Sukses

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 26 Resmi Ditutup!

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 26 resmi ditutup.

Liputan6.com, Jakarta Kartu Prakerja Gelombang 26 resmi ditutup. Sebelumnya, pendaftaran program Kartu Prakerja untuk gelombang ini sudah dibuka sejak 8 April 2022.

Penutupan pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 26 ini diumumkan langsung oleh penyelenggara Kartu Prakerja lewat akun Instagramnya @prakerja.go.id.

"Makan sayur ketupat sampai semaput, permisi sobat, gelombang 26 sudah kita tutup supaya proses bisa berlanjut!," tulis akun tersebut, Rabu (13/4/2022).

Meski demikian, manajemen Kartu Prakerja memastikan jika akan ada Kartu Prakerja gelombang berikutnya yang bisa diikuti masyarakat yang belum mendaftar atau belum berhasil menjadi peserta Kartu Prakerja.

"Untuk sobar yang belum sempat bergabung di gelombang ini, jangan sedig karena masih ada banyak kesempatan di gelombang-gelombang berikutnya," tutup akun tersebut.

Sedangkan bagi masyarakat yang sudah mendaftar Kartu Prakerja Gelombang 26 ini, siap-siap untuk mengecek kelolosannya melalui 2 cara yaitu lewat akun dashboard dan SMS atau pesan singkat atau e-mail.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cek di Akun Dashboard

Mengutip informasi dari website prakerja.go.id, peserta bisa mengecek status kelulusan di akun dashboard masing-masing.

“Pada tanggal pengumuman seleksi Gelombang, login ke akun kamu, lalu cek dashboad kamu,” demikian penjelasannya.

Lebih lanjut, berikut ini langkah-langkah cek kelulusan Kartu Prakerja melaluin dashboard akun.

1. Cek status penerimaan melalui dashboard Prakerja pada lama prakerja.go.id

2. Apabila terdapat keterangan “pendaftaran sedang dalam evaluasi”, itu berarti proses seleksi sedang berlangsung

3. Saat pengumuman, peserta yang lolos akan mendapatkan notifikasi untuk menonton tiga video tentang pengenalan Kartu Prakerja

4. Peserta yang lolos menonton ketiga video tersebut dan tidak diperkenankan untuk menutup video jika belum selesai atau mempercepat laju video

5. Setelah menonton video selesai, peserta baru bisa melihat Nomor Kartu Prakerja

Sementara itu, bila tidak lolos Kartu Prakerja Gelombang 25, peserta akan mendapatkan notifikasi di dashboard dengan keterangan “Kamu Belum Berhasil”.

Cek Pesan Singkat atau SMS

Selain melalui dashboard akun, peserta juga bisa cek kelulusann melalui SMS atau pesan singkat dan e-mail.

“Jika lolos seleksi Gelombang kamu juga akan menerima notifikasi kelolosan melalui SMS dan email,” demikian informasinya.

Karena itu, pastikan nomor dan e-mail masih aktif dan sesuai dengan pada saat pendaftaran agar bisa mengecek kelulusan Prakerja.

3 dari 4 halaman

Mau Verifikasi Wajah di Akun Kartu Prakerja Berhasil, Perhatikan Hal Ini Dulu

Dalam proses pendaftaran Kartu Prakerja, peserta diminta untuk verifikasi akun dengan mengunggah foto selfie.

Namun, tidak sedikit yang berhasil melewati proses ini sehingga berpikir untuk tidak melanjutkannya. Padahal kegagalan verifikasi foto di akun kartu prakerja tersebut bisa terjadi karena beberapa alasan.

Jadi, meski yang diunggah merupakan foto selfie, peserta harus melakukannya dengan benar sesuai dengan ketentuan. Bila tidak mengikuti aturan, sudah pasti verifikasi wajah akan gagal terus.

“Walaupun judulnya selfie, tapi kamu juga tetap harus serius dan ga bisa asal-asalan ya,” dikutip dari akun Instagram @prakerja.go.id, Rabu (6/4/2022).

Lantas bagaimana cara yang benar agar verifikasi wajah di akun Prakerja bisa berhasil?

Jadi, meski banyak yang sulit melewati proses verifikasi ini, banyak pula yang berhasil. Itu berarti perlu diperhatikan kembali hal-hal yang belum benar pada saat menjalani prosesnya.

 

4 dari 4 halaman

Poin Penting

Bagi yang masih gagal, coba perhatikan beberapa hal berikut ini.

1. Mengecek kondisi fisik KTP

Semua informasi yang ada di sana harus terlihat jelas, terutama foto di KTP. Bila masih belum jelas, kemungkinan gagal akan terjadi.

2. Perhatikan foto saat selfie

Jangan lupa senyum tipis, tapi tidak perlu sampai tertawa lebar. Tim penyeleksi hanya akan memastikan bahwa foto selfie dengan yang ada di KTP adalah pendaftar sesungguhnya.

3. Jangan memakai aksesori

Hal yang perlu diperhatikan lainnya ketika selfie adalah jangan memakai aksesori apa pun, termasuk kacamata. Sebab, beberapa pendaftar seringkali tidak sadar mengenai hal ini padahal sudah tertulis dalam ketentuan sesuai di website Kartu Prakerja.

4. Pengambilan foto

Pada saat pengambilan foto, ambil posisi normal dan sopan. Jangan asal-asalan apalagi sambil rebahan.

Perlu diingat, proses verifikasi ini bukan berarti menghambat pendaftaran bagi yang ingin bergabung dengan Program Kartu Prakerja. Akan tetapi, untuk memastikan bahwa data yang diinput merupakan data asli yang digunakan oleh pemilik aslinya.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.