Sukses

Pesan Erick Thohir ke Milenial: Pintar tapi Tak Punya Karakter Akan Jadi Jahat

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, transformasi BUMN tidak mungkin berhasil tanpa transformasi human capital.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, transformasi BUMN tidak mungkin berhasil tanpa transformasi human capital.

Oleh karena itu, sangat penting bagi BUMN merekrut putra putri bangsa yang tidak hanya memiliki kapabilitas tetapi juga memiliki karakter.

"Karena kita tidak mau juga menjadi sebuah kekuatan yang besar, tetapi menjadi kekuatan justru yang salah arah karena tidak diiringi yang namanya karakter yang baik. Kepintaran tanpa karakter akan menjadi kejahatan. Kekayaan tanpa karakter tentu akan menjadi sebuah kerakusan," katanya, Jakarta, Selasa (12/4/2022).

Erick Thohir selalu berupaya mengingatkan bawahannya agar menghasilkan regenerasi yang baik. Sehingga kekuatan sepertiga ekonomi Indonesia yang ada di BUMN, bisa melanjutkan keseimbangan dan tentu mendorong perekonomian Indonesia yang akan terus tumbuh sampai 2045.

"Itulah yang penting buat kita memastikan bagaimana keberpihakan kita kepada talenta talenta terbaik untuk bergabung di BUMN. Karena kita sadari, sepertiga dari kekuatan ekonomi Indonesia itu adalah di BUMN. Jadi kita harus sadari juga bahwa kita yang berkarier di BUMN adalah putra-putri yang terbaik," jelasnya.

Lebih lanjut dia menambahkan, melihat kondisi saat ini, knovasi adalah sebuah keharusan yang terjadi. Sebab Indonesia sedang menghadapi kondisi yang diberi istilah Knowledge Based Economy.

Di mana pertumbuhan itu hasil daripada manusianya, tidak hanya sekadar sumber daya alamnya, atau marketnya yang sangat besar.

"Karena itu kita sangat berharap para millennial bahwa dipastikan tulang punggung daripada pertumbuhan ini di mereka (milenial), tentu mereka sendiri harus menjadi bagian yang percaya ini merupakan keberlanjutan yang harus dilakukan sejak awal," tandasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Erick Thohir Buka Rekrutmen Bersama BUMN 2022, Tawarkan 2.700 Lowongan Kerja

Menteri BUMN Erick Thohir resmi meluncurkan Program Rekrutmen Bersama BUMN 2022 pada Selasa, 12 April 2022. Program ini membuka sebanyak 2.700 lowongan kerja untuk bermacam posisi di berbagai perusahaan BUMN.

Pada kesempatan itu, Erick Thohir menekankan, perekrutan ini jadi salah satu bentuk transformasi BUMN pada bidang human capital. Dia ingin memastikan, perusahaan pelat merah bisa menarik talenta-talenta terbaik bangsa di bidangnya masing-masing.

"Karena kita sadari, 1/3 dari kekuatan ekonomi Indonesia adalah di BUMN. Jadi kita harus sadari juga, kita yang berkarir di BUMN adalah putra-putri yang terbaik," ujar Erick Thohir pada saat peluncuran Program Rekrutmen Bersama BUMN 2022, Selasa (12/4/2022).

Di sisi lain, ia juga menegaskan akan pentingnya kontinuitas kepemimpinan di BUMN agar terus berlanjut. Itu kemudian diisi oleh figur-figur dari generasi muda yang tak hanya punya kapabilitas, tapi juga karakter Akhlak yang baik.

"Karena kita tidak mau juga menjadi sebuah kekuatan yang besar, tetapi menjadi kekuatan yang justru salah arah karena tidak diiringi karakter yang baik. Kepintaran tanpa karakter akan menjadi kejahatan. Kekayaan tanpa karakter tentu akan menjadi sebuah kerakusan," tegasnya.

3 dari 3 halaman

Regenerasi

Oleh karenanya, Erick menekankan, bagaimana para pimpinan BUMN yang merupakan putra terbaik juga punya tanggung jawab meneruskan regenerasi yang baik.

"Sehingga kekuatan 1/3 ekonomi yang ada di BUMN bisa melanjutkan yang namanya keseimbangan daripada perekonomian Indonesia, dan tentu mendorong ekonomi Indonesia yang akan terus tumbuh sampai 2045," tuturnya.

Erick pun meminta bantuan perguruan tinggi agar bisa ikut bantu membangun karakter calon-calon pemimpin BUMN yang baik.

"Saya ingin mengucapkan terimakasih atas kehadiran para rektor yang terus berkolaborasi, tentu dengan BUMN ataupun Kementerian BUMN untuk memastikan link and match, dimana para putra-putri terbaik dari masing-masing perguruan tinggi bisa juga terserap untuk ke BUMN tersebut," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.