Sukses

Gautam Adani Jadi Orang Terkaya Asia, Hartanya Tembus Rp 1.752 Triliun

Selain jadi orang terkaya Asia, Gautam Adani masuk centi-miliarder baru di dunia. Ini adalah kelompok elit dengan kekayaan lebih dari USD 100 miliar.

Liputan6.com, Jakarta Miliarder Gautam Adani dari India kini Jadi Orang Terkaya di Asia usai hartanya meroket selama dua tahun terakhir.

Bahkan taipan infrastruktur India Gautam Adani telah menjadi centi-miliarder terbaru di dunia, bergabung dengan kelompok elit dengan kekayaan lebih dari USD 100 miliar. 

Kelompok elit ini hanya beranggotakan 8 mogul atau miliarder di dunia. Mereka antara lain Elon Musk, Jeff Bezos dan Bill Gates.

Melansir laman Forbes, Selasa (12/4/2022), Gautam Adani mejadi miliarder Asia terkaya yang pernah ada mengacu pada penutupan pasar saham tanpa menyesuaikan dengan inflasi.

Adani yang berusia 59 tahun, yang merupakan satu-satunya orang India yang saat ini berada di klub elit, adalah pendiri dan ketua Adani Group, konglomerat pelabuhan dan energi dengan enam perusahaan publik di India.

Kekayaannya naik melewati angka 12 angka setelah International Holding Co. di Abu Dhabi menginvestasikan USD 2 miliar dalam tiga bisnisnya yang berfokus pada energi hijau. Ketiga bisnisnya yakni Adani Green Energy, Adani Transmission, dan Adani Enterprises.

IHC diketuai Sheikh Tahnoun bin Zayed Al Nahyan, penasihat keamanan nasional UEA dan saudara dari putra mahkota negara, Sheik Mohamed bin Zayed Al Nahyan.

Sontak pengumuman ini membuat saham Adani Green Energy, perusahaan energi terbarukan yang dimiliki Adani lebih dari 60 persen, melonjak hampir 25 persen pada Jumat.

Saham Adani Transmission dan Adani Enterprises juga naik, masing-masing sebesar 11 persen dan 3 persen.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kantongi Harta USD 122 Miliar

Adani kini mengantongi kekayaan sekitar USD 122 miliar, menurut pelacak kekayaan miliarder real-time Forbes. Ini menjadikannya orang terkaya di Asia dan orang terkaya No. 6 di dunia.

Adani melompat ke puncak daftar orang terkaya dunia bukan tanpa usaha. Perjalanan dunia bisnisnya dimulai pada 1988, ketika dia memulai perusahaan ekspor komoditas setelah putus kuliah dan menolak toko tekstil ayahnya.

Pemilik pelabuhan terbesar di India, yang terletak di negara bagian asalnya, Gujarat ini, pertama kali bergabung dengan jajaran miliarder pada 2008. Kala itu, kekayaan bersihnya diprediksi mencapai USD 9,3 miliar.

Namun kekayaannya kian bertambah justru saat pandemi Covid-19. Usai dia melakukan ekspansi besar-besaran ke bisnis energi terbarukan, media, bandara dan banyak lagi.

Adani mengatakan dia ingin menjadi produsen energi hijau terbesar di dunia, dengan tujuan menginvestasikan hingga USD 70 miliar ke dalam proyek energi terbarukan.

 

3 dari 3 halaman

Geser Mukesh Ambani

Perkiraan kekayaan Adani telah melonjak dari USD 8,9 miliar menjadi USD 50,5 miliar pada April 2021, ketika Forbes merilis daftar Miliarder Dunia tahunan pada tahun itu.

Dia kemudian menyalip sesama miliarder India Mukesh Ambani, kepala Reliance Industries, sebagai orang terkaya di Asia pada Februari 2022. Ini setelah kekayaan bersihnya hampir dua kali lipat sekali lagi, menjadi lebih dari USD 90 miliar.

Saham Adani Green Energy telah meningkat hampir 80 persen dalam setahun. Pada saat Forbes merilis daftar miliarder tahun 2022, Ambani telah mendapatkan kembali posisi No. 1 di Asia, menggeser Adani hanya dengan selisih kekayaan USD 700 juta.

Ambani sekarang adalah orang terkaya kedua di Asia – dirinya sendiri hampir mencapai centi-miliarder, dengan kekayaan sekitar USD 99,4 miliar.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.