan senantiasa beradaptasi dengan perkembangan zaman untuk mendorong pertumbuhan industri kreatif tanah air. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.