Sukses

Bandara Soekarno-Hatta Teraman Se-Asia Tenggara, Erick Thohir Beri 2 Jempol

Erick Thohir mengapresiasi prestasi Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang disebut-sebut jadi bandara teraman se-Asia Tenggara

Liputan6.com, Jakarta Bandara Internasional Soekarno-Hatta disebut-sebut jadi bandara teraman se-Asia Tenggara. Menteri BUMN Erick Thohir pun mengapresiasi capaian bandara yang dikelola Angkasa Pura II ini.

Ini ia sampaikan melalui akun Instagram pribadinya @erickthohir. Ia mencantumkan salah satu tsngkapan layar berita yang memuat capaian bandara Soetta itu.

"Acungan jempol untuk @angkasapura2, Bandara Soekarno Hatta menjadi bandara teraman se-Asia Tenggara," tulisnya, dikutip Sabtu (16/4/2022).

Erick menyebut ini jadi kabar baik bagi masyarakat dan pengguna transportasi udara. Pasalnya, sebentar lagi masuk momen mudik lebaran.

"Berita baik nih bagi yang akan mudik mengunjungi keluarga, setelah dua tahun tidak bersilaturhami. Safety itu nomor satu loh," kata dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penilaian

Capaian ini berdasar pada Lembaga Global Safe Travel Barometer. Bandara Soetta disebut-sebut sejajar atau atau berada sedikit di bawah bandara Changi, Singapura.

"Lembaga Global Safe Travel Barometer menobatkan Bandara Soekarno-Batta sebagai bandara teraman di Asia Tenggara bagi penumpang pesawat yang akan melakukan perjalanan di tengah pandemi Covid-19," ujarnya.

Informasi, beberapa aspek keselamatan yany jadi penilaian termasuk penerapa protokol kesehatan di bandara. Hingga aspek lainnya yang menunjang kenyamanan pengunjung.

"Apresiasi kepada @angkasapura2 untuk semangatnya dalam melayani masyarakat," tutupnya.

 

3 dari 4 halaman

Trafik Bandara Soekarno Hatta Meningkat

Pada kuartal I 2022 menjadi awal menggeliatnya penumpang di Bandara Internasional Soekarno Hatta. Pergerakannya pun mencapai 88 persen, dan diprediksi terus meningkat menjelang Idul Fitri 1443 Hijriyah pada awal Mei mendatang.

Dari data yang didapatkan dari PT Angkasa Pura II, peningkatan pergerakan penumpang di bandara tersebut mencapai 88 persen. Atau dari 4 juta penumpang pada Kuartal I/2021 menjadi 7,53 juta penumpang pada Kuartal I/2022.

"Tren positif lalu lintas penerbangan ini membuat AP II mengaktifkan kembali Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta mulai 1 April 2022," ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin, Kamis (14/4/2022).

Sementara, sejak 12 April 2022, Terminal 1 sudah aktif melayani penumpang pesawat rute domestik. Dengan pilihan maskapai penerbangan Airfast, Super Air Jet, Sriwijaya Air, NAM Air dan AirAsia Indonesia.

"Bandara Soekarno-Hatta tetap beroperasi 24 jam setiap hari untuk melayani berbagai penerbangan," kata Awaluddin.

 

4 dari 4 halaman

Bandara Angkasa Pura II Lainnya

Tidak hanya di Bandara Soekarno-Hatta, pertumbuhan aktivitas penerbangan juga terjadi di 20 bandara lainnya yang dikelola PT Angkasa Pura II.

Sepanjang Januari-Maret 2022, jumlah pergerakan penumpang pesawat di 20 bandara AP II secara kumulatif tercatat 11.71 juta penumpang. Atau naik signifikan sekitar 65 persen dibandingkan dengan Januari-Maret 2021 sebanyak 7.07 juta penumpang.

Pergerakan pesawat turut mengalami kenaikan sebesar 11 persen menjadi 106.860 penerbangan.

"Pada Maret 2022, penanganan Covid-19 di Indonesia yang juga didukung program vaksinasi booster, berjalan sangat baik sehingga saat ini pandemi dapat terkendali dengan baik," papar Awaluddin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.