Sukses

Bos OJK Senang Mudik Lebaran Dibolehkan, Bisa Percepat Ekonomi Tumbuh

Masyarakat yang pulang kampung atau mudik lebaran bisa memutar roda perekonomian nasional lebih cepat.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Wimboh Santoso, menyambut baik kebijakan pemerintah yang mengizinkan kegiatan mudik Lebaran 2022. Masyarakat yang pulang kampung bisa memutar roda perekonomian nasional lebih cepat. 

Wimboh pun bersyukur, ekonomi Indonesia sekarang sudah lebih bagus. Itu berhasil dicapai berkat upaya dalam mempercepat program vaksinasi, plus vaksin booster dosis ketiga. 
 
"Ini tidak lain tidak bukan karena pemerintah dengan seluruh jajaran dan aparatnya didukung masyarakat telah berhasil memvaksin masyarakat 80 persen. Sedangkan ukuran WHO, 70 persen saja sudah disebut kekebalan tubuhnya tercapai," ujarnya dalam program Bangga Buatan Indonesia di Sumatera Barat, Selasa (12/4/2022).
 
Alhasil mobilitas masyarakat pun semakin tergerak. Orang tua sudah lebih bebas mengajak anak cucunya piknik, dan undangan ngopi dari rekan kerja juga kini lebih banyak. 
 
"Artinya ini memberikan semangat kita semua untuk pulih lebih cepat, belanja, apalagi saya pribadi dan seluruh keluarga menyambut baik, bahwa kita boleh berlibur lebaran," kata Wimboh.
 
 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Konsumsi Domestik

Dia pun mewajari proses pemulihan ekonomi pasca pandemi saat ini yang terbilang cepat. Sebab, sekitar 54 persen perekonomian Indonesia didukung oleh konsumsi domestik.  
 
"Jadi tanpa aktivitas keluar, tanpa aktivitas normal, rasanya sulit kita akan tumbuh. Sehingga PDB kita di 2021 kemarin tumbuh 3,69 persen secara year on year," ungkapnya. 
 
"Ini adalah berkah bagi kita semua, Insya Allah covid sudah semakin menurun. Insya Allah kita berdoa bersama-sama supaya tidak ada varian-varian baru lagi," pungkas Wimboh.
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Otoritas Jasa Keuangan atau OJK adalah lembaga yang berfungsi untuk mengatur dan mengawasi seluruh kegiatan di sektor keuangan.

    OJK

  • Wimboh Santoso kini menjabat sebagai Ketua Dewan Komisiones OJK. Jabatannya itu berlaku sejak 2017-2022.

    Wimboh Santoso

  • Mudik lebaran adalah tradisi pulang kampung yang dilakukan menjelang Hari Raya Idulfitri.

    Mudik Lebaran