Sukses

Miliarder Hong Kong Richard Li Kecipratan Cuan Debut Saham GOTO

GoTo resmi listing di BEI dengan memakai kode saham GoTo, pada Senin ini (11/4/2022).

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah perusahaan raksasa hingga miliarder asing disebut-sebut akan menjadi salah satu tokoh yang diuntungkan dari aksi penawaran umum saham perdana (IPO) dari PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO).

Diketahui GoTo resmi listing di BEI dengan memakai kode saham GoTo, pada Senin ini (11/4/2022). Ini menjadikan GoTo sebagai perusahaan tercatat ke-15 di BEI pada 2022. Jumlah saham yang dicatatkan di BEI 1.184.363.929.502 saham.

Dilansir dari Bloomberg, Senin (11/4/2022) putra bungsu miliarder Hong Kong Li Ka-shing, yakni Richard Li, disebut menjadi salah satu miliarder yang mendapat keuntungan setelah melantainya GOTO.

GoTo telah mengumpulkan USD 1,1 miliar atau setara Rp 15,8 triliun di salah satu penawaran umum perdana (IPO) terbesar di dunia tahun ini.

Hal ini memicu keuntungan bagi Richard Li, di mana sahamnya di GOTO, yang dimiliki melalui tiga kendaraan - bernilai USD 900 juta atau Rp 12,9 triliun.

Itu akan membuat kekayaan bersihnya naik menjadi sekitar USD 5 miliar,  menurut Bloomberg Billionaires Index.

Dengan mendukung GOTO, sang miliarder bergabung dengan investor termasuk Vision Fund dari Softbank Group Corp, Taobao China dari Alibaba Group Holding Ltd dan Sequoia Capital India.

Diantara investor ternama itu, Richard Li mendapatkan salah satu keuntungan individu terbesar dari daftar.

Sahamnya di GOTO juga akan bernilai lebih besar dari yang dimiliki CEO perusahaan atau salah satu pendirinya, menurut penghitungan Bloomberg berdasarkan prospektus IPO.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kapitalisasi Pasar Saham GOTO Sentuh Rp 459,53 Triliun

Mengutip data RTI, kapitalisasi pasar saham GOTO menyentuh Rp 459,53 triliun. Kapitalisasi pasar saham GOTO pun berada di posisi ketiga terbesar di BEI.

Tak hanya itu, GOTO juga menggeser kapitalisasi pasar saham PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM). Kapitalisasi pasar saham TLKM berada di posisi empat dengan nilai Rp 453,70 triliun.

Selain itu, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) juga bertahan di zona hijau hingga penutupan perdagangan sesi pertama.

Penguatan IHSG ini tentunya ditopang aksi beli investor asing dan transaksi saham GOTO yang signifikan.

IHSG naik 0,40 persen ke posisi 7.239,90. IHSG sempat menyentuh level tertinggi 7.355,30.

Namun, jelang penutupan perdagangan sesi pertama, penguatan IHSG menjadi terbatas. Sebanyak 390 saham melemah dan 140 saham menguat. 151 saham diam di tempat.

Total frekuensi perdagangan 1.219.480 kali dan volume perdagangan 33,5 miliar saham.

Nilai transaksi harian Rp 14,5 triliun. Investor asing beli saham Rp 438,70 miliar di seluruh pasar. Posisi dolar Amerika Serikat terhadap rupiah di kisaran 14.342.

3 dari 4 halaman

Saham Teraktif pada Sesi Pertama

Saham GOTO mencatatkan sebagai saham teraktif pada sesi pertama. Total frekuensi perdagangan 233.898 kali. Total nilai transaksi saham GOTO Rp 3,1 triliun.

Disusul saham IATA dengan frekuensi perdagangan 39.090 kali dan nilai transaksi Rp 209 miliar. Saham ADMR tercatat total frekuensi perdagangan 25.079 kali dan nilai transaksi Rp 356,9 miliar.

Indeks LQ45 melemah 1,09 persen ke posisi 1.032,42. Sebagian besar indeks acuan alami koreksi. Sebagian besar sektor saham tertekan kecuali indeks sektor saham IDXtransportasi naik 4,67 persen, dan pimpin penguatan.

Diikuti indeks sektor saham IDXtechno menanjak 2,23 persen dan indeks sektor saham IDXhealth menguat 0,10 persen. Sementara itu, indeks sektor saham IDXbasic melemah 2,09 persen, dan alami koreksi terbesar. Diikuti indeks sektor saham IDXnonsiklikal susut 1,19 persen dan indeks sektor saham IDXfinance merosot 0,99 persen.

4 dari 4 halaman

Jokowi Apreasiasi Program Saham Gotong Royong GOTO

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) turut menyampaikan ucapan selamat kepada PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk yang resmi tercatat (listing) di papan utama Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Senin (11/4/2022).

Ucapan itu disampaikan oleh Jokowi dalam sebuah pesan video yang disiarkan secara daring.

"Saya menyampaikan selamat atas terlaksananya IPO PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk di Bursa Efek Indonesia (BEI)," kata Jokowi, dalam sebuah video unggahan di Youtube.

Presiden juga menyampaikan apreasiasinya terhadap program saham gotong royong GOTO.

" Saya juga mengapresiasi program saham gotong royong yang inklusif dan membuka ratusan ribu akses mitra driver, mitra UMKM dan konsumen," lanjutnya.

Jokowi pun mengatakan ia berharap agar saham GOTO bisa memotivasi generasi muda di Tanah Air dalam memberikan energi baru untuk kemajuan ekonomi.

"Saya harap IPO PT Gojek Tokopedia ini memotivasi anak muda Indonesia untuk memberikan energi baru bagi lompatan kemajuan di negara kita," tuturnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.