Sukses

BERANI BERUBAH: Indahnya Kebersamaan Saat Buka Puasa di Wihara Dharma Bakti

Wihara Dharma Bakti mengadakan acara buka bersama untuk para saudara Muslimnya.

Liputan6.com, Jakarta- Kebersamaan dan toleransi antar umat beragama bisa sangat dirasakan di saat bulan Ramadhan. Apalagi, menjelang buka puasa tiba. Tak sedikit umat beragama lain yang ikut meramaikan suasana berbuka dengan kegiatan buka bersama.

Salah satunya adalah Yayasan Wihara Dharma Bakti, yang meski bukan tempat beribadah umat muslim, ikut mengadakan buka puasa bersama untuk saudara-saudara muslimnya.

“Diadakan acara buka puasa bersama adalah kita menjunjung kebinekaan, persatuan Indonesia. Jadi kami sebagai umat yang tidak berpuasa melayani teman-teman kita, saudara kita yang berpuasa,” ungkap Ketua Yayasan Wihara Dharma Bakti Shirley Wijaya kepada Tim Berani Berubah.

“Kita adakan buka puasa sejak tahun 2018 dan berlangsung sampai 2019. 2020 dan 2021 kita vakum karena ada pandemi, baru tahun ini kita mulai lagi,” sambung dia.

Acara buka bersama di Wihara Dharma Bakti sudah diadakan sejak tahun 2018. Namun, karena pandemi, acara ini baru diadakan lagi mulai tahun 2022 ini. Persiapan berbuka sendiri biasanya sudah dilakukan sejak pukul 4 sore.

Wihara Dharma Bakti pun memesan makanan berbuka dari pedagang di sekitar wihara. Tujuannya agar ikut membantu perekonomian daerah sekitar, serta memberikan kesempatan untuk para pedagang berkontribusi di acara buka bersama.

“Kenapa begitu supaya kita tidak mematikan pedagang-pedagang di sekitar kita,” tutur Shirley.

“Kita menyajikan nasi kuning ya sesuai dengan kita biasa kan ada nasi kuning pojok halal dan kita setiap hari kita menyediakan sekitar 300 porsi,” lanjutnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dilakukan dengan Sukarela dan Sukacita

Shirley menambahkan bahwa para pedagang makanan dari Tanah Abang ikut melayani saudara-saudara Muslimnya. Ketika toko sudah mereka tutup, para pedagang ini datang ke wihara dengan sukarela dan sukacita untuk berbagi makanan berbuka.

“Mereka datang ke sini dengan sukarela dengan sukacita bahkan ikut menyumbang makanan untuk saudara-saudara kita yang akan berbuka puasa,” ucap Shirley.

“kita utamakan pada saat antrean adalah yang berbuka puasa dulu yang kita utamakan untuk mengambil makanan pada saat berbuka puasa,” dia mengakhiri. 

Pastinya cerita ini menjadi kisah inspiratif untuk pantang menyerah di saat kondisi terpuruk. Yuk, ikuti kisah ini maupun yang lainnya dalam Program Berani Berubah, hasil kolaborasi antara SCTVIndosiar bersama media digital Liputan6.com dan Merdeka.com.

Program ini tayang di Stasiun Televisi SCTV setiap Senin di Program Liputan6 Pagi pukul 04.30 WIB, dan akan tayang di Liputan6.com serta Merdeka.com pada pukul 06.00 WIB di hari yang sama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.