Sukses

Intip 5 Pulau Terindah di Maluku Utara, Maldives versi Indonesia

Terdapat 5 pulau yang terkenal di Pulau Morotai, yaitu Pulau Dodola, Pulau Pasir Timbul, Pulau Zum-zum, Pulau Kolorai dan Pulau Kokoya.

Liputan6.com, Jakarta Badan Pusat Statistik (BPS) baru-baru ini menobatkan Provinsi Maluku Utara menjadi provinsi dengan penduduk paling bahagia di Indonesia. Banyak faktor yang membuat Provinsi Maluku Utara menyandang gelar tersebut.

Salah satunya ialah Maluku Utara punya destinasi wisata yang disebut Maldives versi Indonesia di Pulau Morotai. Pulau Morotai merupakan pulau yang ada di Kepulauan Halmahera - Maluku Utara yang dikelilingi 33 pulau-pulau kecil.

Pulau Morotai sendiri sudah dikenal sebagai pulau yang memiliki alam dan bawah laut yang indah. Bahkan saking indahnya, Pulau Morotai ditetapkan sebagai destinasi wisata unggulan di Indonesia Bagian Timur melalui Status Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata di mana kawasan tersebut dikembangkan oleh PT Jababeka Morotai, salah satu anak usaha dari PT Jababeka Tbk.

Setiap tahun, banyak para wisatawan lokal maupun mancanegara datang untuk menjelajahi Pulau Morotai dan pulau-pulau kecilnya yang cantik.

Tujuannya, agar merasakan sendiri sensasi Maldives-nya versi Indonesia ini. Tak hanya itu, bahkan saat ini di pulau-pulau cantik morotai telah dijadikan para anak muda atau publik figur untuk healing, selfie, hingga membuat konten media sosiaslnya.

Terdapat 5 pulau yang terkenal di Pulau Morotai, yaitu Pulau Dodola, Pulau Pasir Timbul, Pulau Zum-zum, Pulau Kolorai dan Pulau Kokoya.

Semua pulau tersebut telah menjadi tujuan wisata bagi para wisatawan untuk melakukan jelajah pulau atau island hopping.   Mau kenal lebih dekati 5 pulau Maldives Indonesia itu?

Di bawah ini telah terangkum 5 pulau tersebut yang dikumpulkan dari berbagai sumber, dikutip dari keterangan tertulis Jababeka Morotai, Senin (11/4/2022): 

1. Pulau Dodola

Pulau Dodola merupakan destinasi ikonik di Pulau Morotai. Pulau Dodola sendiri terdiri dari Pulau Dodola Besar dan Pulau Dodola Kecil. Keindahan Pulau Dodola akan terlihat saat air laut sedang surut.

Jika air laut surut, wisatawan akan melihat pasir timbul yang membentuk jalan dari Pulau Dodola Besar dan Pulau Dodola Kecil, yaitu sekitar 500 meter. Dan pemandangan yang kamu lihat ialah terbentangnya pasir putih yang luas.

Saat di sana, wisatawan bisa bermain pasir, membuat konten video, berenang di pinggir pantai ataupun snorkeling maupun diving.  

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Pulau Pasir Timbul

Pantai ini sangat unik. Bukan hanya karena pasirnya yang putih yang dikeliling air laut yang biru dan bening. Tapi karena jika dilihat dari atas, Pulau Pasir Timbul seperti kuning telur.

Namun demikian, sebenarnya ini ialah pasir pantai di tengah lua yang dikeliling batu karang. Apa saja yang bisa dilakukan di sini? Wisatawan bisa berenang atau snorkeling untuk melihat berbagai karang yang indah dan gerombolan ikan-ikan karang yang cantik.  

3. Pulau Zum-zum

Pulau ini menyimpan banyak barang-barang peninggalan Perang Dunia II. Itu karena, dahulu, Pulau Morotai dijadikan sebagai Pusat Komando dan Pusat Pertahanan Tentara Amerika Serikat. Oleh karenanya, jejak perang tersebut masih terekam di Pulau Zum-zum. Terdapat patung Jenderal Mc Arthur setinggi 20 meter dengan tulisan "I Shall Return".

Patung tersebut dibangun sebagai pengingat bahwa Jenderal Mc Arthur pernah menetap dan mengendalikan pasukannya dari Pulau Zum-zum. 

 

3 dari 3 halaman

4. Pulau Kolorai

Salah satu pulau cantik di Pulau Morotai. Di sini, kamu bisa menikmati nuansa pantai yang tenang ditemani deburan ombak dengan air laut berwarna tosca. Wisatawan  juga bisa berenang di laut atau bersnorkeling bersama teman atau keluarga.

Pulau Kolorai juga merupakan pulau para nelayan Morotai tinggi yang terkenal akan kehangatan dan keramahannya. Sehingga Anda bisa berinteraksi dengan warga lokal maupun melihat aktivitas para nelayan saat akan pergi ke laut. 

5. Pulau Kokoya

Pulau yang tak jauh dari Pulau Pasir Timbul juga memiliki keindahan yang menawan: pantai dengan pasir berwarna putih dan air laut sejernih kristal.

Begitu sampai di pulau ini, kamu akan disambut oleh ribuan ikan-ikan kecil yang berenang bebas di dermaga. Adapun luas Pulau Kokoya kurang lebih 8 hektar dan hanya dihuni oleh satu keluarga nelayan.

Kegiatan seru yang bisa dilakukan di sini ? Wisataan bisa berfoto ria, bermain pasir ataupun berenang di pinggir pantai atau snorkeling.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.