Sukses

Rupiah Loyo Lawan Dolar AS, Suku Bunga AS Jadi Momok

Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS pada Selasa, diprediksi melemah dibayangi ekspektasi kenaikan suku bunga bank sentral

Liputan6.com, Jakarta Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS pada Selasa, diprediksi melemah dibayangi ekspektasi kenaikan suku bunga bank sentral Amerika Serikat The Fed yang lebih agresif.

Rupiah bergerak melemah tipis 1 poin ke posisi 14.366 per dolar AS dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan sebelumnya 14.365 per dolar AS.

"Nilai tukar rupiah masih berpeluang untuk melemah lagi hari ini terhadap dolar AS dengan tingginya ekspektasi pasar terhadap kenaikan suku bunga acuan AS yang agresif tahun ini," kata pengamat pasar uang Ariston Tjendra dikutip dari Antara, Selasa (12/4/2022).

Semalam, Kepala Bank Sentral AS area Chicago Charles Evans, memberikan dukungan terhadap kenaikan suku bunga acuan AS yang lebih agresif tahun ini.

Suku bunga acuan AS diperkirakan akan berada di kisaran 2,25 persen - 2,5 persen pada akhir tahun ini. Saat ini suku bunga ada di level 0,5 persen dan kemungkinan akan ada kenaikan masing-masing 50 basis poin dalam dua rapat mendatang.

"Indikasi meningginya ekspektasi kenaikan suku bunga acuan AS yang lebih agresif terlihat dari kenaikan yield obligasi pemerintah AS. Yield tenor 10 tahun naik lagi ke atas kisaran 2,8 persen," ujar Ariston.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Risiki Inflasi

Menurut Ariston, kebijakan pengetatan yang agresif itu untuk memerangi inflasi di AS yang sudah sangat tinggi.

Risiko inflasi dinilai masih meninggi karena kenaikan harga berbagai komoditi akibat invasi Rusia.

"Di sisi lain, minat pasar yang tinggi untuk berinvestasi di Indonesia, ditandai dengan naiknya IHSG ke level tertinggi baru, bisa menahan pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS," kata Ariston.

Ariston memperkirakan rupiah hari ini berpotensi melemah ke kisaran 14.380 per dolar AS dengan potensi support di kisaran 14.340 per dolar AS.

Pada Senin (11/4) lalu, rupiah ditutup melemah 3 poin atau 0,02 persen ke posisi 14.365 per dolar AS dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan sebelumnya 14.362 per dolar AS.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.