Sukses

Capai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, Indonesia Butuh Rp 67.000 Triliun

Adapun kalkulasi kebutuhan pendanaan untuk mencapai SDGs sebesar Rp 67.083 triliun, dengan selisih (gap) pendanaan sekitar Rp 14 ribu triliun yang masih harus dipenuhi.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) terus menyiapkan peta jalan untuk mencapai target Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs). Namun, pihak instansi mengakui itu bukan perkara mudah.

Deputi Kemaritiman dan Sumber Daya Alam Nasional Kementerian PPN/Bappenas Arifin Rudiyanto mengatakan, paling tidak masih ada dua tantangan besar untuk mencapai tujuan Sustainable Development Goals, yakni dari segi pembiayaan dan komunikasi.

Adapun kalkulasi kebutuhan pendanaan untuk mencapai SDGs sebesar Rp 67.083 triliun, dengan selisih (gap) pendanaan sekitar Rp 14 ribu triliun yang masih harus dipenuhi.

"Untuk mencapai target SDGs hingga 2030, dibutuhkan pembiayaan besar, sebesar Rp 67 ribu triliun, dan lebih dari Rp 14 ribu triliun yang masih harus dipenuhi," ujar Arifin dalam sesi webinar, Selasa (12/4/2022).

Arifin memperkirakan, kebutuhan pembiayaan SDGs akan meningkat pasca masa pandemi Covid-19. Dengan begitu, tantangan pencapaian SDGs bakal semakin besar.

"Akibat pandemi, kita hadapi tantangan besar untuk wujudkan SDGs. Target pertumbuhan ekonomi 2045 juga berpotensi tertunda. Pasca pandemi perlu pertumbuhan 6 persen untuk bawa Indonesia negara maju dan lepas dari middle income trap sebelum 2045," serunya.

Merujuk ucapan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada SDGs Annual Conference 2021, ia menyampaikan, negara harus mencari cara dan terobosan baru agar terjadi lompatan dalam mencapai target SDGs.

"Bapak Presiden meminta secara khusus kepada Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, untuk menyiapkan orkestrasi nasional yang berkelanjutan. Termasuk untuk pembiayaan guna percepatan pencapaian target SDGs," tuturnya.

 

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan

Berikut penjelasan tentang 17 tujuan pembangunan berkelanjutan, dirangkum Liputan6.com dari United Nations Development Programme, Senin(7/3/2022).

1. Tanpa kemiskinan

Mengentas segala bentuk kemiskinan di seluruh tempat. Memberantas kemiskinan dalam segala bentuknya tetap menjadi salah satu tantangan terbesar yang dihadapi umat manusia. Tujuan pembangunan berkelanjutan adalah komitmen berani untuk menyelesaikan apa yang dimulai, dan mengakhiri kemiskinan dalam segala bentuk dan dimensi pada tahun 2030. Ini melibatkan penargetan yang paling rentan, meningkatkan sumber daya dan layanan dasar, dan mendukung masyarakat yang terkena dampak konflik dan bencana terkait iklim.

2. Tanpa kelaparan

Mengakhiri kelaparan, mencapai ketahanan pangan dan perbaikan nutrisi, serta menggalakkan pertanian yang berkelanjutan. Kelaparan ekstrim dan kekurangan gizi tetap menjadi penghalang besar bagi pembangunan di banyak negara. Tujuan pembangunan berkelanjutan adalah untuk mengakhiri semua bentuk kelaparan dan kekurangan gizi pada tahun 2030, memastikan semua orang – terutama anak-anak – memiliki makanan yang cukup dan bergizi sepanjang tahun.

Ini melibatkan mempromosikan pertanian berkelanjutan, mendukung petani skala kecil dan akses yang sama ke tanah, teknologi dan pasar. Hal ini juga membutuhkan kerjasama internasional untuk memastikan investasi di bidang infrastruktur dan teknologi untuk meningkatkan produktivitas pertanian.

3. Kehidupan sehat dan sejahtera

Menggalakkan hidup sehat dan mendukung kesejahteraan untuk semua usia. Tujuan pembangunan berkelanjutan memperhitungkan kesenjangan ekonomi dan sosial yang meluas, urbanisasi yang cepat, ancaman terhadap iklim dan lingkungan, beban HIV dan penyakit menular lainnya yang terus berlanjut, dan tantangan yang muncul seperti penyakit tidak menular. Cakupan kesehatan universal akan menjadi bagian integral untuk mencapai pembangunan berkelanjutan 3, mengakhiri kemiskinan dan mengurangi ketidaksetaraan.

4. Pendidikan berkualitas

Memastikan pendidikan berkualitas yang layak dan inklusif serta mendorong kesempatan belajar seumur hidup bagi semua orang. Mencapai pendidikan inklusif dan berkualitas untuk semua menegaskan kembali keyakinan bahwa pendidikan adalah salah satu kendaraan yang paling kuat dan terbukti untuk pembangunan berkelanjutan.

Tujuan pembangunan berkelanjutan ini memastikan bahwa semua anak perempuan dan laki-laki menyelesaikan sekolah dasar dan menengah gratis pada tahun 2030. Ini juga bertujuan untuk memberikan akses yang sama ke pelatihan kejuruan yang terjangkau, untuk menghilangkan kesenjangan gender dan kekayaan, dan mencapai akses universal ke pendidikan tinggi yang berkualitas.

5. Kesetaraan gender

Mencapai kesetaraan gender dan memberdayakan perempuan. Mengakhiri semua diskriminasi terhadap perempuan dan anak perempuan bukan hanya hak asasi manusia yang mendasar, tetapi juga penting untuk masa depan yang berkelanjutan. Sangat penting untuk memberi perempuan hak yang sama atas tanah dan properti, kesehatan seksual dan reproduksi, dan teknologi dan internet. Saat ini ada lebih banyak wanita di jabatan publik daripada sebelumnya, tetapi mendorong lebih banyak pemimpin wanita akan membantu mencapai kesetaraan gender yang lebih besar.

6. Air bersih dan sanitasi layak

Menjamin akses atas air dan sanitasi untuk semua adalah tujuan pembangunan berkelanjutan. Kelangkaan air memengaruhi lebih dari 40 persen orang, angka yang mengkhawatirkan yang diproyeksikan meningkat seiring suhu. Meskipun 2,1 miliar orang telah meningkatkan sanitasi air sejak tahun 1990, persediaan air minum yang berkurang mempengaruhi setiap benua. Melindungi dan memulihkan ekosistem yang berhubungan dengan air sangat penting.

 

3 dari 4 halaman

7. Energi bersih dan terjangkau

Memastikan akses pada energy yang terjangkau, bisa diandalkan, berkelanjutan dan modern untuk semua. Berinvestasi dalam tenaga surya, angin dan panas, meningkatkan produktivitas energi, dan memastikan energi untuk semua sangat penting jika kita ingin mencapai SDG 7 pada tahun 2030. Memperluas infrastruktur dan meningkatkan teknologi untuk menyediakan energi yang bersih dan lebih efisien di semua negara akan mendorong pertumbuhan dan membantu lingkungan.

8. Pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi

Mempromosikan pertumbuhan ekonom berkelanjutan dan inklusif, lapangan pekerjaan yang layak untuk semua. Tujuan pembangunan berkelanjutan adalah untuk mencapai pekerjaan penuh dan produktif, dan pekerjaan yang layak, untuk semua perempuan dan laki-laki pada tahun 2030. Ini mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, tingkat produktivitas dan inovasi teknologi yang lebih tinggi. Mendorong kewirausahaan dan penciptaan lapangan kerja adalah kunci untuk ini, seperti juga langkah-langkah efektif untuk memberantas kerja paksa, perbudakan dan perdagangan manusia.

9. Industri, inovasi dan infrastruktur

Membangun infrastruktur kuat, mempromosikan industrialisasi berkelanjutan, dan mendorong inovasi. Lebih dari 4 miliar orang masih belum memiliki akses ke Internet, dan 90 persennya berasal dari negara berkembang. Menjembatani kesenjangan digital ini sangat penting untuk memastikan akses yang sama terhadap informasi dan pengetahuan, serta mendorong inovasi dan kewirausahaan.

10. Mengurangi kesenjangan

Mengurangi kesenjangan di dalam dan di antara negara-negara menjadi salah satu tujuan pembangunan berkelanjutan. Ketimpangan pendapatan telah meningkat di hampir semua tempat dalam beberapa dekade terakhir, tetapi dengan kecepatan yang berbeda. Kesenjangan yang melebar ini membutuhkan kebijakan yang baik untuk memberdayakan mereka yang berpenghasilan rendah, dan mendorong inklusi ekonomi semua orang tanpa memandang jenis kelamin, ras atau etnis. 

11. Kota dan komunitas berkelanjutan

Membuat perkotaan menjadi inklusif, aman, kuat, dan berkelanjutan. Membuat kota berkelanjutan berarti menciptakan peluang karir dan bisnis, perumahan yang aman dan terjangkau, serta membangun masyarakat dan ekonomi yang tangguh. Ini melibatkan investasi dalam transportasi umum, menciptakan ruang publik hijau, dan meningkatkan perencanaan dan pengelolaan kota dengan cara yang partisipatif dan inklusif.

12. Konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab

Memastikan pola konsumsi dan produksi yang berkelanjutan. Sebagian besar penduduk dunia masih mengkonsumsi terlalu sedikit bahkan untuk memenuhi kebutuhan dasar mereka. Mengurangi separuh sampah makanan global per kapita di tingkat pengecer dan konsumen juga penting untuk menciptakan produksi dan rantai pasokan yang lebih efisien. Ini dapat membantu ketahanan pangan, dan menggeser kita menuju ekonomi yang lebih efisien sumber daya. 

4 dari 4 halaman

13. Penanganan perubahan iklim

Mengambil langkah penting untuk melawan perubahan iklim dan dampaknya. Kerugian ekonomi rata-rata tahunan dari bencana terkait iklim mencapai ratusan miliar dolar. Tindakan ini juga harus berjalan seiring dengan upaya untuk mengintegrasikan langkah-langkah risiko bencana, pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan, dan keamanan manusia ke dalam strategi pembangunan nasional.

14. Ekosistem laut

Perlindungan dan penggunaan samudera, laut dan sumber daya kelautan secara berkelanjutan. Lebih dari tiga miliar orang bergantung pada keanekaragaman hayati laut dan pesisir untuk mata pencaharian mereka. Tujuan pembangunan berkelanjutan adalah untuk mengelola dan melindungi ekosistem laut dan pesisir secara berkelanjutan dari polusi, serta mengatasi dampak pengasaman laut. Meningkatkan konservasi dan pemanfaatan berkelanjutan sumber daya berbasis laut melalui hukum internasional juga akan membantu mengurangi beberapa tantangan yang dihadapi lautan. 

15. Ekosistem darat

Mengelola hutan secara berkelanjutan, melawan perubahan lahan menjadi gurun, menghentikan dan merehabilitasi kerusakan lahan, menghentikan kepunahan keanekaragaman hayati. Tindakan mendesak harus diambil untuk mengurangi hilangnya habitat alami dan keanekaragaman hayati yang merupakan bagian dari warisan bersama kita dan mendukung ketahanan pangan dan air global, mitigasi dan adaptasi perubahan iklim, serta perdamaian dan keamanan.

16. Perdamaian, keadilan, dan kelembagaan yang tangguh

Tujuan pembangunan berkelanjutan adalah untuk secara signifikan mengurangi segala bentuk kekerasan, dan bekerja sama dengan pemerintah dan masyarakat untuk mengakhiri konflik dan ketidakamanan. Mempromosikan supremasi hukum dan hak asasi manusia adalah kunci untuk proses ini, seperti mengurangi aliran senjata ilegal dan memperkuat partisipasi negara-negara berkembang dalam lembaga-lembaga pemerintahan global.

17. Kemitraan untuk mencapai tujuan

Menghidupkan kembali kemitraan global demi pembangunan berkelanjutan. Tujuan pembangunan berkelanjutan hanya dapat diwujudkan dengan kemitraan dan kerjasama global yang kuat. Tujuan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kerjasama Utara-Selatan dan Selatan-Selatan dengan mendukung rencana nasional untuk mencapai semua target. Mempromosikan perdagangan internasional, dan membantu negara-negara berkembang meningkatkan ekspor mereka adalah bagian dari pencapaian sistem perdagangan yang adil dan adil berdasarkan aturan universal yang adil dan terbuka serta menguntungkan semua pihak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.